Keren, Ini 10 Sosok Wanita Hebat Pemimpin Perjuangan Lawan Perubahan Iklim di Dunia

Wanita, meskipun hanya separuh dari populasi global dan lebih rentan terhadap perubahan iklim, telah memimpin perjuangan melindungi lingkungan. Berikut 10 sosok wanita yang berperan penting dalam upaya tersebut.

oleh Najma Ramadhanya diperbarui 24 Jul 2024, 19:23 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 19:23 WIB
Aktivis Korsel Gelar Peragaan Busana Sampah Plastik
Ilustrasi lawan perubahan iklim. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam perjuangan melawan perubahan iklim yang sedang berlangsung, wanita telah muncul sebagai agen perubahan yang kuat, mendorong solusi inovatif dan menginspirasi tindakan transformasional.

Terdapat 10 wanita yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam memerangi krisis iklim global dengan pencapaian mereka yang luar biasa.

Meskipun wanita kira-kira mencakup setengah dari populasi global dan lebih rentan terhadap perubahan iklim karena faktor budaya, sosial, dan ekonomi, banyak wanita yang memimpin perjuangan untuk melindungi lingkungan kita.

Walaupun tidak lengkap, daftar ini mencakup sepuluh wanita yang bekerja tanpa lelah untuk memimpin perjuangan melawan perubahan iklim melalui tindakan, kebijakan, dan pendidikan.

Berikut 10 sosok wanita yang memiliki peran penting dalam upaya melawan perubahan iklim, seperti dikutip dari earth.org, Rabu (23/7/2024):

1. Elizabeth May 

<p>Elizabeth May, Leader of the Green Party of Canada (Cred:Laurel L. Russwurm/Flickr)</p>

Pemimpin Partai Hijau Kanada

May merupakan seorang aktivis lingkungan, pengacara, dan politisi asal Kanada. Saat ini, ia menjabat sebagai pemimpin Partai Hijau Kanada (Green Party of Canada), dan sebelumnya telah menjabat posisi yang sama dari tahun 2006 hingga 2019. Hal tersebut menjadikan May sebagai pemimpin perempuan terlama dari partai federal Kanada.

Sebagai kekuatan pendorong antara isu-isu lingkungan dan pribumi, ia baru-baru ini lepas dari pensiunnya untuk memastikan bahwa Kanada berkomitmen pada target yang ditetapkan dalam perjanjian Paris 2015.

“Kita harus menghadapi sains dengan mata yang jelas dengan niat serius yang mengakui bahwa kita tidak mampu menekan tombol tunda pada laporan ini karena kali ini para ilmuwan memberi tahu kita bahwa 1,5 derajat Celsius jauh lebih berbahaya daripada yang kita kira,” kata May dalam sebuah pernyataan kepada House of Commons.

Sepanjang karirnya, kompas moralnya tidak berubah dan ia tidak mengorbankan nilai-nilainya untuk maju. 

May telah menjadi advokat yang kuat untuk lingkungan dan komunitas yang terpinggirkan. Ia merupakan seorang realistis perubahan iklim yang menolak kebijakan Anggota Parlemen Kanada. Dalam wawancara tahun 2023 dengan Global News, May mengatakan bahwa Kanada berada dalam "jenis penyangkalan iklim baru dengan terus mendorong kebijakan yang tidak akan memenuhi kewajiban internasional untuk mengurangi emisi karbon.

2. Marina Silva

<p>Marina Silva, Brazil’s Minister of the Environment and Climate Change (Dok: gov.br)</p>

Menteri Lingkungan dan Perubahan Iklim, Brasil

Berbicara di Conference of the Parties/COP28, Silva membahas pentingnya memprioritaskan lingkungan dan mendorong negara-negara maju untuk memberi contoh.

Mengalami penggundulan hutan di hutan hujan Brasil secara langsung, Silvia telah menjadi kekuatan pendorong perubahan di Brasil.

Pada tahun 1980-an, Silvia menjadi salah satu arsitek kelompok perlawanan akar rumput terhadap penggundulan hutan tropis dan tanah adat di Brasil. Upaya tersebut menghasilkan perlindungan dua juta hektar hutan dan mata pencaharian ratusan penduduk adat.

Sebagai Menteri Lingkungan dan Perubahan Iklim Brasil, Silva telah membantu mendorong beberapa undang-undang dan peraturan untuk melindungi Amazon dan mencegah penggundulan hutan, seperti Undang-Undang Pengelolaan Hutan Publik dan Undang-Undang Hutan Atlantik. Kerangka kerja ini membantu mengurangi tingkat penggundulan hutan sebesar 84% antara tahun 2004 dan 2012.

Setelah kekalahan presiden Brasil Jair Bolsonaro dalam pemilihan presiden Brasil tahun 2022, Lula mengumumkan kembalinya Silva sebagai Menteri Lingkungan. Sejak pengangkatannya, penggundulan hutan di Amazon telah menurun secara eksponensial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Kimiko Hirata

Kimiko Hirata
Kimiko Hirata (Cred: Goldman Environmental Prize)

Direktur Eksekutif di Climate Integrate, Jepang

Hirata merupakan seorang aktivis lingkungan yang mengkatalisasi perjuangan melawan batu bara di Jepang setelah bencana nuklir Fukushima pada tahun 2011.

Setelah kecelakaan itu, negara ini berencana membangun pembangkit listrik batu bara untuk menghasilkan energi. Termotivasi untuk menghentikan hal ini, Hirata menerbitkan sebuah studi tentang dampak polusi batu bara, berjejaring dengan komunitas-komunitas di dekat lokasi pembangkit batu bara yang diusulkan, dan bekerja sama dengan politisi dan jurnalis lokal, akhirnya berhasil mencegah pembangunan 13 pembangkit batu bara yang direncanakan.

Aksinya juga mencegah sekitar 42 juta ton karbon dioksida (CO2) per tahun dilepaskan ke atmosfer. Pada tahun 2021, ia dianugerahi Goldman Environmental Prize atas karyanya dalam bidang lingkungan.

4. Eleni Myrivili

<p>Eleni Myrivili (Cred:Yale School of the Environment)</p>

Chief Heat Officer Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Yunani

Pada tahun 2021, Myrivili menjadi Chief Heat Officer pertama di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan dampak perubahan iklim, khususnya panas ekstrem.

Sebagai mantan wakil wali kota untuk Alam Perkotaan dan Ketahanan Iklim (Urban Nature and Climate Resilience) tahun 2014-2019 di Athena, Yunani, suatu negara yang sering dilanda gelombang panas, ia telah mempromosikan proyek aksi iklim dan bekerja tanpa lelah untuk membuat kota-kota lebih berkelanjutan dengan memperkenalkan ruang hijau perkotaan dan mengamankan pendanaan untuk proyek-proyek penting ini.

5. Dayle Takitimu

<p>Dayle Takitimu (Cred: Nikau Hindine/e-tangata.co.nz)</p>

Wakil Ketua Komite Penasehat Menteri, Aotearoa (Selandia Baru)

Takitimu adalah seorang pengacara hak-hak adat dan lingkungan, wakil ketua di Komite Penasehat Menteri di Te Whanau a Apanui, sebuah suku yang terletak di daerah Bay of Plenty bagian timur dan wilayah Pantai Timur di Pulau Utara Aotearoa. Takitimu juga merupakan seorang kepala sekolah di Toihoukura di Gisborne.

Keahliannya dalam perubahan iklim dan dorongannya untuk memperjuangkan masalah adat dan lingkungan memberinya kemampuan untuk memimpin Aotearoa (Selandia Baru) dengan integritas. Selain itu, Takitimu memimpin unjuk rasa selama 40 hari melawan Petrobras, perusahaan minyak Brasil, yang berhasil mencegah eksplorasi terencana wilayah laut dalam Te Whanau a Apanui untuk ekstraksi minyak.


6. Dorte Krause-Jensen

Dorte Krause-Jensen
Dorte Krause-Jensen (Cred: Ejlif Rasmussen/nordjyske.dk)

Profesor Universitas Aarhus, Denmark

Krause-Jensen adalah seorang profesor di Departemen Ilmu Ekosistem dan Ekologi Laut di Universitas Aarhus, Denmark.

Ia membantu menghitung stok karbon di lanskap alami, dengan kata lain, menghitung jumlah penyerapan karbon yang terjadi di lingkungan alami khususnya lingkungan laut dengan tujuan mengembangkan solusi iklim berbasis alam.

Secara khusus, pekerjaannya melibatkan peran makroalga dalam penyerapan karbon di laut dan produksi primer bersih di lingkungan pesisir.

7. Catherine Sarah Young

<p>Catherine Sarah Young (Cred: The Apocalypse Project)</p>

Seniman, desainer, dan penulis asal Filipina/Australia

Young merupakan seorang seniman Filipina yang berbasis di Australia. Menggabungkan ilmu pengetahuan, seni, dan desain, ia menggunakan persepsi untuk mengkomunikasikan realitas perubahan iklim dan menyerukan tindakan.

Dalam karyanya tahun 2016, "The Sewer Soaperie", dia menggunakan air limbah untuk membuat sabun.

Karya tersebut merupakan sorotan setelah salah satu siklon tropis terkuat di dunia melanda Filipina pada tahun 2013, menewaskan setidaknya 6.300 orang. Banjir akibat siklon menyebabkan sistem pembuangan meluap. Karya seni Young menyoroti bagaimana banyak kota tidak dilengkapi dengan infrastruktur untuk mendukung laju perubahan iklim.

Dalam karyanya tahun 2014, "The Ephemeral Marvels Perfume Store", ia membuat parfum dari aroma yang diperkirakan akan hilang akibat perubahan iklim antropogenik, termasuk kopi, pantai, madu, anggur, dan es. Karya ini dimaksudkan agar manusia menghubungkan aroma dengan kenangan dan memotivasi mereka untuk bertindak melindungi iklim.

Contoh hebat lainnya adalah karya seni tahun 2021 "The Weighing of the Heart", di mana Young membuat patung hati manusia dari sisa-sisa kebakaran hutan Australia.

8. Melina Laboucan-Massimo

<p>Melina Laboucan-Massimo (Cred: Sacred Earth Solar)</p>

Pendiri Sacred Earth Solar & Co-Founder dan Senior Director of Indigenous Climate Action, Kanada

Laboucan-Massimo adalah pendiri Sacred Earth Solar, sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk membawa energi terbarukan ke komunitas adat di seluruh Kanada.

Ia juga merupakan co-founder dan Senior Director of Indigenous Climate Action (ICA), yang mengintegrasikan pengetahuan dan hak-hak adat ke dalam solusi perubahan iklim. Secara khusus, Laboucan-Massimo dan ICA telah memberikan suara kepada masyarakat adat dalam debat iklim dengan melakukan penelitian dan menerbitkan beberapa publikasi, termasuk "Decolonising Climate Policy in Canada" dan "Indigenous-led Climate Policy".

 


9. Nicola Kagoro (Chef Cola)

Nicola Kagoro
Nicola Kagoro "Chef Cola" (Cred: Eat Forum)

Koki, Zimbabwe

Kagoro, lebih dikenal sebagai Chef Cola, adalah koki vegan dari Zimbabwe dengan tujuan membawa budaya vegan ke negara tersebut dengan menyediakan solusi makanan berbasis tumbuhan yang kreatif dan terjangkau untuk komunitasnya.

Ia baru-baru ini berbicara di konferensi iklim PBB di COP28 di Dubai tentang pentingnya diet vegan dan emisi gas rumah kaca yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan diet karnivora.

"Gaya hidup vegan menghasilkan 75% lebih sedikit emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan mereka yang makan lebih dari 3,5 kilogram daging sehari. Jika ini bukan solusi jelas untuk masalah global, saya tidak bisa melihat cara yang lebih baik ke depan," katanya.

10. Winnie Cheche

<p>Winnie Cheche (Cred: rootsofafrika/Global Citizen)</p>

Aktivis iklim, Kenya

Terakhir tetapi tidak kalah penting dalam daftar wanita yang memimpin perjuangan melawan perubahan iklim adalah Winnie Cheche, seorang konservasionis, blogger lingkungan, dan pemimpin komunikasi di Kenya Environmental Action Network (KEAN), sebuah komunitas akar rumput yang mempromosikan perlindungan dan kebijakan lingkungan.

Tujuannya adalah untuk mendidik kaum muda Kenya dan mempromosikan pentingnya keberlanjutan, konservasi, dan tindakan iklim melalui blognya. Dia berpegang pada keyakinan bahwa "kita adalah penjaga alam dan itu adalah tugas kita untuk melindunginya."

INFOGRAFIS JOURNAL_ Berbagai Polusi Berdampak pada Perubahan Iklim
INFOGRAFIS JOURNAL_ Berbagai Polusi Berdampak pada Perubahan Iklim (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya