Turis Hilang 'Ditelan' Sinkhole Kuala Lumpur, Dukun Malaysia Bertindak

Dukun Malaysia itu ke sinkhole di Kuala Lumpur, mengenakan kacamata hitam, jas gelap, dan songkok, serta ditemani oleh seorang asisten.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 29 Agu 2024, 21:09 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 21:09 WIB
Sinkhole di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur, Malaysia. (AP/ Vincebt Thian)
Sinkhole di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur, Malaysia. (AP/ Vincebt Thian)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Dukun Malaysia Ibrahim Mat Zin – yang terkenal karena menggelar ritual dengan kelapa dan bambu untuk membantu menemukan pesawat Malaysia Airlines yang hilang dan membersihkan negara dari kabut asap – telah menawarkan bantuan untuk menemukan turis hilang yang jatuh ke sinkhole di Kuala Lumpur pekan lalu.

Namun, pihak berwenang menolak akses bomoh ke sinkhole tersebut, dan para pemimpin agama ingin dia menjelaskan tindakannya.

Melansir The Straits Times, Kamis (29/8/2024), pada Rabu 28 Agustus Ibrahim pergi ke lokasi kejadian di Jalan Masjid India, tempat turis wanita tersebut jatuh ke lubang amblas sedalam 8 meter pada 23 Agustus. Dia mengenakan kacamata hitam, jas gelap, dan songkok, dan ditemani oleh seorang asisten.

Meskipun polisi melarangnya mendekati sinkhole tersebut, dia memercikkan air yang dia klaim sebagai special water atau air spesial yang bersumber dari dasar air terjun di Perak.

Perkakas kelapa dan bambu yang terkenal sering dia gunakan dalam ritualnya tidak ada.

Dukun Ibrahim, yang juga dikenal sebagai Raja Bomoh atau Raja Dukun, mengatakan kepada media Malaysia bahwa ia hanya "ingin membantu" karena korban, Nyonya Vijayalaksmi dari negara bagian Andhra Pradesh di India, masih hilang setelah pencarian intensif selama berhari-hari.

"Saya meminta polisi untuk mengizinkan saya melihat sinkhole tetapi ditolak masuk," kata Dukun Malaysia itu.

"Saya hanya ingin membantu dan memastikan semua orang aman."

Ny. Vijayalaksmi, 48 tahun 'ditelan' sinkhole yang muncul tiba-tiba di trotoar di Jalan Masjid India, saat ia berjalan menuju kuil di dekatnya.

Pihak berwenang yakin wanita itu kemudian tersapu ke dalam terowongan pembuangan bawah tanah saat air menyembur akibat hujan deras baru-baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aksi Dukun Ibrahim Tuai Kritik Mufti

Sinkhole di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur, Malaysia. (AP/ Vincebt Thian)
Sinkhole di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur, Malaysia. (AP/ Vincebt Thian)

Dukun Ibrahim bukan satu-satunya orang yang menggunakan cara-cara tidak konvensional untuk membantu menemukan korban.

Empat orang yang membawa bunga krisan kuning juga berada di lokasi kejadian pada tanggal 28 Agustus untuk melakukan ritual keagamaan.

Namun, tindakan Ibrahim telah menyebabkan kantor mufti mengatakan bahwa mereka akan memanggil dukun untuk memberikan penjelasan.

Menteri Agama Malaysia Na'im Mokhtar mengatakan kepada portal berita Free Malaysia Today bahwa tindakan Ibrahim telah menyebabkan keresahan publik dan kesalahpahaman tentang Islam di antara masyarakat. Ia menambahkan bahwa Tn. Ibrahim sedang diawasi oleh kantor mufti Wilayah Federal karena praktik ritualnya sebelumnya.

Laporan polisi sebelumnya telah diajukan terhadapnya karena diduga mencoreng citra Islam.

Aksi Ibrahim menuai ejekan luas setelah ia dan asistennya memegang kelapa hijau besar di atas kepala mereka dan menggunakan teropong bambu sebagai bagian dari ritual untuk menemukan Pesawat MH370 yang hilang.

Pesawat Boeing 777 itu menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014, dengan 239 orang di dalamnya.

Setahun kemudian, Ibrahim membaca doa di atas balok es yang diletakkan di atas panci baja untuk membersihkan negara itu dari kabut asap. Ia juga menggunakan teropong bambu dalam ritual itu.

Pada tahun 2017, Ibrahim kembali menjadi sorotan karena melakukan ritual untuk melindungi Malaysia dari serangan nuklir Korea Utara.

Menurut sebuah video yang menjadi viral, ritual itu melibatkan dirinya dan tiga asisten yang berdiri di dalam air setinggi mata kaki dengan dua buah kelapa, sepasang tongkat yang digunakan sebagai teropong, lima meriam bambu, karpet, dan semangkuk air laut.

Ia membaca doa sepanjang ritual itu dan kemudian melemparkan kelapa-kelapa itu ke dalam air.

Ini terjadi setelah memburuknya hubungan diplomatik antara Malaysia dan Korea Utara menyusul pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di Bandara Internasional Kuala Lumpur tahun itu.


2 Sinkhole Muncul di Kuala Lumpur Malaysia, 1 Orang yang

Sinkhole di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur, Malaysia. (AP/ Vincebt Thian)
Sinkhole di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur, Malaysia. (AP/ Vincebt Thian)

Sebuah sinkhole atau lubang dilaporkan terbentuk di Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (23/8). Seorang wanita berkewarganegaraan India jadi korban.

Operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) terhadap wanita warga negara India yang jatuh ke lubang amblas di Jalan Masjid India Kuala Lumpur itu sudah memasuki hari keenam. Dengan teknik flushing (pembilasan) dilakukan di sebuah sinkhole.

Laporan The Star yang dikutip Rabu (28/8/2024) menyebut upaya untuk menemukannya sejauh ini sia-sia.

Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) mengatakan teknik pembilasan telah dilakukan secara bertahap sejak Minggu (25 Agustus) malam.

"Namun, setelah dua kali penyiraman, korban belum ditemukan. Tadi malam, Indah Water Konsortium mulai menyiram di lubang got kelima, yang berlanjut hingga pukul 02.00 dini hari Senin (26/8).

Pencarian tim SAR dilanjutkan Senin pagi.

Pemeriksaan oleh Bernama menemukan bahwa putra korban, yang dikenal sebagai Surya, 26 tahun, berada di lokasi pencarian sekitar pukul 09.00 pagi untuk mengikuti perkembangan SAR.

Sebagian besar tempat usaha di daerah tersebut masih tutup, dengan hanya beberapa pedagang yang mulai beroperasi pada pukul 09.00 pagi hari Senin.

Personel media juga hadir di lokasi tersebut sejak pukul 08.00 pagi untuk mengikuti perkembangan terbaru tentang operasi tersebut.

Wali Kota Kuala Lumpur Maimunah Mohd Sharif memberikan jaminan bahwa pihak berwenang akan terus mengambil tindakan tindak lanjut dengan IWK dan lembaga lain, untuk mencegah terbentuknya lebih banyak sinkhole.

Adapun operasi pencarian dan penyelamatan Vijayalaksmi sempat dibatalkan pada 27 Agustus karena hujan lebat. Namun pada 28 Agustus, operasi untuk menemukan kembali berjalan lancar, dengan polisi, Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, DBKL dan personel Pasukan Pertahanan Sipil di tempat kejadian.

Petugas yang bertanggung jawab di distrik polisi Dang Wangi, Asisten Komisaris Suliezmy Affendy Sulaiman, sejauh ini sudah mengonfirmasi munculnya lubang pembuangan kedua.

Dalam insiden Jumat (23/8) pagi, turis India, yang diidentifikasi sebagai Vijayalaksmi, 48 tahun, menghilang setelah jatuh ke dalam lubang sedalam 8 meter. Dia sedang berjalan ke kuil terdekat untuk sarapan ketika tanah tiba-tiba runtuh.

Jika dihitung, sejak 23 Agustus hingga 29 Agustus 2024, sudah tujuh hari Vijayalaksmi belum juga ditemukan.


Muncul Sinkhole Kedua di Dekat Lokasi Sinkhole Pertama

Sinkhole di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur, Malaysia. (AP/ Vincebt Thian)
Sinkhole di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur, Malaysia. (AP/ Vincebt Thian)

The Straits Times menyebut sinkhole alias lubang amblas kedua muncul di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur – hanya 50 meter dari tempat tanah terbelah pada 23 Agustus dan menelan seorang turis India – meningkatkan kekhawatiran tentang keselamatan daerah populer tersebut.

Tanah amblas kedua tersebut dilaporkan terjadi pada 28 Agustus sekitar pukul 2.30 dini hari, menyusul badai pada malam sebelumnya.

Pada 28 Agustus, seluruh jalan ditutup untuk semua kendaraan dan publik, dibandingkan dengan hari sebelumnya, ketika polisi hanya menutup area sekitar 500 m di sekitar lubang amblas asli.

Seorang petugas dari Departemen Mineral dan Geosains terlihat mengamati jalan tersebut dengan radar penembus tanah. Ia terlihat berhenti di lokasi antara lubang amblas asli dan yang baru selama beberapa menit sebelum menginjak tanah dan melompat-lompat, seolah-olah untuk menguji integritas trotoar berbatu.

Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Razarudin Husain tiba di lokasi sekitar pukul 11.20 pagi, dan memeriksa lubang pembuangan baru tersebut sebelum diberi pengarahan di tenda operasional kepolisian. Kendati demikian ia tidak berbicara kepada media.

Dalam pernyataan pers, Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) mengatakan telah memblokir akses ke jalan menggunakan garis polisi dan penghalang air.

“Kami telah mengambil tindakan cepat, bersama dengan Indah Water Konsortium (perusahaan pengelolaan limbah yang melayani Kuala Lumpur, juga dikenal sebagai IWK), untuk memeriksa pipa pembuangan air limbah di lokasi dan daerah sekitarnya,” kata pernyataan tersebut.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya