Doa Jemaah Haji Sebelum Pulang ke Negara Masing-Masing, Lafaz, Latin, dan Artinya

Usai menjalankan rangkaian ibadah di Tanah Suci para jemaah haji akan kembali ke Indonesia. Sebelum pulang, jemaah haji dianjurkan untuk membaca doa.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 30 Jun 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 22:00 WIB
Doa Jemaah Haji Sebelum Pulang ke Negara Masing-Masing, Lafaz, Latin, dan Artinya
Usai menjalankan rangkaian ibadah di Tanah Suci para jemaah haji akan kembali ke Indonesia. Sebelum pulang, jemaah haji dianjurkan untuk membaca doa. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar).

Liputan6.com, Jakarta - Usai menjalankan rangkaian ibadah di Tanah Suci para jemaah haji akan kembali ke Indonesia. Sebelum pulang, jemaah haji dianjurkan untuk membaca doa.

Seperti dijelaskan Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar, jemaah haji ketika hendak meninggalkan Makkah menuju tanah airnya, maka dianjurkan berdoa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ، البَيْتُ بَيْتُكَ، وَالعَبْدُ عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، وَابْنُ أَمَتِكَ، حَمَلْتَنِي عَلَى مَا سَخَّرْتَ لِيْ مِنْ خَلْقِكَ، حَتَّى سَيَّرْتَنِي فِي بِلَادِكَ، وَبَلَّغْتَنِي بِنِعْمَتِكَ حَتَّى أَعَنْتَنِي عَلَى قَضَاءِ مَنَاسِكِكَ، فَإِنْ كُنْتَ رَضِيْتَ عَنِّي فَازْدَدْ عَنِّي رِضًى، وَإِلَّا فَمُنَّ الآنَ قَبْلَ أَنْ يَنْأَى عَنْ بَيْتِكَ دَارِي، هَذَا أَوَانُ انْصِرَافِي، إِنْ آذَنْتَ لِي غَيْرَ مُسْتَبْدِلٍ بِكَ وَلَا بِبَيْتِكَ، وَلَا رَاغِبٍ عَنْكَ وَلَا عَنْ بَيْتِكَ   اللَّهُمَّ فَأَصْحِبْنِي العَافِيَةَ فِي بَدَنِي وَالعِصْمَةَ فِي دِيْنِي، وَأَحْسِنْ مُنْقَلَبِي، وَارْزُقْنِي طَاعَتَكَ مَا أَبْقَيْتَنِي وَاجْمَعْ لِي خَيْرَيِ الآخِرَةِ وَالدُّنْيَا، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Allāhumma albaytu baytuka, wal ‘abdu abduka, wabnu ‘abdika wabnu amatika, hamaltanī alā mā sakhkharta lī min khalqika hattā sayyartanī fī bilādika wa ballaghtanī bi ni‘matika hattā a‘antanī ‘alā qadhā’i manāsikika, fa in kunta radhīta ‘annī fazdad ‘annī ridha, wa illā fa munnal āna qabla an yan’ā ‘an baytika dārī, hādzā awānu inshirāfī, in ādzanta lī ghayra mustabdilin bika wa lā bi baytika, wa lā rāghibin ‘anka wa lā ‘an baytika.   Allāḥumma fa ashhibnīl ‘āfiyata fī badanī wal ‘ishmata fī dīnī, wa ahsin munqalabī, warzuqnī thā‘ataka mā abqaytanī, wajma‘ lī khayrayil ākhirati wad duniyā, innaka ‘alā kulli syay‘in qadīr.  

Demikian lafaz dan tulisan latin dari doa meninggalkan Mekkah atau doa pulang haji yang dianjurkan untuk dibaca oleh para jemaah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arti Doa Sebelum Pulang ke Tanah Air

Doa Jemaah Haji Sebelum Pulang ke Negara Masing-Masing, Lafaz, Latin, dan Artinya
Doa Jemaah Haji Sebelum Pulang ke Negara Masing-Masing, Lafaz, Latin, dan Artinya. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023).

Artinya: “Ya Allah, Ka’bah ini adalah rumah-Mu, hamba ini adalah hamba-Mu; putra hamba-Mu (Adam) dan putra hamba-Mu (Hawa). Kau membawaku di atas kendaraan yang Kau tundukkan hingga Kau jalankan aku di berbagai negeri-M. Kau sampaikan aku dengan nikmat-Mu sehingga Kau membantuku dalam melaksanakan manasik-Mu. Jika Kau meridhaiku, tambahkan ridha-Mu bagiku. Jika tidak, maka karuniakanlah saat ini sebelum aku meninggalkan rumah-Mu menuju rumahku. Ini waktu keberangkatanku–bila Kaumengizinkanku–bukan untuk menggantikan-Mu dan rumah-Mu, bukan karena membenci-Mu atau rumah-Mu."  

"Ya Allah, temanilah aku dengan kesehatan jasmani dan perlindungan dalam agamaku, baguskan tempat pulangku, karuniakanlah aku ketaatan pada-Mu selama Kau berikan hidup padaku, kumpulkanlah padaku kebaikan dunia dan kebaikan akhirat, sungguh Kau maha kuasa atas segala sesuatu,” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar An-Nawawi, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 194),” mengutip NU Online, Jumat (30/6/2023).


Boleh Dibaca oleh Jemaah yang Sedang Haid

Doa Jemaah Haji Sebelum Pulang ke Negara Masing-Masing, Lafaz, Latin, dan Artinya.
Doa Jemaah Haji Sebelum Pulang ke Negara Masing-Masing, Lafaz, Latin, dan Artinya. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023).

Menurut Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU), Alhafiz Kurniawan, doa ini dibaca diawali dengan pujian kepada Allah dan shalawat nabi. Sebagaimana rangkaian doa pada umumnya.  

“Adapun jamaah haji perempuan yang sedang haid dianjurkan untuk tetap membaca doa ini di pintu masjid lalu beranjak pulang ke Tanah Airnya,” (Imam An-Nawawi, 2003 M/1424 H: 194),


Rencana Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia

Doa Jemaah Haji Sebelum Pulang ke Negara Masing-Masing, Lafaz, Latin, dan Artinya.
Doa Jemaah Haji Sebelum Pulang ke Negara Masing-Masing, Lafaz, Latin, dan Artinya. (Foto: Liputan6.com/Kemenag)

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1444 Hijriah/2023 Masehi.

RPH yang ditandatangani Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (RPH) Kemenag pada 16 Januari 2023 berisi rangkaian tahapan kegiatan penyelenggaraan ibadah haji. Mulai dari awal masuknya jemaah ke asrama haji, lalu terbang ke Tanah Suci, hingga kepulangan terakhir jemaah dari Madinah ke Indonesia.

Menurut RPH tersebut, mulai 4 Juli 2023, jemaah haji Indonesia dipulangkan ke Tanah Air secara bertahap. Akhir kedatangan jemaah haji di Indonesia dijadwalkan pada 16 Muharram 1445 H atau 3 Agustus 2023.

Infografis Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2023 dan Pergerakan Jemaah Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2023 dan Pergerakan Jemaah Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya