6 Hakim di Pakistan Tolak Campur Tangan Badan Intelijen dalam Sejumlah Kasus Peradilan

Enam hakim senior IHC menulis surat kepada kepala hakim Mahkamah Agung yang menyebut Badan Intelijen Pakistan mencampuri masalah peradilan

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 21 Jul 2024, 04:05 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 10:17 WIB
Palu hakim
Ilustrasi palu hakim pengadilan. (Sumber Pixabay)

Liputan6.com, Karachi - Hakim Pengadilan Tinggi Islamabad (IHC) baru-baru ini menyuarakan penolakan mereka terhadap campur tangan badan intelijen Pakistan dalam masalah peradilan.

Awal tahun ini, enam hakim senior IHC menulis surat kepada kepala hakim Mahkamah Agung yang menuduh badan mata-mata Pakistan mencampuri masalah peradilan dan menggunakan taktik-taktik "intimidasi" seperti pengawasan rahasia dan bahkan penculikan dan penyiksaan terhadap anggota keluarga mereka.

Menurut laporan Al Jazeera, dalam surat tertanggal 25 Maret 2024, keenam hakim IHC mendesak Dewan Peradilan Tertinggi (SJC), pengawas peradilan Pakistan yang terdiri dari kepala hakim negara itu, dan empat hakim tinggi lainnya untuk menyelidiki tuduhan terhadap pejabat yang tergabung dalam badan intelijen utama militer Pakistan, Inter-Services Intelligence (ISI).

"Kami yakin sangat penting untuk menyelidiki dan menentukan apakah ada kebijakan berkelanjutan dari cabang eksekutif negara, yang dilaksanakan oleh agen intelijen yang melapor ke cabang eksekutif, untuk mengintimidasi hakim, di bawah ancaman paksaan atau pemerasan, untuk merekayasa hasil peradilan dalam masalah yang berdampak politis," bunyi surat itu.

Menurut sebuah opini yang diterbitkan di harian berbahasa Inggris terkemuka di Pakistan, Dawn, awal minggu ini, dikutip dari asianlite, Sabtu (20/7/2024).

Selain itu, pertanyaan juga diajukan tentang gelar hukum Hakim Jahangiri yang memimpin pengadilan pemilu di Islamabad, menurut laporan.

Serupa dengan itu, Hakim Sattar, yang telah mendengarkan kasus kebocoran audio, tampaknya telah menarik kemarahan karena mempertanyakan peran badan mata-mata negara dalam penyadapan telepon yang tidak sah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengakuan Hakim

Ilustrasi bendera Pakistan (pixabay)
Ilustrasi bendera Pakistan (pixabay)

Hakim Sattar, dalam suratnya kepada kepala hakim IHC beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa ia diminta oleh seorang pejabat keamanan tinggi untuk tidak mengajukan tuntutan.

Sambil menjatuhkan denda masing-masing sebesar Rs 500.000 kepada Badan Investigasi Federal (FIA), Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA), dan Otoritas Regulasi Media Elektronik Pakistan (PEMRA), Hakim Sattar mengisyaratkan akan memulai proses tersebut terhadap lembaga-lembaga tersebut.

Seperti yang diharapkan, tindakan tersebut memicu kampanye jahat terhadap hakim tersebut tidak hanya di media sosial tetapi juga di bagian media elektronik arus utama.

 


Kebijakan Kabinet di Pakistan

Bendera Pakistan
Kedutaan besar Pakistan di Indonesia merayakan Hari Nasional Pengibaran Bendera Pakistan, Sabtu (24/03/2024). (Liputan6.com/Fitria Putri Jalinda).

Kabinet Pakistan awal minggu ini memberi wewenang kepada ISI untuk melacak dan menyadap panggilan melalui sistem telekomunikasi apa pun, lapor Dawn.

Media itu juga menambahkan bahwa keputusan tersebut tentu akan berdampak pada kasus kebocoran audio.

Hakim Malik Shehzad, yang baru-baru ini diangkat ke Mahkamah Agung, adalah hakim lain yang menjadi sasaran kampanye kejam tersebut.

Sebagai kepala hakim Pengadilan Tinggi Lahore, Hakim Shehzad cukup vokal menentang campur tangan eksekutif dalam proses peradilan.

Ia mengajukan tuntutan penghinaan terhadap pejabat negara atas pengaduan yang diajukan oleh hakim ketua pengadilan antiterorisme di Sargodha yang menuduh adanya pelecehan oleh lembaga tersebut, sebagaimana dilaporkan oleh Dawn.

Menurut Dawn, seseorang dari Mansehra di provinsi Khyber Pakhtunkhwa mengajukan pengaduan terhadapnya, yang didasarkan pada kecelakaan mobil, yang terjadi sekitar dua tahun lalu, dan yang diduga melibatkan anggota keluarga Hakim Shehzad.

Dawn melaporkan bahwa pemerintah Pakistan sama sekali tidak bersuara mengenai masalah tersebut, dan pernyataan beberapa menteri kabinet dan pejabat PML-N memperkuat kecurigaan bahwa pemerintah mendorong kampanye tersebut oleh sebagian media.

Infografis Adu Kekuatan Tempur Pakistan Vs India
Infografis Adu Kekuatan Tempur Pakistan Vs India. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya