Resep Bihun Goreng Singapura, Cocok untuk Menu Diet Anda

Bihun dimasak sehingga memiliki tekstur crunchy. Dari tampilannya saja sudah membuat mulut berair. Menu diet ini dijamin enak.

oleh Nadya Isnaeni diperbarui 13 Okt 2023, 16:11 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2022, 10:03 WIB
bihun singapura
Bihun goreng Singapura untuk menu diet dan vegetarian. (Sumber: BBC)

Liputan6.com, Jakarta - Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja? Yuk coba memasak mi vegetarian Singapura yang lezat dan simpel. Menu ini juga cocok bagi para vegetarian dan mereka yang sedang menjalani program diet.

Seperti dikutip dari laman BBC, Minggu (16/1/2022), mi yang digunakan adalah vermicelli alias bihun. Bihun dimasak sehingga memiliki tekstur crunchy. Dari tampilannya saja menu diet ini sudah membuat mulut berair.

Tak sulit untuk memasaknya. Hanya dibutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk mengolah bihun menjadi hidangan yang lezat ini. Setiap porsinya mengandung 329 kcal, 3 gr protein, 53 gr karbohidrat, dan 7 gram serat.

Resep bihun goreng Singapura ini dapat disajikan untuk 2 porsi. Penasaran? Mari simak menu diet bihun goreng Singapura berikut ini:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan-bahan

Ilustrasi
Ilustrasi bihun. (dok. pixabay.com/Picdream)

1. 100 gr bihun

2. bawang merah sedang, iris halus

3. 1 wortel besar, kupas dan potong korek api tipis

4. 3 daun bawang, dipotong dan dipotong menjadi korek api tipis

5. kol hijau, dipangkas dan diparut tipis

6. 1 sdm minyak bunga matahari atau minyak sayur

7. irisan daun bawang dan cabai merah

 

Bumbu kari

1. 2 sendok teh bubuk kari sedang

2. Seperempat-setengah sdt bubuk cabai pedas, sesuai selera

3. 1 sendok makan light soy sauce

4. ½ sendok teh dark soy sauce

5. Setengah sendok teh minyak wijen


Cara Memasak

Daun Bawang
Ilustrasi Foto Daun Bawang (iStockphoto)

1. Masukkan bihun ke dalam mangkuk besar dan rendam selama 2 menit dengan air panas. Tiriskan dan saring. Kemudian lap bihun dengan kain bersih hingga sekering mungkin.

2. Campur semua bahan untuk pasta kari dalam mangkuk kecil sampai tercampur rata.

3. Tempatkan sayuran yang sudah disiapkan di atas piring, susun dimulai dengan bawang dan diakhiri dengan daun yang diparut.

4. Panaskan setengah sendok makan minyak dalam wajan dengan api yang sangat tinggi. Tambahkan bawang merah dan tumis selama 10-15 detik, lalu tambahkan wortel dan tumis selama 10 detik lagi. Kemudian tambahkan daun bawang dan tumis selama 10 detik. Tambahkan lebih banyak minyak dan masukkan sayur lainnya. Tumis selama 10-15 detik lagi. Pindahkan semua sayuran ke sisi wajan, biarkan bagian tengahnya kosong.

5. Tambahkan satu sendok teh minyak lagi, tunggu hingga wajan panas, lalu masukkan bihun di tengahnya. Masak selama beberapa detik, lalu satukan sayuran dengan bihun dan tumis bersama selama sekitar 1 menit.

6. Terakhir, tambahkan pasta kari dan tumis selama 20-30 detik lagi. Bagilah bihun dalam 2 porsi, taburi dengan irisan daun bawang dan cabai merah untuk disajikan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya