Pangeran George dan Putri Charlotte Akan Ikut Formasi Keluarga Kerajaan Inggris di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pangeran George dan Putri Charlotte akan bergabung dengan lebih dari 2.000 tamu di pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 19 Sep 2022, 11:03 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2022, 09:22 WIB
Jenazah Mendiang Ratu Elizabeth II Disemayamkan di Westminster Hall
Mahkota terlihat pada peti jenazah Ratu Elizabeth II saat akan disemayamkan di Westminster Hall, Istana Westminster, London, Inggris, 14 September 2022. Pemakaman Ratu Elizabeth II akan menjadi salah satu pertemuan bangsawan dan politikus terbesar yang diselenggarakan di Inggris selama beberapa dekade. (Dan Kitwood/Pool via AP)

Liputan6.com, London - Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey akan dihadiri oleh para pemimpin dunia, termasuk Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden, dan perwakilan dari seluruh Persemakmuran Bangsa—sebagian besar adalah bagian dari bekas Kerajaan Inggris.

Prosesinya akan diselenggarakan pada Senin, 19 September 2022 dengan proses pemakaman sehari penuh, yang dimulai di London dan berakhir di Windsor, di mana dia akan dimakamkan.

Dalam prosesi tersebut, segenap keluarga Kerajaan Inggris akan ikut serta dalam barisan. 

Menurut laporan BBC, Senin (18/9/2022), Pangeran George dan Putri Charlotte akan bergabung dengan lebih dari 2.000 tamu di pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey.

George yang berusia sembilan tahun dan saudara perempuannya, tujuh tahun, akan menjadi bagian dari prosesi dengan Keluarga Kerajaan, mengikuti peti mati saat memasuki gereja.

Sebelum kebaktian, lonceng akan berbunyi setiap menit selama 96 menit, menandai lamanya hidup Ratu Elizabeth II.

Menjelang akhir kebaktian, Last Post akan dimainkan sebelum bangsa itu mengheningkan cipta selama dua menit.

Dengan para pemimpin dunia dan pejabat tinggi berkumpul di gereja abad ke-13 untuk kebaktian pada pukul 11.00 BST (17.00 WIB), Permaisuri Raja dan Ratu akan memimpin prosesi di belakang peti mati Ratu.

Pangeran dan Putri Wales akan berjalan di depan George dan Charlotte yang berusia tujuh tahun, yang memanggil Ratu "Gan Gan", diikuti oleh paman dan bibi mereka, Duke dan Duchess of Sussex, dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya.

Adik George dan Charlotte, Louis yang berusia empat tahun, diperkirakan tidak akan hadir.

Adapun berikut ini adalah formasi baris dari keluarga Kerajaan Inggris dalam pemakaman Ratu Elizabeth II mengutip The Wales Online:

1. Anak:

Ratu Camilla - Raja Charles

Wakil Admiral Sir Tim Laurence - Putri Anne

Pangeran Andrew (sendiri karena cerai)

Countess Sophie - Pangeran Edward

2. Cucu:

Putri Kate - Pangeran William

3. Cicit:

Putri Charlotte - Pangeran George

4. Cucu:

Meghan Markle - Pangeran Harry

5. Earl of Snowdon (keponakan) - Peter Phillips (anak Anne)

6. Adik sepupu

Pangeran Richard (Duke of Gloucester)

7. Adik sepupu

Pangeran Michael - Pangeran Edward (Duke of Kent)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prosesi Pemakaman

Pangeran William dan Harry Kenakan Seragam Militer Pimpin Penjagaan Peti Mati Ratu Elizabeth II
(Kiri ke kanan): Zara Tindall, Lady Louise, Putri Beatrice, Pangeran William, Pangeran Harry, Putri Eugenie, Viscount James Severn dan Peter Phillips ditugaskan untuk berjaga di sekitar peti jenazah Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, di Istana Westminster, London, Sabtu (17/9/2022). Delapan cucu Ratu Elizabeth II, termasuk Pangeran Wales dan Duke of Sussex, telah berjaga-jaga di sekitar peti matinya saat dia berbaring di negara bagian di Westminster Hall. (Aaron Chown/Pool Photo via AP)

Para tamu akan berkumpul untuk upacara pada pukul 11.00 waktu London atau 17.00 WIB, dengan acara puncak mengheningkan cipta dua menit di seluruh Inggris untuk Ratu Elizabeth II dan pelantunan "God Save the King"—perubahan setelah 70 tahun "God Save the Queen."

Prosesi pemakaman melalui jalan-jalan London, dan kemudian ke kediaman kerajaan di Windsor, hingga Ratu Elizabeth II dimakamkan malam itu di Kapel St. George di halaman Kastil Windsor.

Senin 19 September adalah hari libur di seluruh Inggris, dengan banyak bisnis dan sekolah tutup sehingga warga dapat menonton siaran acara pemakaman, yang dimulai pada pukul 04.00 pagi waktu London (10.00 WIB) dan diperpanjang hingga pukul 19.30 waktu London (20 September 01.30 WIB).

 


Prosesi Pertama Pemakaman Kenegaraan di Westminister Abbey

8 Cucu Ratu Elizabeth II Kelilingi Peti Mati Sang Nenek
Ke-8 cucu Ratu Elizabeth II, termasuk Pangern William dan Pangeran Harry berjaga-jaga di sekitar peti mati sang nenek di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakaman Ratu pada Senin, 19 September 2022. (AARON CHOWN / POOL / AFP)

Secara global, jutaan orang diperkirakan akan melihat liputan upacara di Westminster Abbey, tempat Elizabeth menikah dengan Pangeran Philip dan penobatannya.

Ini akan menjadi pemakaman pertama bagi seorang pemimpin monarki Inggris yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18, dan untuk pertama kalinya kamera akan diizinkan di dalam upacara pemakaman untuk seorang pemimpin monarki Inggris.


Prosesi Pemakaman Kenegaraan Pagi hingga Tengah Hari

Jenazah Mendiang Ratu Elizabeth II Disemayamkan di Westminster Hall
Raja Charles III, Pangeran William, Putri Anne, memberi hormat bersama Pangeran Andrew untuk Ratu Elizabeth II saat prosesi pemindahan dari Istana Buckingham ke Istana Westminster di London, Inggris, 14 September 2022. Upacara pemakaman akan dilangsungkan di Westminster Abbey pada 19 September mendatang. (Ben Stansall/Pool via AP)

06.30 pagi (12.30 WIB): Pintu Westminster Hall di House of Parliament, tempat Ratu Elizabeth II disemayamkan, ditutup untuk publik.

10.44 (16.44 WIB): Prosesi pemakaman kerajaan berangkat dari Istana Westminster ke Westminster Abbey. Kereta meriam negara akan membawa peti mati Ratu Elizabeth II, ditemani oleh musisi seperti band marinir kerajaan, dan jalurnya akan dipagari oleh anggota angkatan laut kerajaan dan marinir kerajaan. Anggota keluarga kerajaan, termasuk Raja Charles III dan Pangeran William, akan mengikuti di belakang kereta.

10.52 (16:52 WIB): Peti mati Ratu Elizabeth II tiba di gerbang Westminster Abbey dan dibawa ke dalam.

11.00 (17.00 WIB): Upacara dimulai, dipimpin oleh Dean of Westminster David Hoyle, dan akan mencakup pembacaan doa oleh para pemimpin politik dan agama termasuk Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss.

11.55 (17.55 WIB): Ada dua menit keheningan di dalam Biara dan di seluruh Inggris.

Siang (7:00 ET): Prosesi pemakaman kenegaraan berakhir dengan reveille, lagu kebangsaan Inggris (“God Save the King”), dan permainan pipe. Peti mati akan melanjutkan prosesi lain melalui jalan-jalan London ketika Big Ben berdenting terus menerus.


Prosesi Pemakaman Kenegaraan Siang Hari ke Liang Lahat

Pangeran Harry Berseragam Militer di Malam Penjagaan Ratu Elizabeth II
Pangeran William, pangeran Wales, Pangeran Harry, Putri Beatrice, Lady Louise, Zara Tindall, Peter Phillips, Viscount James Severn dan Putri Eugenie, berdiri di samping peti jenazah Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, di Istana Westminster, London, Sabtu (17/9/2022). Saat memasuki kastil, kepala mereka tegak sampai menuju di sekitar peti jenazah Ratu Elizabeth II, ke-8 cucu mulai menundukkan kepalanya. (Aaron Chown/Pool Photo via AP)

13.00 (19.00 WIB): Peti mati tiba di Wellington Arch di London, lalu dimuat ke dalam mobil jenazah. Dari sini, keluarga kerajaan berangkat ke Kastil Windsor, yang berjarak sekitar 20 mil sebelah barat Istana Buckingham.

15.06 (21.06 WIB): Mobil jenazah negara bagian tiba di Windsor, di mana ia akan bergabung dengan prosesi menuju Albert Road. Raja dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan berjalan kaki menuju Kapel St. George kira-kira tiga puluh menit kemudian.

16.00 (22.00 WIB): The Committal Service dimulai di Kapel St. George, dipimpin oleh Dean of Windso dan diakhiri dengan berkat dari Uskup Agung Canterbury.

19.30 (01.30 WIB, 20 September): Ratu Elizabeth II dimakamkan dalam upacara pribadi di King George VI Memorial Chapel di Kastil Windsor. Dia akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip.  

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya