Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc Mundur

Belum jelas siapa yang akan menjadi presiden Vietnam menggantikan Nguyen Xuan Phuc.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 17 Jan 2023, 17:48 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 17:43 WIB
Nguyen Xuan Phuc
Nguyen Xuan Phuc menjabat sebagai presiden Vietnam sejak tahun 2021. (Dok. AFP)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc (68) mengajukan pengunduran diri setelah Partai Komunis yang berkuasa menyatakan dia bertanggung jawab atas pelanggaran dan kesalahan sejumlah pejabat di bawahnya.

Nguyen Xuan Phuc, yang merupakan mantan perdana menteri, telah menduduki kursi presiden selama kurang dari dua tahun. Belum jelas siapa yang akan menggantikannya.

"Sepenuhnya menyadari tanggung jawabnya di depan partai dan rakyat, dia mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari posisi yang ditugaskan, berhenti dari pekerjaannya dan pensiun," demikian lapor kantor berita Vietnam mengutip Komite Pusat partai seperti dilansir NBC News, Selasa (17/1/2023).

Ada spekulasi luas tentang pengunduran diri Nguyen Xuan Phuc setelah pemecatan dua wakil perdana menteri, yang bekerja di bawah pemerintahannya.

Bagaimanapun, pengunduran diri Nguyen Xuan Phuc membutuhkan persetujuan dari Majelis Nasional. Laporan Reuters menyebutkan bahwa legislatif akan mengadakan pertemuan luar biasa dalam minggu ini.

Vietnam tidak memiliki penguasa tertinggi dan secara resmi dipimpin oleh empat pilar, yakni sekretaris partai yang berkuasa, presiden, perdana menteri, dan ketua parlemen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya