Suasana Bandara Komodo Jelang KTT ASEAN di Labuan Bajo: Ramai dan Pengamanan Ketat

Berbagai pihak mulai dari media hingga perwakilan berbagai kementerian yang terlibat dalam acara KTT ASEAN mulai berdatangan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 08 Mei 2023, 14:34 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 14:34 WIB
Situasi Bandara Komodo terpantau ramai menjelang penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Liputan6/Benedikta Miranti)
Situasi Bandara Komodo terpantau ramai menjelang penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Liputan6/Benedikta Miranti)

Liputan6.com, Labuan Bajo - Agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN akan segera dimulai. Perhelatan yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut akan dimulai besok, 9 Mei hingga berakhir pada 11 Mei 2023. 

Menjelang KTT dimulai, situasi Bandara Komodo mulai ramai dipadati pengunjung. 

Menurut pantauan Liputan6.com, Senin (8/5/2023), berbagai pihak mulai dari media hingga perwakilan berbagai kementerian yang terlibat dalam acara KTT ASEAN mulai berdatangan. 

Wisatawan domestik maupun asing juga terlihat memenuhi area ruang tunggu bandara. 

Sementara itu, protokol pengamanan juga sudah mulai terlihat di berbagai titik penyelenggaraan acara KTT ASEAN. Sejumlah area penting termasuk bandara hingga lokasi utama KTT, Hotel Ayana dan Hotel Meruorah, juga telah dijaga secara ketat oleh pihak berwenang. 

Menurut informasi, beberapa delegasi asing telah tiba di Labuan Bajo sejak hari ini, sehingga mengharuskan adanya penerapan rekayasa lalu lintas. Buka tutup jalan juga diberlakukan di sejumlah kawasan, terutama jika terpantau ada delegasi yang melintas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan KTT ke-42 ASEAN

Jokowi Didampingi Menlu Retno Cek Kesiapan Jelang KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT
Menlu Retno Marsudi menjelaskan sejumlah kesiapan jelang pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT kepada Presiden Jokowi dan rombongan. Foto: (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Presiden Joko Widodo melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (8/5/2023). Jokowi diagendakan untuk meninjau gladi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi mengawali agendanya dengan meninjau gladi ketibaan para pemimpin ASEAN di lobi Hotel Meruorah. Kemudian, dilanjutkan dengan gladi sesi foto tiap pemimpin ASEAN dengan Jokowi hingga gladi foto bersama.

Setelah itu, dia akan menuju Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, untuk meninjau tempat acara puncak KTT ASEAN. Jokowi juga direncanakan melihat tempat untuk jamuan santap siang para pemimpin ASEAN.

Agenda hari kedua kemudian akan ditutup dengan peninjauan gladi jamuan santap malam para pemimpin ASEAN yang akan digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach pada malam hari.

Sementara itu, Ibu Iriana juga diagendakan untuk melakukan peninjauan gladi acara para pendamping pemimpin ASEAN.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan KTT ke-42 ASEAN yang dilaksanakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo siap dilaksanakan. Jokowi menegaskan bahwa ASEAN tidak boleh menjadi proksi bagi negara atau pihak mana pun.

"Prinsip Indonesia di keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama dengan siapa pun dan kita tidak ingin ASEAN menjadi proksi siapa pun, proksi negara mana pun," kata dia dalam keterangannya kepada awak media di Bandara Internasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Minggu 7 Mei 2023.

Infografis Otomotif Indonesia
Indonesia masih juarai penjualan mobil se-ASEAN (liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya