Kisah Pilu Bocah di Cirebon Depresi Karena HP Kesayangan Dijual Ibunya, Ini yang Terjadi

Viral Bocah SD di Cirebon Depresi Karena HP Kesayangannya Dijual Sang Ibu

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 15 Mei 2024, 10:09 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2024, 10:09 WIB
Viral Kisah Pilu Bocah Cirebon Depresi Karena HP Dijual Ibunya, Ini Kronologisnya (Foto: Youtube Liputan6)
Viral Kisah Pilu Bocah Cirebon Depresi Karena HP Dijual Ibunya, Ini Kronologisnya (Foto: Youtube Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - Kisah pilu bocah Cirebon, ARP, viral di media sosial karena dugaan depresi setelah ponsel kesayangannya dijual oleh sang ibu demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut ibu ARP, Siti Anita, ponsel tersebut adalah barang kesayangan ARP dan dibeli dari hasil menabungnya sendiri. Namun, kondisi ekonomi memaksa Siti untuk menjualnya.

"Iya (karena kebutuhan ekonomi), saya bingung keadaan enggak kerja, saya enggak jualan, terus suami juga delapan bulan enggak ngasih nafkah. Jadi, saya bingung, ada barang itu ya saya jual buat makan sehari-hari," kata Siti kepada awak media mengutip saluran Youtube Liputan6 pada Rabu, 15 Mei 2024.

Siti menjelaskan bahwa hp dijual tidak dilakukan sembarangan tanpa sepengetahuan ARP. Sebelum menjualnya, dia telah meminta izin dari ARP dan berjanji akan mengembalikannya saat memiliki cukup uang.

"Mungkin itu barang yang dia senang, hasil nabung sendiri, jerih payah sendiri. Tapi, saya izin, enggak asal saya jual, saya izin 'A mama pinjam ya A, nanti mama balikin kalau punya uang mama beli lagi'," tambahnya.

Meskipun ARP telah mengizinkan ibunya untuk menjual ponselnya, ARP kerap terlihat sedih dan melamun setelah hp dijual. Ponsel tersebut biasanya digunakan oleh bocah di Cirebon untuk bermain game dan belajar, terutama saat masa pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bikin Pendidikan Bocah Cirebon ARP Terhambat

Viral Kisah Pilu Bocah Cirebon Depresi Karena HP Dijual Ibunya, Ini Kronologisnya (Foto: Youtube Liputan6)
Viral Kisah Pilu Bocah Cirebon Depresi Karena HP Dijual Ibunya, Ini Kronologisnya (Foto: Youtube Liputan6)

Siti tak menyangka bahwa dijualnya ponsel ARP menimbulkan masalah besar. Kondisi ARP yang mulanya sering melamun kini menjadi kerap mengamuk. Bocah yang baru menginjak kelas 6 SD itu bahkan sementara harus berhenti sekolah karena sempat mengamuk di kelas.

"Kelas enam baru dua bulan udah berhenti, sampai sekarang enggak berangkat lagi karena dia di sekolah pernah ngamuk, pernah gebrak meja jadi kan temen-temennya tuh takut," katanya.

"Semenjak itu, saya putuskan udah jangan sekolah dulu, kalau kayak gini nanti teman-temannya takutnya pada ketakutan atau ada yang bully," Siti menambahkan.


Kronologi Bocah Cirebon Depresi Hp Dijual, Menurut Disdik Kota Cirebon

Viral Kisah Pilu Bocah Cirebon Depresi Karena HP Dijual Ibunya, Ini Kronologisnya (Foto: Youtube Liputan6)
Viral Kisah Pilu Bocah Cirebon Depresi Karena HP Dijual Ibunya, Ini Kronologisnya (Foto: Youtube Liputan6)

Kasus viral ini pun menarik perhatian berbagai pihak, salah satunya Dinas Pendidikan Kota Cirebon.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Ade Cahyaningsih, telah menyambangi kediaman ARP. Ia melihat ARP menangis meraung-raung dan berusaha menenangkannya.

"Ananda ini menurut cerita dari Pak RT, Pak RW yang sudah kami dapat, anak ini mengumpulkan uang untuk mendapatkan handphone ini. Jadi beli handphone ini dari uang sendiri, menabung sendiri," kata Ade.

Dia menambahkan bahwa ARP adalah anak yang baik dan cerdas jika dilihat dari kelas satu hingga kelas enam.

"Anaknya baik dan kecerdasannya juga bagus, tidak ada masalah dari mulai kelas satu sampai kelas enam. Jadi memang permasalahan bermula dari penjualan handphone oleh ibunya yang kami juga tidak bisa menyalahkan pada akhirnya," ujar Ade.


Bocah Cirebon HP Dijual Alami Depresi Akibat Memendam Kesedihan

Ade menilai, ARP tak dapat mengungkapkan kesedihannya karena ia termasuk anak pendiam.

"Mungkin kesedihan anak ini tidak bisa keluar karena dia termasuk anak pendiam, jadi pulang ke rumah handphone sudah tidak ada karena dijual. Dimintain izin atau tidak, anak ke orangtua pasti tetap sayang tapi mungkin hatinya tidak nerima," katanya.

Ade pun menggali informasi terkait status ARP. Menurutnya, ARP memiliki kartu Indonesia pintar, Program Indonesia Pintar (PIP) diberikan, Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dari swadaya juga ada pemberian bantuan.

"Artinya, sebetulnya penanganannya ini sudah aman, hanya karena ini harus terkait terapi maka bantuan tidak hanya perlu yang dadakan tapi juga perlu berkelanjutan, konsisten, kontinyu, berkesinambungan," ujarnya.

Terapi berkelanjutan perlu diberikan karena Ade menilai ARP masih memiliki kemungkinan besar untuk kembali seperti sedia kala.

Sementara, untuk urusan pendidikan, Ade telah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk tidak mengeluarkan ARP. Pasalnya, ARP adalah anak dengan situasi khusus.   

INFOGRAFIS JOURNALAda Peningkatan Jumlah Remaja Alami Depresi?
INFOGRAFIS JOURNALAda Peningkatan Jumlah Remaja Alami Depresi? (Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya