Rangkuman Kabar Terkini Invasi Rusia Hari ke-25, 3,3 Juta Pengungsi Tinggalkan Ukraina

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-25 perang Rusia Ukraina pada Minggu 20 Maret 2022.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 21 Mar 2022, 14:51 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2022, 14:30 WIB
Hari ke-25 Invasi Rusia, Penghormatan untuk Korban Tewas
Seorang ibu memeluk putranya yang melarikan diri dari kota Mariupol yang terkepung dan tiba di stasiun kereta api di Lviv, pada 20 Maret 2022. Pada Hari 25 perang Rusia di Ukraina, kehidupan yang kacau, perpisahan yang pahit tertangkap dalam foto-foto Associated Press. (AP Photo/Bernat Armangue)

Liputan6.com, Kiev - Senin (21/3/2022) merupakan hari ke-26 invasi Rusia ke Ukraina. Sejumlah perkembangan telah terjadi dalam operasi militer Negeri Beruang Merah itu, kendati demikian belum ada pertanda bahwa perang akan berakhir.

Untuk Anda yang tertinggal kabar terkini Rusia Ukraina, berikut ini rangkuman peristiwa penting sebelumnya, dari hari ke-25 perang Rusia Ukraina pada Minggu 20 Maret, dikutip dari Aljazeera:

Pertempuran

  • Dewan kota Mariupol mengatakan Rusia mengebom sebuah sekolah seni tempat sekitar 400 penduduk berlindung - kendati demikian ini tidak dapat diverifikasi secara independen.
  • Rusia mengatakan pasukannya telah menembus pertahanan Mariupol dan sekarang berada di dalam kota yang terkepung.
  • Rusia mengatakan mereka menggunakan rudal hipersonik Kinzhal lagi, untuk menghancurkan gudang senjata di wilayah Ivano-Frankivsk Ukraina. Wali kota Chernihiv di utara kota yang dikepung mengatakan puluhan warga sipil telah tewas oleh "penembakan artileri sembarangan", termasuk yang menargetkan sebuah rumah sakit.

Diplomasi

  • Setelah Presiden AS Joe Biden memperingatkan China tentang "konsekuensi" jika memberikan dukungan material untuk upaya perang Rusia, menteri luar negeri Wang Yi mengatakan Beijing "selalu berdiri untuk menjaga perdamaian dan menentang perang" dan bahwa "waktu akan membuktikan bahwa klaim China dalam sisi sejarah benar."
  • Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengecam pengepungan Mariupol oleh Rusia sebagai "kejahatan perang" ketika pasukan Rusia mendorong lebih dalam ke kota.
  • Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mendesak Perdana Menteri India Narendra Modi untuk mengambil garis yang lebih keras terhadap invasi Rusia tetapi pernyataan bersama setelah pembicaraan di New Delhi tidak mengecam tindakan Moskow.

Krisis Kemanusiaan

  • Lebih dari 3,3 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak invasi, sementara hampir 6,5 juta diperkirakan menjadi pengungsi internal, kata UNHCR.
  • Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk mengatakan tujuh koridor kemanusiaan akan dibuka pada hari Minggu untuk memungkinkan warga sipil meninggalkan daerah garis depan.
  • PBB memperingatkan bahwa kebutuhan kemanusiaan menjadi semakin mendesak di seluruh Ukraina timur, dengan potensi kekurangan makanan, air dan obat-obatan di kota-kota yang terkepung seperti Mariupol dan Sumy.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Korban Tewas dan Dampak Ekonomi Akibat Perang Rusia Vs Ukraina

Hari ke-25 Invasi Rusia, Penghormatan untuk Korban Tewas
Pasukan penjinak bom Ukraina memeriksa lokasi ledakan setelah pengeboman di Kiev, Ukraina, Minggu, 20 Maret 2022. Pada Hari 25 perang Rusia di Ukraina, kehidupan yang kacau, perpisahan yang pahit tertangkap dalam foto-foto Associated Press. (AP Photo/Felipe Dana)

Korban tewas

  • Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan sedikitnya 847 warga sipil telah tewas dan 1.399 orang lainnya terluka di Ukraina pada hari Jumat.
  • Kantor kejaksaan Ukraina mengatakan 112 anak telah tewas.

Dampak Ekonomi

  • Ukraina mungkin tidak menghasilkan cukup panen untuk diekspor jika penanaman tahun ini terganggu oleh invasi, kata penasihat presiden Oleh Ustenko.
  • Pejabat Ukraina mengatakan salah satu pabrik besi dan baja terbesar di Eropa, Azovstal, telah rusak parah oleh pasukan Rusia.
  • Presiden Ukraina Volodymr Zelenskyy telah mendesak Swiss untuk menindak oligarki Rusia yang katanya membantu mengobarkan perang di negaranya dari keamanan "kota-kota Swiss yang indah".
  • Polandia sekali lagi menyerukan larangan perdagangan total antara UE dan Rusia.

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya