Ada Apa di Balik Wabah Pneumonia Misterius di China? Bakteri Ini Disebut Biang Keroknya

Bakteri ini disebut sebagai biang kerok merebaknya pneumonia misterius di China

oleh Sulung Lahitani diperbarui 28 Nov 2023, 16:31 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2023, 16:31 WIB
pneumonia pada anak
Tanda pneumonia pada anak./Copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Tiongkok sedang bergulat dengan lonjakan penyakit pernapasan, termasuk pneumonia, pada anak-anak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pekan lalu bahwa infeksi umum pada musim dingin – dan bukan patogen baru – adalah penyebab lonjakan jumlah pasien rawat inap. Lonjakan infeksi diperkirakan akan terjadi di negara tersebut pada musim dingin ini, yang merupakan kasus pertama di Tiongkok tanpa pembatasan COVID-19 sejak pandemi ini dimulai pada tahun 2020. 

Yang tidak biasa, kata para ahli epidemiologi, adalah tingginya prevalensi pneumonia di Tiongkok. Ketika pembatasan COVID-19 dilonggarkan di negara-negara lain, influenza dan virus pernapasan syncytial (RSV) menjadi penyebab utama lonjakan penyakit.

Menurut laporan Nature, WHO telah meminta informasi, termasuk hasil laboratorium dan data mengenai tren terkini penyebaran penyakit pernapasan, dari otoritas kesehatan Tiongkok pada minggu lalu. Hal ini menyusul laporan dari media dan Program Pemantauan Penyakit yang Muncul – sebuah sistem publik yang dijalankan oleh Masyarakat Internasional untuk Penyakit Menular – tentang kelompok “pneumonia yang tidak terdiagnosis”.

Dalam pernyataannya pada tanggal 23 November, WHO mengatakan bahwa otoritas kesehatan Tiongkok mengaitkan peningkatan jumlah pasien rawat inap sejak bulan Oktober dengan patogen yang diketahui, seperti adenovirus, virus influenza, dan RSV, yang cenderung hanya menyebabkan gejala ringan seperti pilek. 

Namun, peningkatan jumlah anak yang dirawat di rumah sakit sejak bulan Mei, khususnya di kota-kota utara seperti Beijing, terutama disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae, sebuah bakteri yang menginfeksi paru-paru. Penyakit ini merupakan penyebab umum dari ‘pneumonia berjalan’ atau pneumonia misterius, suatu bentuk penyakit yang biasanya relatif ringan dan tidak memerlukan istirahat atau rawat inap, namun penyakit ini sangat berdampak pada anak-anak pada tahun ini.

Benjamin Cowling, ahli epidemiologi di Universitas Hong Kong, tidak terkejut dengan gelombang penyakit ini. “Ini adalah 'lonjakan musim dingin' yang biasa terjadi pada infeksi saluran pernapasan akut,” katanya. 

“Hal ini terjadi pada awal tahun ini, mungkin karena meningkatnya kerentanan masyarakat terhadap infeksi saluran pernapasan akibat COVID-19 selama tiga tahun.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pola yang familiar

Penyebab Penyakit Pneumonia
Ilustrasi Hasil Scan Penyakit Penderita Paru-Paru Credit: pexels.com/pixabay

Meningkatnya kembali penyakit pernapasan yang umum terjadi pada musim dingin pertama setelah pelonggaran kebijakan pandemi – seperti penggunaan masker dan pembatasan perjalanan – telah menjadi pola yang lazim di negara-negara lain. Pada bulan November 2022, jumlah orang yang dirawat di rumah sakit karena flu di Amerika Serikat merupakan yang tertinggi sejak tahun 2010.

Penguncian nasional dan langkah-langkah lain yang diterapkan untuk memperlambat penyebaran COVID-19 mencegah patogen musiman bersirkulasi, sehingga memberikan lebih sedikit kesempatan bagi masyarakat untuk membangun kekebalan terhadap mikroorganisme ini, sebuah fenomena yang dikenal sebagai 'hutang kekebalan', kata Francois Balloux, ahli biologi komputasi di Universitas College London, dalam pernyataannya kepada UK Science Media Centre. 

“Karena Tiongkok mengalami lockdown yang jauh lebih lama dan lebih keras dibandingkan negara lain mana pun di dunia, maka gelombang ‘lockdown exit’ tersebut diperkirakan akan menjadi besar di Tiongkok,” kata Balloux.

Namun, gelombang penyakit di Tiongkok berbeda dengan yang terjadi di negara lain. Beberapa negara bergulat dengan infeksi flu dan RSV selama lonjakan musim dingin pasca-COVID, namun di Tiongkok, infeksi M. pneumoniae merupakan hal yang umum. 

Hal ini mengejutkan karena infeksi bakteri seringkali bersifat oportunistik dan terjadi setelah infeksi virus, kata Cowling.

 


Resistensi obat tingkatkan angka rawat inap

ilustrasi paru-paru
ilustrasi paru-paru (sumber: freepik)

Meskipun pneumonia yang disebabkan oleh bakteri biasanya diobati dengan antibiotik yang dikenal sebagai makrolida, ketergantungan yang berlebihan pada obat-obatan ini telah menyebabkan berkembangnya resistensi patogen. Studi menunjukkan bahwa tingkat resistensi M. pneumoniae terhadap makrolida di Beijing adalah antara 70% dan 90%1. 

Resistensi ini mungkin berkontribusi terhadap tingginya tingkat rawat inap akibat M. pneumoniae tahun ini, karena dapat menghambat pengobatan dan memperlambat pemulihan dari infeksi bakteri pneumonia, kata Cowling.

Lonjakan penyakit di musim dingin selalu menjadi tantangan, namun sistem layanan kesehatan di Tiongkok kini berada pada posisi yang lebih baik untuk memitigasinya dibandingkan sebelum pandemi ini terjadi, kata Christine Jenkins, seorang dokter pernapasan di UNSW Sydney di, Australia. Dia mengatakan bahwa sistem pemantauan penyakit nasional, tes diagnostik, dan langkah-langkah yang lebih baik untuk menghambat penularan dan mencegah kematian kini sudah ada.

Jenkins menambahkan bahwa meskipun infeksi tersebut disebabkan oleh patogen yang diketahui, penting untuk melacaknya dengan cermat untuk meminimalkan risiko wabah penyakit yang serius. “Kita berada dalam situasi yang sangat berbeda [terhadap COVID-19], tapi menurut saya kita tidak bisa berpuas diri,” katanya.

Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya