3 Ledakan di Kawasan Bisnis Washington DC Jelang Hari Kemerdekaan ke-274 Amerika Serikat, Polisi Bikin Sayembara Rp300 Juta Buru Pelaku

Alat peledak diledakkan di luar tiga tempat bisnis di Washington DC pada Minggu 2 Juni 2023 dini hari waktu AS. Menjelang peringatan Fourth of July atau Hari Kemerdekaan ke-274 Amerika Serikat.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 04 Jul 2023, 17:25 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2023, 17:25 WIB
ilustrasi ledakan.
ilustrasi ledakan. (iStockphoto)

Liputan6.com, Washington DC - Ledakan di kawasan bisnis Washington DC tengah jadi sorotan. Pasalnya peristiwa tersebut terjadi menjelang peringatan Fourth of July atau Hari Kemerdekaan ke-274 Amerika Serikat.

"Alat peledak diledakkan di luar tiga tempat bisnis di Washington DC pada Minggu 2 Juni dini hari," menurut penegak hukum seperti dikutip dari The Independent, Selasa (4/7/2023).

Menurut Metropolitan Police Department (MPD) atau Departemen Kepolisian Metropolitan, perangkat peledak itu meledak di luar toko di timur laut ibu kota dalam kurun waktu 15 menit.

Ledakan pertama terjadi sekitar pukul 04.30 pagi, ketika tersangka meledakkan alat peledak di trotoar di luar ATM yang terpasang di Truist Bank di blok 2300 Washington Place.

Beberapa saat kemudian – sekitar pukul 04.36 – perangkat lain diledakkan di luar toko Nike di blok 700 H Street.

Setelah melarikan diri dari tempat kejadian dengan mobil, toko kelontong Safeway terdekat dihantam dengan "benda bergaya bom molotov" sekitar pukul 4.45 pagi, kata polisi.

Lokasi bisnis itu kemudian ditutup pada saat kejadian dan tidak ada yang terluka. MPD mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pelaku peledakan tampaknya menargetkan perusahaan komersial, tetapi bukan anggota masyarakat.

Polisi Metropolitan AS merilis gambar tersangka dari kamera pengawas - mengenakan celana panjang hitam dan atasan bertudung putih / krem - serta kendaraan yang dicari sehubungan dengan serangan itu.

Kendaraan itu adalah Acura TL berwarna emas atau sampanye dengan plat nomor Maryland 17971CK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ledakan Sampai Membangunkan Orang Tidur hingga Sayembara Rp300 Juta Buru Pelaku

Ilustrasi Garis Polisi (AFP)
Ilustrasi Garis Polisi (AFP)

Gambar yang dibagikan oleh warga DC berusia 32 tahun Amanda Koski di Twitter menunjukkan kerusakan pada salah satu struktur yang ditargetkan.

"Suara itu membangunkan saya. Saya menderita PTSD jadi ketika itu terjadi, saya agak membeku dan awalnya saya pikir itu adalah suara tembakan. Ketika saya melihat melalui jendela saya, saya melihat kaca pecah jadi awalnya saya mengira seseorang telah menembak ke bank,” kata Koski kepada The Independent.

Koski, yang bekerja sebagai konsultan politik, tinggal di apartemen di atas Bank Truist. Dia mengatakan lingkungan itu sangat sepi sebelum MPD dan pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian.

Divisi Investigasi Kriminal Departemen Kepolisian Metropolitan dan Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak Washington Field Division mencari bantuan publik dalam mengidentifikasi tersangka dan kendaraan yang terlibat.

Hadiah hingga USD 20.000 sekitar Rp300 juta ditawarkan kepada siapa saja yang memberikan informasi yang mengarah pada penangkapan individu atau individu di balik serangan hari Minggu.

Siapa pun yang mungkin memiliki informasi tentang insiden ini, untuk menyertakan video atau foto dari salah satu lokasi pelanggaran dianjurkan untuk menghubungi MPD di (202) 727-9099 atau mengirim informasi ke TEXT TIP LINE Departemen di 50411.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya