Emma, Badak Putih Pencari Jodoh yang Tempuh Perjalanan dari Taiwan ke Jepang

Seekor badak putih melakukan perjalanan dari Taiwan ke Jepang untuk mencari pasangan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 12 Jun 2021, 08:03 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2021, 08:03 WIB
Seekor badak putih lahir di San Diego Zoo Safari Park pada 21 November 2019 diberi nama Future. (Ken Bohn/San Diego Zoo via AP)
Seekor badak putih lahir di San Diego Zoo Safari Park pada 21 November 2019 diberi nama Future. (Ken Bohn/San Diego Zoo via AP)

Liputan6.com, Taipei - Seekor badak putih berusia lima tahun telah melakukan perjalanan dari Taiwan ke Jepang. Perjalanan ini merupakan bagian dari pencariannya untuk menemukan cinta.

Emma telah memulai masa tinggalnya di Kebun Binatang Tobu Jepang, dengan badak berusia 10 tahun Moran menjadi pelamar pertamanya. Dia dipilih dari sekelompok berisi 23 badak untuk dikirim ke Jepang, karena "kepribadiannya yang lembut", dengan staf mengatakan dia "jarang berkelahi".

Melansir BBC, Jumat (11/6/2021), tinggalnya dia di kebun binatang adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan jumlah badak putih penangkaran di Asia.

Badak putih diklasifikasikan sebagai kelompok hewan yang hampir terancam punah menurut organisasi World Wide Fund for Nature (WWF) dengan sekitar 18.000 tersisa di alam liar, kata kelompok itu.

Emma tiba pada hari Selasa setelah melakukan perjalanan sekitar 16 jam dari Taman Safari Leofoo di Taiwan, tempat asalnya.

"Setelah beberapa penundaan karena Virus Corona COVID-19, Emma, ​​badak putih selatan, tiba di kebun binatang kami pada malam 8 Juni," kata kebun binatang Saitama Tobu dalam sebuah pernyataan.

"Kami perlahan membuka peti kemas yang diletakkan di depan kamar tidurnya. Emma, ​​tanpa menunjukkan tanda-tanda malu, langsung masuk ke kamar tidur," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Tertunda Akibat Pandemi

Badak Putih
Petugas memeriksa badak putih betina Najin (30), satu dari dua yang masih hidup, di kandang suaka margasatwa Ol Pejeta, 23 Agustus 2019. Tim dokter hewan berhasil memanen 10 telur dari dua badak putih betina yang masih hidup di Kenya, dalam prosedur yang belum pernah terjadi. (AP/Ben Curtis)

Menurut rencana, ia seharusnya sudah pergi sejak bulan Maret, tetapi seperti jutaan orang di seluruh dunia, rencananya digagalkan oleh pandemi Virus Corona COVID-19.

Namun, dia menggunakan penundaan itu untuk mempersiapkan kepindahannya, dengan penjaga yang membiasakannya dengan kata-kata berbahasa Jepang untuk "datang" dan "tidak".

Staf di Taman Safari Leofoo sebelumnya mengatakan ukuran Emma yang kecil juga membuatnya lebih mudah untuk dikirim ke luar negeri. 

Perusahaan pengembangbiakan kebun binatang berperan penting dalam meningkatkan jumlah kawanan badak putih selatan.  

Perburuan liar adalah ancaman utama yang dihadapi semua spesies badak.

Para pemburu memasarkan tanduk - yang seperti rambut dan kuku terbuat dari keratin - sebagai afrodisiak atau obat kanker, yang tidak terbukti secara ilmiah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya