Selamat Hari Waisak, Begini Ucapan dan Doa Tokoh Indonesia

Tepat hari ini, Rabu (26/5/2021), umat Buddha merayakan Hari Waisak 2565 tahun buddhis.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 26 Mei 2021, 12:12 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2021, 12:12 WIB
Sambut Waisak, Para Biksu Ziarah ke Candi Borobudur
Seorang biksu memanjatkan doa saat berziarah ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/52019). Ziarah yang diikuti oleh para biksu dan umat Buddha tersebut untuk merefleksikan ajaran Sang Buddha serta menyambut Waisak 2563 BE/2019. (OKA HAMIED/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Tepat hari ini, Rabu (26/5/2021), umat Buddha merayakan Hari Waisak 2565 tahun buddhis. Perayaan Waisak menjadi hari yang disucikan dan dan dimuliakan umat Buddha di seluruh dunia.

Perayaan Vesak di Indonesia biasanya berpusat di kawasan Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah. Namun seperti tahun 2020, suasananya berbeda karena dirayakan di tengah pandemi Corona Covid-19.

Peringatan Hari Waisak pun ramai dibahas para pengguna jejaring sosial. Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, lini masa Twitter hingga kini dibanjiri beragam twit warganet yang memberi ucapan kepada saudara, teman maupun tokoh idola yang merayakan Hari Waisak.

Selain itu, warganet juga menyampaikan harapan mereka di hari peringatan tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama. Tiga peristiwa penting yang dinamakan Trisuci Waisak ini yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan kemangkatan Sang Buddha.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Ucapan Waisak dari Tokoh di Tanah Air

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kita tidak boleh menyepelekan yang namanya COVID-19 dalam pernyataannya pada Minggu, 2 Mei 2021. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Para tokoh di Tanah Air, seperti Presiden Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut memberi ucapan Hari Waisak bagi masyarakat yang merayakannya melalui akun Twitter pribadi mereka.

"Untuk saudara-saudaraku umat Buddha, Tri Suci Waisak tiba saat dunia masih dicengkeram pandemi. Tapi kita semua percaya, selalu akan ada cahaya terang sesudah kegelapan, selalu ada kemudahan yang datang setelah kesulitan. Semoga kedamaian dan ketenangan senantiasa bersama kita," tulis Presiden Jokowi melalui akun Twitter-nya@Jokowi.

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta kami mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2565 BE/2021. Pada #Waisak tahun ini kita masih dalam suasana pandemi. Apresiasi kepada umat Buddha DKI Jakarta yang tetap menyelenggarakan prosesi perayaan Waisak dengan protokol kesehatan ketat," kata Anies Baswedan melalui akun @aniesbaswedan.

"Kepada seluruh umat Budha, Kami menghaturkan Selamat Hari Raya Waisak Tahun 2021. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua mahkluk berbahagia. Hatur Nuhun," tulis Ridwan Kamil melalui akun @ridwankamil.


Ucapan Waisak dari Warganet

waisak mendut
Deretan Budha dalam rangkaian perayaan Waisak 2018 di Candi Mendut dan Candi Borobudur. (foto: Liputan6.com/danu kisworo/edhie prayitno ige)

Selain para tokoh di Tanah Air, warganet juga memeriahkan perayaan Waisak dengan berbagai ucapan dan doa.

"Selamat memperingati hari raya Waisak bagi saudaraku umat beragama Buddha. Semoga membawa kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan untuk semuanya. #Waisak," tulis akun @aridhani.

"Happy Vesak Day.. Selamat memperingati Hari Raya Trisuci Waisak 2565 BE / 2021 untuk semua Umat Buddha yg merayakan.. Folded handsRaising handsPerson bowing deeply. Sabbe Satta Bhavantu SukhitattaSemoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia.. Sadhu3x," tulis akun @lime2636.

"Selamat Hari Raya Trisuci Waisak 2565 BESemoga Berkah Waisak Menyertai Kita Semua,Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia," ucapan akun @Cinta_Perdana78.

"Selamat Hari Waisak bagi yang merayakannya. Semoga kedamaian menyertai bangsa Indonesia ini," kata akun @Shidqi_Musthofa.

Saking ramainya ucapan Hari Waisak di lini masa, kata kunci Waisak dan Buddha berada di jajaran trending topic kawasan Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya