Anak Kim Jong Un Pakai Jaket Dior Senilai Rp28 Juta Saat 60 Persen Populasi Korea Utara Hidup Miskin Absolut

Kim Ju Ae merupakan satu-satunya anak pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang pernah muncul di muka publik.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 24 Mar 2023, 09:00 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2023, 09:00 WIB
Dalam sebuah video yang dirilis oleh KCNA, putri Kim Jong Un, Kim Ju Ae (kiri) terlihat mengenakan jaket berkerudung keluaran rumah mode Christian Dior. (Dok. KCNA/KOREA HERALD/ASIA NEWS NETWORK)
Dalam sebuah video yang dirilis oleh KCNA, putri Kim Jong Un, Kim Ju Ae (kiri) terlihat mengenakan jaket berkerudung keluaran rumah mode Christian Dior. (Dok. KCNA/KOREA HERALD/ASIA NEWS NETWORK)

Liputan6.com, Pyongyang - Kim Ju Ae, putri Kim Jong Un, baru-baru ini terlihat mengenakan jaket yang diduga keluaran rumah mode Christian Dior. Fenomena tersebut sangat kontras dengan kondisi kehidupan masyarakat awam di Korea Utara, salah satu negara termiskin di dunia.

Penampakan Kim Ju Ae, yang disebut satu dari tiga anak Kim Jong Un, mengenakan jaket musim dingin pabrikan Dior terlihat dalam sebuah video yang dirilis kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) milik pemerintah Korea Utara pada 17 Maret 2023.

Dalam video, gadis yang diduga berusia 10 tahun tersebut tampak tengah menemani sang ayah mengamati uji coba rudal balistik antarbenua Hwasong-17. Demikian seperti dilansir The Straits Times, Jumat (24/3/2023).

Itu merupakan penampilan terbaru dari Kim Ju Ae dari serangkaian kemunculannya di publik.

Media Korea Selatan pada Kamis (23/3) menunjukkan bahwa jaket musim dingin bertopi yang dikenakan Kim Ju Ae dibanderol harga US$ 1.900 atau sekitar Rp28,8 juta.


60 Persen Populasi Korea Utara Miskin Absolut

Potret Kim Jong Un dan Putrinya Saksikan Pertandingan Sepak Bola, Penuh Senyum
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya Kim Ju-ae bertepuk tangan saat menyaksikan pertandingan sepak bola antara staf Kabinet dan Kementerian Pertahanan Nasional, di Korea Utara pada 17 Februari 2023. Kim Jong Un mengajak putrinya dalam rangka merayakan ulang tahun kakeknya Kim Jong Il menandai penampilan pertama gadis itu yang tidak secara terbuka terkait dengan nuklir. (AFP/KCNA Via KNS)

Gaya hidup mewah para pemimpin Korea Utara telah didokumentasikan dengan baik. Sebut saja selera ayam Kim Jong Un, Kim Jong Il, terhadap anggur dan makanan mahal yang diakui oleh koki pribadinya Kenji Fujimoto dalam bukunya.

Mantan bintang NBA Dennis Rodman, yang kerap mengunjungi Korea Utara dan berteman baik dengan Kim Jong Un, juga berbicara tentang kekayaan keluarga Kim.

Rodman merupakan orang pertama yang memberi tahu dunia luar tentang keberadaan Kim Ju Ae, setelah dia menggendongnya saat masih bayi selama kunjungannya ke Korea Utara.

Gaya hidup mewah pemimpin Korea Utara dan keluarganya sering dikritik oleh orang-orang di luar negara itu karena penelitian menunjukkan mayoritas warga Korea Utara hidup dalam kemiskinan.

Studi tahun 2020 oleh para peneliti dari Vienna University of Economics and Business mengatakan bahwa 60 persen populasi negara itu diperkirakan hidup dalam kemiskinan absolut.

Angka pasti ekonomi Korea Utara tidak jelas mengingat mereka merupakan salah satu negara paling tertutup di dunia.

Tetapi menurut Bank Sentral Korea Selatan, pendapatan nasional bruto Korea Utara pada tahun 2021 adalah US$ 37,2 miliar, sekitar 3,5 persen dari pendapatan Korea Selatan pada tahun yang sama.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya