Blackpink Jadi Grup Kpop Pertama di Festival Musik British Summer Time 2023

Usai berhasil menyelenggarakan tur dunia nya di KSPO Dome, Seoul, Blackpink umumkan akan hadiri festival musik di Hyde Park, London. Blackpink bakal jadi idola wanita Korea pertama yang tampil di tempat tersebut.

oleh Qorry Layla Aprianti diperbarui 22 Okt 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2022, 07:30 WIB
Blackpink Akan Tampil pada Festival Musik di Hyde Park, London pada 2023
Blackpink menjadi idol grup wanita pertama yang akan tampil di festival musik di Hyde Park, London pada 2023. (source: twitter.com/BSTHydePark)

Liputan6.com, Jakarta - Usai konser tur dunianya yang bertajuk Born Pink World Tour di KSPO Dome, Seoul, kini grup musik Blackpink kembali menuai prestasi dan sejarah baru dalam dunia permusikan Korea Selatan.

Blackpink dilaporkan akan tampil dalam festival musik British Summer Time di Hyde Park, London, Inggris pada Juli mendatang.

Sejauh ini, Blackpink menjadi satu-satunya grup musik wanita asal Korea Selatan yang berhasil tampil dalam salah satu festival musik terbesar di Inggris tersebut.

Kelompok beranggotakan Lisa, Jisoo, Rose, dan Jennie itu juga jadi grup musik wanita asal Korea Selatan pertama yang tampil di Hyde Park, London.  Dilansir laman Rolling Stone pada (21/10/22), Blackpink dijadwalkan akan tampil secara resmi pada 2 Juli 2023.

Penampilan Blackpink di British Summer Time Hyde Park ini juga dipersembahkan oleh American Express. Beberapa media Inggris menyebut, sederet penyanyi papan atas seperti Pink, Billy Joel, dan Bruce Springsteen bakal tampil di festival musik ini. 

Untuk lineup musisi lainnya akan diumumkan kembali pada Kamis, 27 Oktober 2022 pukul 10 pagi waktu setempat. 

Bikin Fans Bangga

Melalui serangkaian prestasi yang telah diperoleh Blackpink, tentu saja hal ini membuat para Blink –sebutan bagi penggemar Blackpink– kembali bangga.

Ketika diumumkan bahwa Blackpink akan menjadi salah satu lineup dari festival musik British Summer Time (BST) Hyde Park di London, membuat para blink mengirimkan ucapan semangat sekaligus rasa kagum mereka kepada grup yang beranggotakan 4 orang itu.

Dikutip dari tanggapan pada cuitan resmi @BSTHydePark, berikut reaksi para penggemar pasca pengumuman tersebut:

"Sepertinya aku harus segera pergi ke London”

“Jangan lupa datang ke festival ini, Brtish Blinks!”

“So excited for Blackpink!”

“Ini akan menjadi festival musik pertamaku di 2023 nanti!!”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Comeback Usai Lama Tak Manggung

Unggahan Instagram Jisoo Selepas Konser Tur Blackpink: Born Pink in Seoul
Unggahan instagram Jisoo selepas konser tur Blackpink: Born Pink in Seoul di KSPO Dome. (source: instagram.com/sooyaaa__)

Blackpink: Born Pink World Tour

Sebelumnya, usai lama rehat dari panggung, Blackpink baru-baru ini melakukan comeback besar mereka melalui konser Born Pink World Tour di Seoul, Korea Selatan, pekan lalu.

“Sudah lama sekali kami tidak tampil di depan begitu banyak Blinks kami. Aku sangat senang melihat tidak hanya Blink Korea, tetapi juga Blink dari luar negeri,” kata Lisa di acara itu.

“Sangat berarti untuk memulai tur kami di Seoul. Kami membuat beberapa kesalahan karena gugup sejak empat tahun, tapi aku harap kalian masih bersenang-senang, ” tambah Jisoo.

Jadwal Tur Eropa

Akhir bulan Oktober ini, Blackpink akan pergi ke Amerika Serikat sebelum menuju ke Eropa untuk tur di London, Barcelona, Cologne, Paris, Kopenhagen, Berlin, dan Amsterdam.

Debut Blackpink di Inggris ini menjadi empat tahun setelah Jennie, Rosé, Lisa, dan Jisoo menjadi grup wanita Korea pertama yang tampil di Coachella.

Hal ini menjadi sebuah prestasi bagi Blackpink yang kemudian di dokumentasikan dalam film dokumenter Netflix mereka yang bertajuk Light Up The Sky.

“Kami datang jauh-jauh dari Korea Selatan, kami tidak tahu apa yang diharapkan, dan jelas kami — kalian dan kami — kami dari dunia yang sama sekali berbeda,” kata Rosé kepada penonton di Coachella.

Ia melanjutkan, “tapi malam ini saya pikir kami telah belajar begitu dalam sehingga musik menyatukan kami.”


Prestasi Sepanjang Karir

Blackpink
Blackpink saat tampil dalam YouTube Music Artist Lounge di Coachella 2019 (12/4/2019). (AFP/Roger Kisby)

Blackpink kembali membuat penggemar bangga dengan prestasi dan penghargaan yang mereka dapatkan sepanjang tahun 2022 ini.

Berikut sederet prestasi yang diperoleh Blackpink sepanjang tahun 2022:

  • Musik video Pink Venom telah dilihat sebanyak 90 juta kali dalam kurun waktu 24 jam
  • Meraih berbagai kategori dalam penghargaan di VMA
  • Merajai posisi teratas di berbagai situs penjualan dan tangga lagu nasional maupun internasional melalui album Born Pink dan lagu Pink Venom.
  • Melampaui 8 Milyar streaming pada platform Spotify
  • Menjadi grup musik pertama yang masuk ke dalam BoF500 Class 2022

Dan masih banyak lagi prestasi Blackpink lainnya yang menambah daftar panjang dalam pencapaian grup tersebut selama tahun 2022 ini.

Unggahan Instagram Jisoo Selepas Konser Tur Blackpink: Born Pink in Seoul
Unggahan instagram Jisoo selepas konser tur Blackpink: Born Pink in Seoul di KSPO Dome. (source: instagram.com/sooyaaa__)

Berapa Banyak Penggemar Kpop di Seluruh Dunia?

Ekspresi Kebahagiaan Lisa BLACKPINK Menang Best K-Pop di MTV VMA 2022
Lisa menerima penghargaan Best K-Pop pada ajang MTV VMA 2022 di Prudential Center, Newark, New Jersey, Amerika Serikat, 28 Agustus 2022. Lisa pertama kali merilis single solo debutnya LALISA pada 10 September 2021. (Dimitrios Kambouris/Getty Images for MTV/Paramount Global/AFP)

Terlepas dari rencana penampilan Blankpink di London, Kpop kini menjadi musik yang banyak memiliki penggemar di seluruh dunia. 

Seperti diketahui, saat ini banyak anak muda menjadi fans idola Kpop. Mereka jadi fans berat berbagai grup Kpop seperti BTS, EXO, TWICE, STRAY KIDS, SEVENTEEN, BLACKPINK, dan lain-lain.

Banyak orang tergila-gila dengan popularitas para idola Kpop ini. Tidak peduli apakah karena kehadiran dan panggung mereka, tampilan dan wajah yang menawan, kemampuan menyanyi, atau keterampilan menari.

Mengutip dari laman Koreaboo, Rabu (12/10/2022) beberapa penggemar Kpop sangat terobsesi dengan idola mereka. Selain karena paras rupawan sang idola, fans juga menyukai musik Kpop karena betapa rock dan eksperimentalnya musik tersebut. 

Meski tidak semua orang memiliki preferensi yang sama, jumlah penggemar Kpop sekarang ini memang semakin banyak. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya tur-tur dunia yang dilakukan oleh para musisi asal Korea Selatan ini.

Lagu-lagu Kpop juga sekarang ini selalu memuncaki tangga lagu dunia meskipun lagu tersebut dibawakan dengan bahasa korea. Sebut saja grup legendaris BTS yang mampu menggelar konser di venue termegah di dunia seperti Stadion Wembley, Rose Bowl dan MetLife.

Lalu sebagai penggemar, tidakkah kamu ingin tahu jumlah pasti penggemar Kpop di dunia? Saat ini, jumlah penggemar Kpop di seluruh dunia melebihi 156,6 juta. Dalam sepuluh tahun terakhir, telah terjadi pertumbuhan fanbase Korea sebanyak 17 kali lipat. Angka ini tercatat pada Desember 2021.

Mengetahui jumlah tersebut, beberapa orang bahkan membuat lelucon, bahwa jumlah penggemar Kpop itu cukup untuk membuat negara baru. Terdengar lucu? Jumlah penggemar Kpop diperkirakan terus tumbuh hari demi hari. 

Jumlah ini seharusnya di atas 200 juta sekarang pada 2022, karena industri Kpop akan terus bertumbuh dengan promosi yang makin luas jangkauannya dan kualitas musik dan performa yang semakin berkualitas.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya