Gelar Kehormatan Honoris Causa UNSW untuk Alumni Asal Indonesia

University of New South Wales Australia menjadi satu dari 50 universitas terbaik di dunia.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Des 2014, 19:37 WIB
Diterbitkan 10 Des 2014, 19:37 WIB
UNSW: Universitas Kelas Dunia di Australia
The University of New South Wales (UNSW) dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia.

Liputan6.com, Sydney - Didirikan pada tahun 1949, University of New South Wales Australia menjadi satu dari 50 universitas terbaik di dunia. Baru-baru ini, untuk kali pertamanya, UNSW menganugerahkan gelar kehormatan doktor honoris causa (Doctor of the University) kepada alumni asal Indonesia, yakni Presiden Komisaris PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) Eddy Sariaatmadja.

Eddy Sariaatmadja dikenal sebagai wirausahawan sekaligus pebisnis andal. Tak melulu mengejar keuntungan, ia juga aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan pemberdayaan bagi masyarakat yang kurang beruntung.

Profesor Fred Hilmer, Presiden sekaligus Vice-Chancellor UNSW mengatakan, kiprah Eddy dalam bidang sosial dan kemanusiaan menegaskan sikapnya: bahwa uang bukanlah tujuan utama.

"Apa yang telah ia lakukan dalam bidang kemanusiaan menunjukkan bahwa ia tidak hanya semata mengejar keuntungan. Apa yang dilakukan Eddy Sariaatmadja adalah menyelaraskan bisnisnya dengan tujuan sosial yang patut diteladani, dari klinik mata hingga dukungannya untuk riset penyakit jantung."

 



Pak Eddy, demikian ia akrab dipanggil, juga memberikan kontribusi signifikan dalam mempererat hubungan Indonesia dan Australia.

"Menurut saya, Eddy Sariaatmadja adalah salah satu duta terbaik Indonesia untuk dunia, khususnya bagi Australia, karena kedekatannya dengan Australia. Ia adalah salah satu orang Indonesia yang dikenal baik di negara ini," kata mantan Perdana Menteri Australia, Paul Keating, yang juga hadir dalam acara penganugerahan tersebut.

 



Keating menambahkan, Pak Eddy memiliki peran yang penting terkait hubungan dua negara.

Sementara, Chancellor University of New South Wales sekaligus pebisnis terkemuka, David Gonski menambahkan, " Eddy Sariaatmadja adalah sosok alumni teladan yang diidamkan University of New South Wales. Dan kami merasa bahagia bisa memberikan penghargaan ini pada beliau."



Kampus University of New South Wales, yang memiliki luas 38 hektar, berada di Kensington, area yang hanya berjarak 7 kilometer dari pusat kota Sydney.


UNSW dikenal luas karena menghasilkan lulusan yang berkualitas, juga kegiatan risetnya yang kelas dunia.

UNSW menawarkan program sarjana, pascasarjana, dan program riset dalam berbagai bidang: Seni dan Desain (Art & Design), Seni dan Ilmu Sosial (Arts & Social Sciences), Sekolah Bisnis, Teknik, Hukum, Kedokteran, dan Sains. (Beverly Gunawan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya