Cuci Tangan Tanpa Sabun, Itu Percuma!

Lagu dan gerakan ini untuk mengampanyekan ke seluruh Indonesia kebiasaan cuci tangan dengan sabun tangan sebelum dan sesudah makan.

oleh Kusmiyati diperbarui 16 Agu 2013, 10:54 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2013, 10:54 WIB
cuci-tangan-130816b.jpg
Sebelum siap bersantap makan ku cuci tanganku penuh riang dari telapak dan pergelangan hingga tangan kita bebas kuman..

Sepenggal bait tersebut merupakan lagu ciptaan para (tenaga kesehatan) Nakes teladan di Puskemas Tingkat Nasional yang berjumlah 129 orang.

Hal ini dilakukan untuk mendukung kampanye gerakan cuci tangan pakai sabun. "Kami menciptakan lagu dan gerakan ini untuk mengampanyekan ke seluruh Indonesia untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun tangan sebelum dan sesudah makan," jelas dokter teladan asal Lampung, dr. Febrika Nurfajriah saat diwawancarai Liputan6.com, seperti ditulis Jumat (16/8/2013).

Tidak hanya lagu, namun gerakan-gerakan juga diciptakan dan ditunjukan di depan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp. A, MPH.

Gerakan seperti menari-menari kecil dengan tidak lupa menyelipkan gerakan mencuci tangan yang baik dan benar.

"Dengan terbiasa mencuci tangan pakai sabun maka dapat mengurangi masalah penyakit yang berasal dari bakteri, virus atau kuman," ujarnya. (Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya