9 Fakta Menarik Sapi yang Belum Banyak Diketahui, Ternyata Hewan Cerdas dan Peka

Sapi, hewan yang sering kita temui ini ternyata adalah hewan yang unik dan memiliki kepekaan tinggi. Berikut 9 fakta tentang sapi yang mungkin belum banyak diketahui.

oleh Santi Rahayu diperbarui 19 Jun 2024, 14:05 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2024, 14:05 WIB
Ilustrasi hewan ternak, sapi
Ilustrasi hewan ternak, sapi. (Photo created by wirestock on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sapi adalah salah satu hewan ternak yang paling umum dan ikonik. Orang-orang yang sering berinteraksi bersama mereka kemungkinan besar akan setuju bahwa sapi adalah hewan yang spesial dengan kepribadian yang unik.

Namun, pengetahuan kita yang terbatas terhadap sapi membuat kita berpikir bahwa sapi tidak memiliki kecerdasan dan kepekaan. Tapi tahukah Anda? Sapi sebenarnya adalah hewan yang pintar dan memiliki kepekaan yang tinggi.

Ini dia 10 fakta tentang sapi yang perlu Anda ketahui untuk menambah wawasan tentang hewan unik ini, seperti yang dilansir dari Bcspca, Rabu (18/6/2024):

1. Tidak Semua Ternak adalah Sapi

Ilustrasi hewan ternak sapi untuk qurban (Istimewa)

Ternak sering secara informal disebut sebagai sapi, namun, hal ini tidak selalu akurat secara teknis. Ada beberapa istilah yang berbeda untuk sapi, tergantung pada usia dan status reproduksinya.

Sapi umumnya dikenal sebagai seekor sapi betina yang telah melahirkan setidaknya satu anak sapi.

2. Sapi adalah Hewan yang Sangat Sosial dan Memiliki Kehidupan Sosial yang Kompleks

Ilustrasi hewan ternak sapi (Istimewa)

Sapi sering kali menjalin persahabatan seumur hidup yang kuat satu sama lain. Kadang-kadang mereka bahkan memilih teman terbaik mereka pada hari yang sama saat mereka dilahirkan. Ketika terpisah dari teman-temannya, sapi akan merasa stres.

Sapi saling membantu dan belajar satu sama lain. Mereka bahkan membentuk 'kemitraan perawatan' untuk menjaga kebersihan dan kerapian satu sama lain, seperti simpanse.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Tidak Seperti Anggapan pada Umumnya, Sapi Sebenarnya Hewan yang Sangat Cerdas

Ilustrasi sapi
ilustrasi sapi by unsplash

Hewan sosial seperti sapi harus cerdas karena mereka berinteraksi satu sama lain dengan cara yang kompleks. Mereka memiliki rasa ingin tahu dan mampu berpikir kritis serta memecahkan masalah, dan bahkan menunjukkan kegembiraan dan tanda-tanda kesenangan saat mereka memecahkan masalah.

Hal ini menunjukkan bahwa sapi memiliki kesadaran diri dan dapat mengerti tindakan mereka sendiri.

4. Sapi Memiliki 25.000 Hingga 35.000 Indra Perasa

<p>Ilustrasi sapi, kurban, Iduladha. (Photo by Jimmy Chan on Pexels)</p>

Jumlah indra perasa yang dimiliki sapi ini dua sampai tiga kali lebih banyak daripada yang dimiliki manusia. Jumlah pengecap yang banyak membantu mereka membedakan tanaman beracun dan tidak beracun.

Kuncup pengecap juga memungkinkan sapi untuk menikmati makanan manis dan asin sehingga mereka bisa mendapatkan energi dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tetap sehat.


5. Sapi Memiliki Ingatan yang Luar Biasa

ilustrasi sapi ankole
ilustrasi sapi ankole watusi by unsplash

Sapi memiliki kemampuan ingatan yang luar biasa, mereka dapat mengingat lokasi penting seperti air, tempat berteduh, dan anak sapi baru lahir. Mereka juga bisa membedakan manusia, sapi lain, dan hewan lain berdasarkan bentuk dan warna mereka. Penting untuk bersikap baik saat berinteraksi dengan sapi karena mereka akan mengingat perlakuan Anda.

Jika Anda bersikap baik, sapi akan bersikap ramah, namun satu pengalaman buruk saja dapat membuat mereka menyimpan dendam dan sulit mempercayai orang lain untuk waktu yang lama.

6. Sifat Sapi yang Unik dan Memiliki Berbagai Macam Emosi

Pemberian vaksin LSD terhadap hewan ternak sapi di Kabupaten Lumajang (Istimewa)

Seperti halnya manusia, setiap sapi itu unik, dan memiliki ciri-ciri kepribadian yang berbeda. Ada yang pemberani, ada yang pemalu, ada yang ingin tahu, dan ada juga yang suka dimanja.

Mereka semua memiliki kesukaan dan ketidaksukaan yang berbeda, dan dapat mengalami emosi mulai dari rasa sakit dan kesedihan hingga kebahagiaan.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa sapi saling bergantung satu sama lain untuk mendapatkan dukungan emosional. Sebagai contoh, sapi terbukti tidak terlalu stres saat ditangani oleh manusia jika dibiarkan melakukan kontak fisik dengan atau bahkan hanya melihat teman kawanannya.


7. Sapi Memiliki Indra Penciuman yang Sangat Kuat

ilustrasi sapi zebu
ilustrasi sapi zebu

Hidung mereka yang luar biasa dapat mendeteksi bau hingga 10 kilometer jauhnya. Hal ini membantu mereka untuk menavigasi lingkungan sekitar mereka.

Sebagai contoh, sapi dapat mendeteksi aroma hormon stres yang ada dalam urin sapi lain, yang membantu mereka menghindari bahaya.

8. Sapi Suka Mencari Kesenangan dan Senang Bermain

Ilustrasi peternak, peternakan sapi. (Photo by Bailey Alexander on Unsplash)

Sapi saling berpacu, bertarung, bermain-main, dan mengejar bola. Anda bahkan mungkin pernah melihat video sapi yang berlari, berjingkrak-jingkrak, dan melompat ketika berada di luar.

Bermain bersama membantu sapi mempelajari banyak keterampilan sosial yang mereka butuhkan untuk berinteraksi satu sama lain.

9. Sapi Memiliki Penglihatan Tepi yang Luar Biasa

<p>Ilustrasi anak sapi. (Photo by Nighthawk Shoots on Unsplash)</p>

Dengan mata di kedua sisi kepala mereka, sapi memiliki bidang penglihatan hampir 360 derajat. Sekitar dua kali lipat dari bidang penglihatan manusia.

Penglihatan panorama sapi memungkinkan mereka untuk melihat ke segala arah tanpa menggerakkan kepala. Dengan cara ini, mereka dapat selalu yakin bahwa tidak ada sesuatu yang berbahaya yang akan menghampiri mereka.

Infografis Sapi 1 Ton Kurban Presiden
Infografis Sapi 1 Ton Kurban Presiden
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya