Presiden AS Joe Biden Positif COVID-19 Lagi dan Isoman di Kediaman Delaware, Begini Kondisinya

Presiden Joe Biden dinyatakan positif COVID-19 pada momen penting dalam kampanye pemilihan kembali dirinya sebagai presiden pada Pemilu AS 2024.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 18 Jul 2024, 07:50 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 07:41 WIB
Presiden AS Joe Biden mengacungkan jempol saat bersiap menaiki Air Force One di Las Vegas pada 17 Juli 2024, setelah dinyatakan positif Covid-19. (Pool)
Presiden AS Joe Biden mengacungkan jempol saat bersiap menaiki Air Force One di Las Vegas pada 17 Juli 2024, setelah dinyatakan positif Covid-19. (Pool)

 

Liputan6.com, Delaware - Presiden Joe Biden positif COVID-19 pada Rabu (17/7/2024), sehingga mengganggu acara kampanye penting yang dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan pemilih Latin pada saat kritis dalam pemilu.

Joe Biden yang berusia 81 tahun, mengalami gejala ringan dan telah menerima dosis pertama obat antivirus Paxlovid, menurut dokternya.

“Saya merasa baik-baik saja,” kata Joe Biden yang telah divaksinasi lengkap dan mendapat suntikan booster kepada wartawan pada hari Rabu (17/7) di Las Vegas, sambil mengacungkan jempol sebelum menaiki Air Force One untuk menuju ke kediamannya di Delaware seperti dikutip dari CNN, Kamis (18/7/2024).

Presiden Joe Biden akan melakukan isolasi mandiri (Isoman) di kediaman Delaware sesuai dengan pedoman Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Joe Biden dan para ajudannya telah berulang kali menyebut penghentian kampanyenya baru-baru ini sebagai demonstrasi kekuatannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat, sebuah upaya untuk meredakan kekhawatiran yang berkembang di dalam partai. Acara hari Rabu (17/7) di Las Vegas – di mana ia diperkirakan akan berbicara pada konferensi tahunan UnidosUS – dianggap sebagai contoh keterlibatan langsung tersebut, dalam hal ini dengan koalisi yang beragam.

Kendati demikian acara UnidosUS terhenti karena berita bahwa presiden dinyatakan positif COVID-19 setelah seharian aktif berpartisipasi dalam wawancara dan bertemu pemilih di supermarket lokal.

“Saya baru saja menelepon Presiden Biden. Dan beliau menceritakan kekecewaannya yang mendalam karena tidak dapat bergabung dengan kami (Rabu 17 Juli) sore ini. Presiden telah menghadiri banyak acara seperti yang kita semua tahu dan dia baru saja dinyatakan positif mengidap COVID,” kata Presiden Joe Biden dan CEO UnidosUS Janet Murguía kepada para hadirin, dengan suara terengah-engah, setelah Biden terlambat satu setengah jam dari jadwal penampilannya di atas panggung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Diketahui Di Mana Joe Biden Tertular COVID-19

Presiden Joe Biden dan Maritza Rodriguez, penasihat Biden untuk Presiden Latina, menyapa pengunjung di Restoran Meksiko Linda Michoacan, saat singgah di Las Vegas, pada 17 Juli 2024. (Susan Walsh/AP)
Presiden Joe Biden dan Maritza Rodriguez, penasihat Biden untuk Presiden Latina, menyapa pengunjung di Restoran Meksiko Linda Michoacan, saat singgah di Las Vegas, pada 17 Juli 2024. (Susan Walsh/AP)

Tidak jelas di mana dan kapan presiden tertular COVID-19. Namun diagnosis yang tiba-tiba ini akan menempatkannya di balik pintu tertutup pada saat anggota parlemen dari Partai Demokrat berteriak-teriak untuk melihatnya tampil di depan umum.

CDC merekomendasikan untuk tinggal di rumah sampai orang yang terinfeksi tidak mengalami demam – tanpa obat penurun demam – setidaknya selama 24 jam dan gejalanya membaik selama 24 jam. Kemudian merekomendasikan penggunaan masker selama lima hari setelahnya.

Mengenai jadwal Joe Biden dalam beberapa hari mendatang dan kemampuannya untuk tetap berinteraksi, seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada CNN bahwa Presiden Joe Biden pernah menderita COVID-19 sebelumnya dan melewati masa-masa tersebut dengan melakukan banyak panggilan video. Hal serupa diperkirakan akan terjadi di hari-hari mendatang, kata pejabat itu.

Sumber kampanye secara terpisah mengatakan kepada CNN bahwa tim kampanye Biden akan melakukan penyesuaian kembali dan melakukan upaya semaksimal mungkin dari jarak jauh.

Biden juga berada di kediamannya di Pantai Rehoboth, Delaware, akhir pekan lalu, dan melakukan panggilan telepon kepada kelompok-kelompok penting anggota parlemen, yang beberapa di antaranya masih menyimpan kekhawatiran mendalam tentang kelangsungan hidupnya sebagai kandidat.


Seruan Joe Biden untuk Mundur

Joe Biden Dikabarkan Positif Covid-19
Presiden AS Joe Biden menaiki Air Force One saat ia meninggalkan Bandara Internasional Harry Reid, dalam perjalanan ke Delaware di Las Vegas, Nevada, Rabu (17/7/2024). (Kent Nishimura / AFP)

Upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump tampaknya membuat seruan publik agar Biden mundur dari jabatannya sebagai calon dari partai tersebut. Namun hal tersebut kembali terjadi saat Biden kembali berkampanye minggu ini.

Hanya beberapa jam sebelum Gedung Putih mengumumkan diagnosis COVID-19 Biden, Perwakilan California Adam Schiff, seorang kandidat Senat dan mantan ketua Intelijen DPR, menjadi tokoh Demokrat terpilih yang paling menonjol yang secara terbuka meminta presiden untuk mundur dari pencalonan.

Partai tersebut masih belum yakin mengenai masa depan Biden di tengah kekhawatiran bahwa, mengingat kinerja debatnya yang buruk bulan lalu, Biden tidak dapat mengalahkan Trump dan berisiko menjatuhkan Partai Demokrat dalam persaingan pemungutan suara dengannya pada bulan November. Trump akan secara resmi menerima nominasi presiden dari Partai Republik pada Konvensi Nasional Partai Republik minggu ini di Milwaukee.

Terlepas dari diagnosis Biden, Wakil Presiden Kamala Harris tetap akan tetap hadir pada hari Kamis (18/7) di acara kampanye di Fayetteville, North Carolina, sesuai rencana, kata seorang staf administrasi pada Rabu malam. Adapun suami Harris, Doug Emhoff, dinyatakan positif mengidap COVIDd-19 awal bulan ini – meskipun wakil presiden dinyatakan negatif virus tersebut pada saat itu.

 


Riwayat Infeksi COVID-19 Joe Biden

Joe Biden Dikabarkan Positif Covid-19
Presiden Joe Biden dinyatakan positif Covid-19 pada hari Rabu, kata Gedung Putih. (AP Photo/Susan Walsh)

Joe Biden, yang terlihat tidak mengenakan masker pada hari Rabu (17/7) sebelum menaiki Air Force One, mengenakan masker di dalam mobil dan mengenakannya di dalam pesawat menuju Delaware, kata seorang pejabat Gedung Putih.

Biden mengalami “gejala pernafasan bagian atas, termasuk rhinorhea (pilek) dan batuk non-produktif, disertai rasa tidak enak badan secara umum,” demikian catatan dari dokter yang diberikan oleh sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre.

“Dia merasa baik-baik saja untuk acara pertamanya hari itu, tetapi karena dia tidak merasa lebih baik, dilakukan tes COVID-19 di tempat perawatan, dan hasilnya positif virus COVID-19,” lanjut catatan itu.

Presiden AS Joe Biden pertama kali dinyatakan positif COVID-19 pada Juli 2022 dan mengalami kasus kedua yang disebut kasus rebound pada beberapa hari berikutnya.

Adapun Joe Biden telah menerima beberapa suntikan booster vaksin COVID-19 terakhir pada September 2023, menurut memo dari dokternya. Saat pertama kali mengidap penyakit ini, ia mengalami gejala ringan, termasuk pilek, kelelahan, suhu tinggi, dan batuk, serta diobati dengan Paxlovid.

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya