Viral! Warganet Ramai-Ramai Bahas 4 Modus Penipuan Terbaru

Waspada banyak modus penipuan terbaru bermunculan

oleh Hani Safanja diperbarui 24 Okt 2022, 11:31 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2022, 11:31 WIB
Ilustrasi penipuan di internet
Ilustrasi penipuan di internet. Kredit: Pixabay/Mohammed Hasan

Liputan6.com, Jakarta - Modus penipuan baru-baru ini semakin memiliki beragam motif dan dilakukan melalui cara-cara terbaru untuk terlihat lebih meyakinkan.

Berbagai cara penipuan dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak korban dan memperoleh keuntungan. Hal ini tentu membuat masyarakat semakin was-was dan lebih waspada untuk menjaga diri sendiri.

Modus penipuan yang semakin marak, berkembang dari tindak penipuan secara langsung sampai pada tindakan penipuan online yang merugikan banyak pihak.

Saat ini, hampir setiap orang dan perusahaan menggunakan internet untuk tujuan yang berbeda. Internet adalah sumber yang digunakan untuk berbagi informasi atau konten dengan sejumlah besar orang di dunia.

Hal ini membuat internet bisa bermanfaat, tetapi juga bisa berbahaya karena ada begitu banyak orang di yang Nampak baik tetapi memiliki niat buruk.

Tentu saja motif utama mereka dapat berniatan untuk menyakiti orang lain atau untuk mendapatkan uang/informasi pribadi dari orang lain.

Mengutip dari Geeks for Geeks pada Senin (24/10), kini scammer --- sebutan orang yang melakukan penipuan --- memiliki berbagai cara seperti memberikan iklan pop up yang menipu, menyamar sebagai bagian dari suatu perusahaan, hingga dapat memiliki database pribadi keuangan pengguna.

Perkembangan internet yang marak membuka celah bagi kejahatan untuk masuk, tetapi terdapat cara untuk tetap saling membantu.

Salah satunya, melalui konten viral di TikTok yang membagikan berbagai modus penipuan baru untuk saling mengingatkan dan memberi informasi.

Berikut kami rangkum beberapa modus penipuan agar masyarakat dapat waspada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Modus 'Dilecehkan' di Basement

Kata Mutiara Kecewa Karena Dibohongi
Ilustrasi Kecewa / Sumber: Pixabay

Modus baru ini dibagikan oleh akun pengguna @salmonsecret yang merupakan pengalaman pribadinya secara langsung.

Ketika itu, dia sedang berada di parkiran basement di dalam mobilnya saat seorang pria dituduh melakukan pelecehan seksual kepada seorang ibu-ibu yang teriak “dilecehkan”.

@salmonsecret Semoga gak ada korban lagi. #moduskriminal #fakesituation #kasuskriminal #fyp #kejahatan ♬ Spooky, quiet, scary atmosphere piano songs - Skittlegirl Sound

 

Kemudian saat itu muncul segerombolan bapak-bapak yang mencoba untuk menekan dan mengancam korban.

Ketika peristiwa ini terjadi, satpam mendatangi mereka dan ibu-ibu ini tetap menyatakan bahwa dia dilecehkan.

Akun pengguna @salmonsecret kemudian muncul dan menjadi saksi bahwa tidak ada tindakan dari seorang pria yang dituduh, terbukti melakukan tindak pelecehan seksual.

Hal ini tentu perlu diwaspadai, mengingat isu pelecehan seksual meningkat dan membuat korban asli dari pelecehan seksual semakin marak.

Tidak hanya itu, dari modus ini perlu dicermati untuk tidak pergi kemana-mana sendiri dan menjaga diri melalui rekaman baik video atau audio untuk menjadi barang bukti.


2. Modus Salah Transfer Uang

Ilustrasi penipuan.
Ilustrasi penipuan. (dok.Frantisek_Krejci/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Modus baru ini dibagikan oleh akun pengguna @anastasya_anis mengenai pengalaman temannya yang hampir berhasil ditipu untuk terjerat pinjaman online.

Dia mengatakan bahwa temannya mendapat kabar dari suatu nomor yang memberitahukan bahwa nomor ini salah transfer sebesar Rp20 juta. Ketika dicek, benar terdapat transfer sejumlah uang ke dalam rekeningnya.

@anastasya_anis

penipuan modus baru harus tetap waspada

♬ suara asli - Anis Anastasya

Karena tidak memiliki m-banking, korban kemudian memverifikasi sejumlah uang yang masuk dan pihak bank mengatakan bahwa sejumlah uang tersebut berasal dari pinjaman online.

Ternyata, sang penelpon menggunakan data untuk melakukan peminjaman online.

Modus ini tentu patut diwaspadai karena ketika uang secara langsung ditransfer balik uang, korban akan wajib untuk menyetor uang secara berkala ke pinjaman online.


3.Modus Penipuan Driver Gojek

Awas, Penipuan Mengatasnamakan Bank
Ilustrasi kejahatn siber.

Akun dengan username @wisaangelina membagikan pengalaman yang dialaminya dengan tindakan mencuri salah satu pengemudi ojek online.

Dia mengaku bahwa barangnya dicuri ketika dia melakukan pengiriman via Gosend ke salah satu customer. Korban kemudian mengingatkan untuk hati-hati melakukan pengiriman gosend via e-commerce karena ini yang terjadi padanya.

@wisaangelina ‼️Hati hati guyss modus penipuan‼️‼️ tolong @Gojek Indonesia ini ada drivernya nakal maling ipad 😅🙏 #modus #moduspenimpuan #penipu #maling #gojek #gojekindonesia #ipad #voiceeffects #modusbaru #gosend #viral #malingviral #pencuri ♬ Horror atmosphere piano & SE. - Kohrogi

Kronologi yang terjadi yakni ketika ia mengirimkan barang melalui e-commerce dan memilih option “gosend”.

Driver yang bersedia kemudian menerima pesanan dan mengirimkan bahwa ia sudah tiba di lobi. Selang 10 menit, ternyata datang driver baru yang menerima pesanan tersebut.

Ternyata, driver pertama membatalkan pengiriman tanpa konfirmasi bahwa ia sudah mengambil pesanan dan membawa kabur barang yang dititipkan.

Kasus modus penipuan ini tentu perlu menjadi perhatian untuk lebih berhati-hati dalam mengemas, memilih, dan mengirimkan barang melalui aplikasi tertentu untuk terhindar dari modus penipuan yang sama.


4. Modus Ganti Kartu ATM

[Bintang] Dapat Telepon Aneh dari +242? Jangan Ditelepon Balik
Modus penipuan baru dengan menggunakan nomor telepon aneh +242. (Ilustrasi: YouTube)

Akun dengan username @evelyngwyneth mengaku bahwa ia ditipu. Ia menyatakan bahwa terdapat pihak atas nama bank yang meminta data untuk mengganti kartu yang perlu diubah. Awalnya penipu mencoba untuk meminta nomor expired dan berujung pada meminta 3  nomor belakang di kartu ATM.

@evelyngwyneth #moduspenipuan ⚠️‼️ #samasamabelajar #tiktokpintar ♬ Horror atmosphere piano & SE. - Kohrogi

Penipu juga mencoba untuk mengancam blokir dan diiming-imingi memberi hadiah yang meminta data. Ia kemudian mengingatkan untuk langsung menelpon hotline bank apabila terdapat pihak dari bank tersebut yang mencoba menghubungi untuk meminta keterangan kartu ATM. 

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos
Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya