4 Langkah Jitu Agar Tak Dihantui Nyeri Sendi OA

Penyakit Osteoarthritis (OA) atau nyeri sendi tak bisa dianggap enteng.

oleh Risa Kosasih diperbarui 04 Nov 2015, 15:45 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2015, 15:45 WIB
Peneliti Bilang, Lari Tidak Menyebabkan Penyakit Sendi
Lari tidak menyebabkan terjadinya penyakit Osteoarthritis (OA)

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit Osteoarthritis (OA) atau nyeri sendi tak bisa dianggap enteng. Pasalnya, OA tidak dapat disembuhkan secara total sehingga pengobatan dapat dilakukan hanya untuk memperlambat kerusakan.

Dr. Adrian W. Tarigan, spesialis ortopedi dan traumalogy dari Rumah Sakit Jakarta memaparkan bahwa manajemen penanganan wajib dilakukan agar penderitanya dapat kembali aktif berkegiatan pada umumnya.

Ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mencegah Osteoarthritis, yakni sebagai berikut:

1. Mencegah obesitas atau kegemukan. "Berat badan pasti mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bergerak. Selama berat badan ideal, tak punya penyakit lain, maka tak ada pantangan dalam memakan," kata dr Adrian.

Namun, yang perlu digaris bawahi adalah porsi makan dalam sehari. "Jangan tidur sehabis makan karena akan terjadi penimbunan lemak. Lebih baik bangun tidur langsung makan," tutur sang dokter.

2. Selalu lakukan stretching atau peregangan sebelum berolah raga. Saat di kantor, tubuh Anda hanya digunakan untuk berdiri dan duduk.

3. Mengkonsumi suplemen yang mengandung glucosamine dan chondroitin, terutama yang sudah mengalami menopause. Kedua bahan ini mampu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kondisi persendian.

4. Jaga nutrisi agar selalu baik dan seimbang seperti perbanyak makan makanan laut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya