Contoh Mind Mapping, Cara Kerja, Fungsi, dan Manfaatnya

Contoh mind mapping memberi gambaran pikiran.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 08 Apr 2022, 18:15 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2022, 18:15 WIB
Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang efektif
Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang efektif (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Contoh mind mapping punya beragam bentuk, warna, dan kegunaan. Mind mapping merupakan cara sederhana menguraikan ide atau pikiran. Contoh mind mapping memungkinkan peyusunnya merangkai ide secara visual. 

Contoh mind mapping bisa memberi gambaran pemetaan pikiran. Mind mapping bisa membantu menganalisis dan mengingat sebuah pemikiran. Melalui contoh mind mapping, kamu akan belajar memetakan ide dan langkah merealisasikannya.

Contoh mind mapping berisi gambar, garis, dan tautan. Contoh mind mapping bisa dibuat di kertas, papan tulis, atau dengan komputer. Mind mapping ini akan membantu menangkap pemikiran dan ide. Berikut contoh mind mapping, pengertian, dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(8/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa itu mind mapping?

Contoh mind mapping
Contoh mind mapping (sumber: Freepik)

Mind mapping adalah proses memvisualisasikan konsep menjadi lebih terurai dan mudah dipahami. Mind mapping biasanya berbentuk diagram dengan beragam bentuk dan warna. Mind mapping membantu menghubungkan ide-ide atau konsep-konsep terkait di sekitar pemikiran sentral.

Mind mapping adalah adalah cara grafis untuk mewakili ide dan konsep. Ini adalah alat berpikir visual yang membantu menyusun informasi, membantu menganalisis, memahami, mensintesis, mengingat, dan menghasilkan ide-ide baru dengan lebih baik.

Mind mapping sangat efektif untuk menyajikan ide-ide dengan lebih efektif. Dengan meletakkan ide atau pemikiran pada mind mapping, otak didorong untuk berpikir dari setiap perspektif. Mind mapping juga mendorong brainstorming. Otak akan mulai berpikir tentang hubungan antara gagasan daripada memandangnya sebagai daftar hierarkis. Mind mapping memadukan kata-kata, gambar, dan visual lainnya agar lebih mudah dipahami.


Cara kerja mind mapping

Contoh mind mapping
Contoh mind mapping (sumber: Freepik)

Mind mapping adalah diagram untuk mewakili tugas, kata, konsep, atau item terkait dan diatur di sekitar konsep pusat atau subjek menggunakan tata letak grafis non-linear yang memungkinkan pengguna untuk membangun kerangka kerja intuitif di sekitar konsep pusat.

Mind mapping dapat mengubah daftar panjang informasi monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat terorganisir yang bekerja sesuai dengan cara alami otak dalam melakukan sesuatu.

Melansir MindMapping.com, semua mind mapping memiliki beberapa kesamaan. Mereka memiliki struktur organisasi alami yang terpancar dari pusat dan menggunakan garis, simbol, kata, warna, dan gambar menurut konsep sederhana yang ramah otak.

Salah satu cara sederhana untuk memahami Mind Map adalah dengan membandingkannya dengan peta kota. Pusat kota mewakili ide utama; jalan utama yang mengarah dari pusat mewakili pikiran-pikiran kunci dalam proses berpikir; jalan atau cabang sekunder mewakili pikiran sekunder, dan seterusnya.


Contoh mind mapping yang baik

Contoh mind mapping
Contoh mind mapping (sumber: Freepik)

Kekuatan contoh mind mapping yang baik terletak pada kesederhanaannya. Berbeda dengan pencatatan tradisional atau teks linier, informasi pada mind mapping disusun sedemikian rupa sehingga lebih mirip dengan cara kerja otak yang sebenarnya.

Mind mapping merupakan aktivitas yang analitis dan artistik, ini melibatkan otak dengan cara yang jauh lebih kaya, membantu dalam semua fungsi kognitifnya. Mind mapping sangat cocok untuk brainstorming dan visualisasi konsep, menyajikan dan mengkomunikasikan ide, atau menguraikan laporan dan dokumen.


Karakteristik penting mind mapping

Contoh mind mapping
Contoh mind mapping (sumber: Freepik)

Melansir MindMapping.com, ada lima karakteristik dalam mind mapping. Ini meliputi:

- Ide utama, subjek atau fokus dikristalisasi dalam gambar sentral

- Tema utama memancar dari gambar sentral sebagai 'cabang'

- Cabang-cabangnya terdiri dari gambar kunci atau kata kunci yang digambar atau dicetak pada garis yang terkait

- Topik yang kurang penting direpresentasikan sebagai 'ranting' dari cabang yang relevan

- Cabang-cabang membentuk struktur nodal yang terhubung.


Fungsi mind mapping

Contoh mind mapping
Contoh mind mapping (sumber: Freepik)

Mind mapping dapat digunakan dalam berbagai situasi, mulai dari brainstorming, memilah masalah keluarga, pertemuan bisnis, membuat catatan dari buku atau kuliah, hingga merencanakan serangkaian program televisi. Melansir Mindmister, fungsi utama mind mapping adalah:

- menyusun informasi secara efektif

- meningkatkan pemahaman membaca

- meningkatkan produktivitas

- menginspirasi kreativitas

- meningkatkan daya ingat dan daya ingat


Manfaat mind mapping

Contoh mind mapping
Contoh mind mapping (sumber: Freepik)

Melansir Integrify, berikut manfaat membuat mind mapping:

Membantu menemukan solusi yang baik dan cepat

Otak memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks—dan alat bantu visual meningkatkan pembelajaran hingga 400 persen. Jadi, dengan mengatur pemikiran dan ide secara visual, seperti mind mapping, otak akan dapat memproses informasi lebih cepat dan lebih efektif. Ini akan mengarah ke solusi yang lebih baik dan lebih kreatif dalam kerangka waktu yang lebih singkat.

Menyimpan informasi

Retensi informasi adalah bagian penting dari brainstorming yang efektif. Mind mapping membantu menyimpan informasi lama setelah menyelesaikan sesi brainstorming.

Membuat kolaborasi lebih efektif

Mind mapping adalah teknik visual. Ini membuat etiap anggota tim dapat dengan mudah melihat pemikiran dan ide rekan kerja mereka dan menambahkan ide mereka sendiri ke dalam peta. Dan jika sebuah topik di peta memicu sebuah ide, mereka dapat dengan cepat mengambil penanda, menarik garis dari topik itu, dan menambahkan ide mereka ke peta.

 

 

 


Manfaat mind mapping

Contoh mind mapping
Contoh mind mapping (sumber: Freepik)

Meningkatkan produktivitas

Mind mapping dapat membantu menemukan solusi yang lebih baik dan lebih kreatif, membantu menyimpan informasi penting dengan lebih mudah, dan berkolaborasi dengan lebih baik. Berkat manfaat tersebut, mind mapping juga bisa membuatmu lebih produktif.

Membantu menghafal

Mind mapping adalah teknik yang mirip dengan lokus untuk mengingat dan mengingat informasi. Pada dasarnya, mereka akan mengembangkan visual mental untuk hal-hal yang perlu mereka ingat, memungkinkan mereka mengingat sejumlah besar informasi. Visual dalam mind mapping lebih mudah disimpan dalam memori daripada jenis format representasional lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya