Uniknya Spa Bir Asal Ceko, Sensasi Berendam dan Relaksasi yang Diklaim Bikin Kelihatan Lebih Muda

Fenomena spa bir merupakan tradisi kesehatan dari Republik Ceko sejak tahun 1980-an.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 13 Jun 2024, 20:10 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2024, 20:10 WIB
Contoh ilustrasi spa di Medan
Selain menikmati budaya dan kulinernya, kamu bisa mengajak ibumu untuk melakukan spa treatment bersama. (Foto: Unsplash.com/alan caishan)

Liputan6.com, Praha - Anda sebelumnya pasti pernah mendengar soal mandi susu, salah satu jenis perawatan yang diyakini dapat membuat kulit terasa halus dan kenyal.

Namun, pernahkah Anda mendengar soal spa bir yang baru-baru ini buka di Islandia, Spanyol dan Amerika Serikat (AS)?

Spa unik ini terinspirasi oleh tradisi lama dari negara yang terkenal sebagai pusat bir, Republik Ceko, sejak tahun 1980-an.

Salah satu spa bir termegah di Ceko adalah Chateau Spa Beerland, yang terletak di sebuah bangunan warisan nasional yang elegan.

Bir yang digunakan untuk perawatan di sana bukan sembarang bir biasa. Bir yang digunakan adalah bir Ceko premium tanpa filter yang masih mengandung bahan-bahan utama seperti ragi.

"Ini menghilangkan stres dari tubuh Anda dan juga membuka pori-pori. Dan ini adalah ragi bir, yang mengandung banyak vitamin B, dan membuat Anda terlihat lebih muda," kata Nikola Skypalova, salah satu pekerja di tempat spa tersebut seperti dilansir BBC, Kamis (13/6/2024).

Sejumlah orang meyakini bahwa senyawa yang terkandung dalam cairan untuk mandi tersebut bagus untuk kulit, dapat menghilangkan stres otot dan meningkatkan sirkulasi. Sementara itu, aroma yang dihasilkan dapat meningkatkan relaksasi dan meningkatkan suasana hati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menyebar ke Luar Ceko

ilustrasi berendam/unsplash
ilustrasi berendam/unsplash

Meyakini khasiatnya, fasilitas spa bir pun meluas ke luar Ceko. Sebuah tempat bernama BierBath dibuka pada akhir tahun 2023 di dekat Baltimore dan Oakwell Beer Spa baru dibuka pada tahun 2021 di Denver, AS.

Tahun 2024 ini, rencananya juga akan ada pembukaan spa bir pertama di Inggris, di The Norfolk Mead.

Konsep spa bir menjadi mendunia karena menyatukan dua hal yang disenangi banyak orang, yakni relaksasi spa dan bir.

Manajer Spa di The Norfolk Mead, Eliza Oakden, pun meyakini hal tersebut.

"Spa cenderung lebih menarik bagi wanita, jadi kami pikir ini akan menarik baik pria maupun pasangan," kata dia.

Di Bath & Barley – spa bir pertama di Belgia, yang dibuka pada tahun 2023 di Kota Bruges - pengunjung mendapat kesempatan mendapat pengalaman yang berbeda.

"Anda dapat membuat cairan berendam Anda sendiri dengan memilih dari berbagai jenis hop yang dipanen oleh petani Belgia. Hop ini memiliki esensi yang berbeda, namun efek manfaatnya serupa," jelas salah satu pendiri, Louis Raesouv.

"Kami juga yakin telah menciptakan pengalaman yang lebih mewah dibandingkan beberapa spa di Ceko dalam hal desain interior, produk yang kami gunakan, dan kisah yang kami sampaikan."

Spa bir miliknya menyajikan makanan mewah yang dipadukan dengan bir Belgia.


Meluas hingga Prancis

Ilustrasi Berendam dengan Air Hangat
Ilustrasi Berendam dengan Air Hangat (freepik)

Sementara itu, spa bir juga meluas ke Prancis di mana Taaka Beer Spa di Strasbourg telah menjadi pelopor pengalaman spa bir di Prancis sejak dibuka pada tahun 2022.

"Konsep ini telah memicu banyak rasa ingin tahu di kalangan penduduk setempat, sehingga banyak orang datang untuk mencoba spa tersebut," kata pendirinya, Naomie Crawshaw.

"Sangat menarik melihat bagaimana konsep ini diterapkan sebagai cara baru untuk merasakan budaya bir di kawasan ini."

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19
Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya