Berikut 5 Fakta Unik Bitcoin yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Berikut fakta-fakta unik mengenai Bitcoin.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 30 Mar 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 06:00 WIB
Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin adalah platform cryptocurrency paling terkenal di seluruh dunia, tetapi ada beberapa hal tentangnya yang mungkin masih belum Anda ketahui. 

Dilansir dari Simplilearn, Rabu (29/3/2023) berikut beberapa fakta unik dari Bitcoin yang mungkin belum Anda ketahui. 

Transaksi Pertama Bitcoin untuk Membeli Pizza

Seorang pria di Florida membayar 10.000 bitcoin untuk dua pizza Papa John pada 22 Mei 2010. Ini adalah pembayaran Bitcoin pertama untuk barang, dan nilainya sekitar USD 40 pada saat itu atau setara Rp 602.960 (asumsi kurs Rp 15.074 per dolar AS). 

Ini diakui secara luas sebagai transaksi bitcoin komersial pertama. Pemegang Bitcoin akan menjadi jutawan bitcoin jika memiliki bitcoin sebanyak itu pada September 2022. 10.000 bitcoin bernilai lebih dari USD 190 juta atau setara Rp 2,8 triliun.

Kreator yang Misterius

Meskipun Bitcoin menjadi kripto terbesar dan pertama di dunia, ternyata sosok penemu Bitcoin belum diketahui hingga saat ini. Pada 2009, seseorang atau sekelompok orang yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin ke dunia. 

Dia (atau mereka) menghilang dari Internet pada akhir 2010, dan dia tidak terdengar lagi sejak itu. Sama seperti identitasnya diselimuti misteri, tidak ada yang benar-benar tahu apakah dia hidup atau mati. Satu-satunya komunikasi yang dilakukan orang dengannya adalah melalui email dan forum.

Dompet Bitcoinnya menampung sekitar 980.000 bitcoin, yang menjadikannya salah satu orang terkaya di planet ini.

Jumlah Bitcoin Terbatas

Ada batasan berapa banyak bitcoin yang bisa ada di pasar yaitu 21 juta. Saat ini, sekitar 19 juta bitcoin telah beredar; itu berarti hampir 80 persen dari 21 juta telah ditambang. 

Tapi jangan khawatir, hingga tahun 2140, bitcoin memiliki kemungkinan masih bisa untuk ditambang. Ini karena bagaimana penambang dihargai.

Penambang diberi hadiah 12,5 bitcoin untuk setiap blok yang ditambahkan ke blockchain, dan setiap empat tahun hadiahnya dikurangi setengahnya atau disebut Halving.

Lebih Cepat Dari Superkomputer

Superkomputer tercepat di dunia, Summit, bekerja pada 122,3 petaflops, yang merupakan operasi floating-point kuadriliun per detik. Jika Anda melihat seluruh jaringan Bitcoin, kekuatan pemrosesannya sekitar 80.704.290 petaflops. Tetapi superkomputer dapat melakukan beberapa hal berbeda, sementara satu-satunya hal yang dilakukan jaringan Bitcoin adalah menambahkan blok ke blockchain.

Liberland

Pada April 2015, negara mikro antara Kroasia dan Serbia yang dikenal sebagai Liberland lahir. Itu didirikan oleh Vít Jedlička, seorang politisi, humas, aktivis dan presiden Liberland. 

Mata uang resmi Liberland adalah bitcoin. Pemerintah percaya Bitcoin dan konsep dasar blockchain menyediakan metode yang aman dan transparan untuk mencatat aset elektronik, keuangan, dan fisik.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya