Belum Lulus, 3 Jurusan di Perguruan Tinggi Ini Bisa Buat Cari Duit

Jurusan-jurusan berikut ini bisa menghasilkan uang meski kamu belum lulus.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 07 Mei 2018, 16:00 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2018, 16:00 WIB
Belum Lulus, 3 Jurusan di Perguruan Tinggi Ini Bisa Buat Cari Duit
Ilustrasi: Kuliah di Luar Negeri | via: dcu.ie

Liputan6.com, Jakarta - Saat harus memilih jurusan di perguruan tinggi, biasanya calon mahasiswa akan jurusan favorit seperti hukum, ekonomi, komunikasi, teknik, atau kedokteran. Padahal, banyak jurusan lain yang menjanjikan menghasilkan uang meski masih menuntut ilmu. Apa saja? Ini dia.

1. Bahasa Asing

Pilihan mengambil jurusan asing adalah pilihan yang bijak. Sebab, meski belum lulus, mahasiswa dari jurusan ini bisa mendapat uang saku dari apa yang telah mereka pelajari.

Persyaratan penguasaan bahasa asing di dunia kerja dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa jurusan bahasa asing. Meski masih kuliah, kamu bisa membuka jasa privat atau bahkan menjadi penerjemah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Desain Grafis

[Bintang] Negara lain yang mirip Indonesia
Ilustrasi kuliah | Via: salon.com

Pendapatan uang saku bagi mahasiswa jurusan ini bisa diperoleh dari mengerjakan proyek secara freelance. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti lomba desain yang banyak diadakan. Bermodalkan kreativitas dan laptop, kamu bisa memenangi lomba desain kalau beruntung.

 


3. Fotografi

Yuk, Asah Kreativitas Fotografi di Canon Street Pixmatography!
Ilustrasi Fotografer (wallpaperup.com)

Tak perlu menunggu lulus untuk mendapatkan uang. Dengan keahlian memotret yang kamu miliki, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari uang. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuka jasa memoto atau ikut lomba-lomba fotografi.

Cobalah lebih dulu tawarkan kemampuanmu lewat teman atau kenalan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mencari klien. Unggah juga hasil fotomu ke media sosial agar orang-orang tertarik.

Reporter: Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya