Tak Perlu Nge-gym, Ini 6 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke gym, ada berbagai opsi olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Apa saja?

oleh Tiara Laninda diperbarui 22 Jun 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 07:00 WIB
[Fimela] Olahraga di Rumah
Ilustrasi olahraga di rumah | unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan, tidur lebih baik, mengendalikan berat badan, dan mengurangi risiko kematian.

Meskipun manfaatnya sudah diketahui oleh semua orang, sebagian besar tidak memiliki waktu untuk berolahraga karena kehidupan yang sibuk.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hanya setengah dari orang dewasa yang berolahraga dengan cukup, seperti melansir Elite Medical Center.

Beberapa orang berpikir bahwa sulit untuk menyisihkan waktu 150 menit setiap minggu untuk berolahraga. Padahal, manfaatnya jauh lebih besar daripada sedikit ketidaknyamanan yang dirasakan.

Para ahli merekomendasikan untuk membagi olahraga menjadi 30 menit setiap hari selama lima hari dalam seminggu.

Tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke gym, ada berbagai jenis olahraga di rumah. Apa saja?

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan bentuk olahraga yang sering diabaikan, padahal sangat bermanfaat. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat memberikan perbedaan besar dalam kebugaran jantung, kekuatan tulang, dan penurunan lemak tubuh.

Selain itu, jalan kaki juga membantu mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Berbeda dengan jenis olahraga lainnya, jalan kaki tidak memerlukan pelatihan khusus. Jalan kaki gratis dan tidak memerlukan peralatan khusus, kecuali sepatu jalan yang nyaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Naik Turun Tangga

Naik Turun Tangga
Ilustrasi Naik Turun Tangga Credit: pexels.com/Merry

Aktivitas sederhana seperti naik atau turun tangga dalam aktivitas sehari-hari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Alih-alih menggunakan tangga, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan lift untuk melakukan mobilitas di tempat publik.

Jika gedung memiliki lebih dari 5 lantai, Anda bisa memulai dengan beberapa lantai menggunakan tangga, baru kemudian beralih ke lift untuk sisa perjalanan.

Secara perlahan, tambahkan satu lantai setiap kali sampai akhirnya bisa sepenuhnya menggunakan naik tangga sampai ke lantai tujuan.

Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa naik tangga membakar lebih banyak kalori per menit dibandingkan dengan jogging.


Latihan Tubuh Tanpa Beban

Ilustrasi Push Up (sumber: Freepik)
Ilustrasi Push Up (sumber: Freepik)

Latihan tubuh tanpa beban merupakan cara yang mudah dan efektif untuk membakar kalori, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan tubuh.

Tak perlu menggunakan alat gym khusus, latihan tubuh tanpa beban bisa dilakukan  di mana saja.

Ada banyak pilihan latihan, mulai dari plank, push-up, squat, jumping jack, push-up burpee, lunge, dan lain-lain.

Wall Sits

Meskipun terdengar sedikit membosankan, wall sits atau duduk di dinding melibatkan banyak kelompok otot dan membantu membakar banyak kalori.

Yang perlu dilakukan hanya menggunakan berat tubuh sendiri sebagai beban. Anda bisa melakukan duduk di dinding di mana saja. Pastikan kaki Anda membentuk sudut 90 derajat, sehingga paha sejajar dengan lantai. 

Selama melakukan wall sits, rapatkan perut dan rilekskan bokong sehingga punggung tetap lurus dengan dinding.


Tinju di Rumah

Ilustrasi olahraga tinju
Ilustrasi olahraga tinju. (Photo by Michael Starkie on Unsplash)

Tinju adalah cara yang bagus untuk melatih pikiran dan tubuh sekaligus. Tak perlu pergi ke gym, tinju untuk pemula dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan berat tubuh sendiri. 

Menurut para ahli kesehatan, latihan tinju dan bela diri dapat membakar hingga 600 kalori dalam satu jam sambil membentuk otot lengan, bahu, inti tubuh, dan kaki.

Yoga

Gerakan-gerakan peregangan, perputaran, dan lipatan dalam yoga membantu memperbaiki sistem pencernaan, sistem limfatik, peredaran darah, serta memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Beberapa gerakan yoga bisa membuat berkeringat dalam beberapa menit. Hal ini menunjukkan bahwa Anda sedang membakar kalori.

Tak perlu menggunakan matras yoga atau alat berat yang mahal, yoga di rumah dapat dilakukan dengan kain tebal sebagai alas agar tubuh terpisah dari lantai saat berlatih.

Banner Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya