Putera Sampoerna Foundation Kembangkan Potensi Guru Lewat Program EPP, Bikin Siswa Lebih Semangat Belajar

Putera Sampoerna Foundation melalui inisiatif School Development Outreach (SDO) menghadirkan berbagai program pemberdayaan guru sebagai langkah pemajuan kualitas pendidikan dengan program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP).

oleh Camelia diperbarui 23 Mei 2023, 18:33 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 18:33 WIB
Putera Sampoerna Foundation menghadirkan program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP). sebagai langkah pemajuan kualitas pendidikan
Putera Sampoerna Foundation Kembangkan Potensi Guru Lewat Program EPP, Bikin Siswa Lebih Semangat Belajar (foto: Camelia/Liputan6.com)

Liputan6.com, Samarinda Putera Sampoerna Foundation melalui inisiatif School Development Outreach (SDO) menghadirkan berbagai program pemberdayaan guru sebagai langkah pemajuan kualitas pendidikan khususnya di daerah 3 T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

Berangkat dari gagasan tersebut, PSF mewujudkan program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) untuk mendukung sektor pendidikan di Samarinda, Kalimantan Timur. 

EPP hadir untuk menjembatani kebutuhan pendidikan profesi guru salah satunya dengan melibatkan 30 guru fasilitator di jenjang pendidikan SMP, SD hingga Taman Kanak-Kanak. Salah satu sekolah yang menerima manfaat tersebut ialah SMPN 04 Samarinda, Kalimantan Timur. 

Salah satu guru sekaligus fasilitator dari guru SMPN 04 Samarinda, Rachmad Syarif, mengatakan ada begitu banyak kelebihan dan juga manfaat yang didapatkan dari adanya program tersebut. 

Untuk para guru atau fasilitator sendiri, kelebihan pelatihan ini para guru yang lolos seleksi dan terpilih sebagai fasilitator didampingi dan dibekali ilmu tak hanya secara teoritik tapi juga praktik. 

“Ada 3 materi, cooperative learning yaitu proses belajar belajar yang melibatkan keaktifan para siswa sehingga membuat siswa lebih fun dalam belajar. Yang kedua adalah berdiferensiasi, di mana anak-anak belajar sesuai dengan passionnya masing-masing. Terakhir adalah assessment, yaitu proses penilaian siswa yang tak hanya berdasarkan nilai pada mata pelajaran tapi juga pada karakter siswa,” ujar Rachmad ketika ditemui oleh tim Liputan6.com, Senin (22/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belajar jadi lebih menyenangkan menggunakan metode EPP

Putera Sampoerna Foundation menghadirkan program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) sebagai langkah pemajuan kualitas pendidikan
foto: Camelia/Liputan6.com

Liputan6.com pun berkesempatan untuk melihat langsung cara mengajar Rachmad menggunakan metode EPP atau Ekosistem Pendidik Profesional. Melalui metode ini, siswa tidak lagi dianggap sebagai objek melainkan subjek belajar yang harus mencari dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Itu mengapa siswa dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. 

Seperti dalam proses belajar mengajar yang sempat Liputan6.com liput, terlihat Rachmad mempersilahkan anak-anak untuk membaca buku maupun novel yang para siswa sukai. Setelah itu Rachmad pun meminta para siswa untuk merangkum intisari dari apa yang mereka baca. 

Dengan mempersilahkan siswa membaca buku yang mereka suka, ini akan membuat mereka merasa belajar bukanlah sebuah beban. Selain itu, dengan metode EPP ini pun proses belajar mengajar diselingi dengan berbagai permainan.  

Tak heran jika melalui metode pembelajaran EPP ini, para siswa dikatakan lebih semangat belajar lantaran menganggap bahwa proses belajar mengajar yang dilakukan begitu menyenangkan. 

 


Siswa mengaku jadi lebih bersemangat belajar

Putera Sampoerna Foundation menghadirkan program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) sebagai langkah pemajuan kualitas pendidikan
foto: Camelia/Liputan6.com

Salah seorang siswa kelas IX bernama Yehez Kiel mengaku sangat senang dengan metode pengajaran yang dilakukan Rachmad. Menurut Kiel dengan cara yang Rachmad lakukan ketika mengajar membuat dirinya menjadi lebih semangat. 

“Kita bisa menyukai suatu pembelajaran tergantung dari gurunya, kalo gurunya asyik mungkin murid juga enak ngikutin pembelajarannya. Apalagi cara penyampaian pak Rachmad mudah dimengerti karena memberi penjelasan sambil bermain. Jadi kita ga bosen dan enjoy banget,” ujar Kiel

Hal senada juga dirasakan teman sekelas Kiel bernama Janeeta, menurutnya cara mengajar Rachmad yang menggunakan metode EPP berbeda dengan guru-guru lain karena lebih mudah dipahami. 

“Kalo bedanya dari guru-guru lain lebih asyik sama pak Rachmad karena ada gamenya jadi lebih mudah dipahami dan ada kata-kata motivasi yang bikin kita lebih semangat belajar,” terang Janeeta.


Tantangan dalam mengimplementasikan metode ini

Putera Sampoerna Foundation menghadirkan program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) sebagai langkah pemajuan kualitas pendidikan
foto: Camelia/Liputan6.com

Tentunya untuk bisa menerapkan metode ini tidaklah mudah. Rachmad mengaku sempat mengalami kesulitan pada awalnya, belum lagi harus turut menjadi fasilitator kepada sesama pengajar. 

"Saat pertama kali mencoba menerapkan metode ini kepada anak-anak tentu tidak langsung berjalan mulus. Ketika harus melakukan cooperative learning, anak-anak pada awalnya sempat “buyar”. Namun seiring berjalannya waktu anak-anak sudah memahami dan merasa senang dengan metode belajar ini.” 

Tak hanya kepada siswa, tantangan juga dirasakan Rachmad ketika harus menjadi fasilitator program EPP kepada rekan sejawat. 

“Sementara untuk sesama rekan sejawat yang menjadi tantangan ialah untuk menyamakan mindset, bagaimana mengajar tidak berdasarkan metode teacher centered lagi tapi kini siswa lah yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar.”

Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP
Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya