Tuan Rumah KTT ke-42 ASEAN 2023, Indonesia Prioritaskan Penguatan Pilar Sosial Budaya Kawasan

Indonesia menjadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023. Sejumlah isu menjadi prioritas deliverables Indonesia di ajang tersebut.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 02 Mei 2023, 14:25 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2023, 14:25 WIB
Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur siap melayani penerbangan dari dan ke luar negeri, selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42. (Dok Kemenhub)
Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur siap melayani penerbangan dari dan ke luar negeri, selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42. (Dok Kemenhub)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023. Sejumlah isu menjadi prioritas deliverables Indonesia di ajang tersebut.

Tiga hal yang jadi fokus Indonesia pada KTT ke-42 ASEAN 2023 di antaranya adalah penguatan kerja sama perlindungan pekerja migran, arsitektur kesehatan kawasan, serta peningkatan pembangunan kawasan perdesaan.

"Isu prioritas tersebut, selain mengedepankan Pilar Epicentrum of Growth dalam Keketuaan Indonesia 2023, juga turut menguatkan Pilar Sosial Budaya ASEAN secara umum," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, Selasa (2/5/2023) di Jakarta dalam keterangan tertulis.

Staf Khusus Hubungan Luar Negeri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kusnanto Anggoro, saat memimpin pertemuan Pejabat Tinggi Pilar Sosial Budaya (SOCA) ke-34, April 2023 lalu, telah mengungkapkan jika seluruh negara anggota ASEAN menyambut baik dan sepakat untuk mendorong percepatan proses deliverables Indonesia di Pilar Sosial Budaya ASEAN.

Dalam pertemuan SOCA ke-34, isu pengarusutamaan disabilitas dan peningkatan peran pemuda juga mendapatkan perhatian tersendiri.

"Pertemuan mengapresiasi terselenggaranya ASEAN Youth Dialogue 2023 di Jakarta dan mengharapkan inisiatif terus dikembangkan, serta mencatat rencana penyelenggaraan Dialog Tingkat Tinggi terkait Isu Disabilitas," ujar Kusnanto.

Pada kesempatan itu, Indonesia turut mengangkat dukungan pembekalan Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN ke depannya, melalui program magang ASN Timor Leste di kementerian/lembaga di Indonesia sebagai bentuk komitmen Indonesia untuk meningkatkan kapasitas Timor Leste.

Pertemuan SOCA adalah pertemuan Pejabat Tinggi Pilar Sosial Budaya ASEAN yang bertemu dua kali dalam satu tahun untuk membahas berbagai isu lintas sektor. Tahun ini, Indonesia menjadi Ketua pertemuan tersebut.

Pada 8 Mei 2023 di Bali akan diselenggarakan pertemuan tingkat Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN (ASCC Council) yang akan dipimpin Menteri Koordinator Bidang PMK RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy selaku Ketua ASCC Council 2023.


Erick Thohir: KTT ASEAN 2023 Jadi Bukti Indonesia Bisa Jadi Negara Maju

20150829-Erick Tohir
Menteri BUMN Erick Thohir menilai gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN jadi ajang bagi Indonesia membuktikan bisa menjadi negara maju. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menilai gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN jadi ajang bagi Indonesia membuktikan bisa menjadi negara maju. Mengingat tujuan ASEAN Summit 2023 sendiri yang mendorong Asia Tenggara menjadi pusat perekonomian.

Erick Thohir menyampaikan salah satu upaya untuk mendorong Indonesia dan Negara ASEAN jadi negara maju adalah lewat rumusan kebijakan. Sama halnya dengan yang terjadi lewat gelaran Presidensi G20.

"Ya kembali saya rasa sama, konsisten dengan G20, bapak Jokowi mendorong jangan kebijakan globalisasi ini menguntungkan negara-negara maju saja. Yang akhirnya menekan daripada negara-negara berkembang, Indonesia juga ingin maju," ujarnya kepada wartawan di Taman Mini Indonesia Indah seperti tertuang dalam keterangan tertulis yang Liputan6.com muat Selasa (2/5/2023).

Dia juga menilai kalau Presidensi G20 Indonesia menjadi bukti kesuksesan yang mengundang banyak apresiasi negara-negara global. Kali ini, fokusnya adalah di negara ASEAN.

"Dan terbukti, kemarin dengan program G20 ini sangat diapresiasi banyak negara. Nah ASEAN Summit juga sama kita mendorong dimana kawasan Asia Tenggara ini juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi," bebernya.

Di samping berbicara mengenai aspek ekonomi, Erick juga melihat adanya peluang untuk mengangkat isu perdamaian. Ini lagi-lagi sejalan dengan yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat G20 tahun lalu.

"Kebetulan Indonesia sebagai pimpinanya hari ini ya kita mendorong perdamaian dan juga untuk keekonomian," pungkasnya.


Kesiapan Sambut Delegasi ASEAN

Jokowi Didampingi Menlu Retno Cek Kesiapan Jelang KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT
Menlu Retno Marsudi menjelaskan sejumlah kesiapan jelang pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT kepada Presiden Jokowi dan rombongan. Foto: (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sejumlah persiapan dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II untuk menyambut ASEAN Summit 2023 atau KTT ASEAN 2023 yang terlaksana pada 9--10 Mei 2023 di di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). AP II memastikan kelancaran dan pelayanan maksimal untuk menyambut kedatangan para kepala negeri dan delegasi peserta KTT ke-42 ASEAN.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/4/2023).

"Kami sudah koordinasi dengan seluruh stakeholder Bandara Soekarno Hatta untuk memastikan keamanan, kelancaran penerbangan maupun proses kedatangan internasional serta keberangkatan domestik para delegasi menuju Labuan Bajo," terang Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, Sabtu, 29 April 2023, dalam keterangan tertulis dari Kemenparekraf yang diterima Liputan6.com.

 


Pertemuan Penting

Labuan Bajo
Meruorah Komodo Labuan Bajo, hotel bintang 5 yang jadi venue utama KTT ASEAN Summit 2023. (dok. Instagram @meruorahlabuanbajo/https://www.instagram.com/p/CrIf1iLLXDc/)
Menilik Kesiapan Bandara Labuan Bajo Jelang KTT ASEAN ke-42
Menhub Budi Karya Sumadi mengecek langsung kesiapan sarana transportasi di Labuan Bajo menjelang KTT ASEAN ke 42 (Istimewa)

Pertemuan para kepala negara Asia Tenggara tersebut dinilai sangat penting sehingga AP II selaku pengelola Bandara Soetta harus memastikan kelancaran dan pelayanan terbaik, termasuk sosialisasi demi suksesnya event internasional itu. Bandara Soetta, Tangerang, Banten yang dikelola AP II termasuk salah satu pintu masuk bagi para delegasi KTT ASEAN untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo, NTT.

Meski begitu Awaluddin menegaskan jika seluruh bandara AP II lainnya akan ikut mendukung, terutama sosialisasi mengenai gelaran KTT ke-42 ASEAN. "Ada 20 bandara AP II yang akan mendukung sosialisasi KTT ke-42 ASEAN melalui seluruh digital banner yang ada di terminal penumpang," ucap Awaluddin.

Sementara itu, kedatangan delegasi dari luar negeri disiapkan melalui terminal 3 dan gedung VIP terminal 3 bagi para VVIP, VIP serta menteri dari negara-negara ASEAN. "Delegasi yang datang dari luar negeri dan tiba di terminal 3 akan menemui hospitality desk dan menjalani proses kedatangan internasional," jelas Executive General Manager Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana.

"Bagi para delegasi VVIP, VIP, dan menteri negara-negara ASEAN akan menemui hospitality desk dan menjalani proses kedatangan internasional di gedung VIP terminal 3," sambungnya.

Terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 juga disiapkan untuk keberangkatan rute domestik para delegasi menuju Labuan Bajo. "Saat ini terdapat penerbangan setiap hari (daily) dari Bandara Soetta ke Labuan Bajo yang dioperasikan oleh 3 maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air," ungkap Dwi.

Selain itu, Bandara Soetta juga membuka posko di gedung VIP yang berada di kawasan terminal 3 untuk memastikan kelancaran penanganan delegasi KTT ke-42 ASEAN. Posko juga terletak di area kedatangan internasional terminal 3.

Sementara itu, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan ada serangkaian pesta rakyat di KTT ASEAN 2023. Acara tersebut terselenggara melalui kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Gelaran yang akan berlangsung di sela-sela KTT ASEAN 2023, yakni street carnival, Festival Goa Batu Cermin, SMEs Hub, serta lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya