14 Manfaat Udara bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-hari, Kenali Unsur-unsurnya

Manfaat udara sangat penting untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 23 Agu 2022, 11:15 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi Bernapas
Ilustrasi Bernapas Sumber: Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Manfaat udara sangat penting untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Contoh paling nyatanya tentu adalah untuk bernapas. Semua makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernapas. Tanpa udara, manusia dan makhluk hidup lainnya tentunya akan mati dan tidak bisa hidup.

Udara adalah campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan tidak berbau (seperti oksigen dan nitrogen) yang memenuhi ruangan di atas bumi seperti kita hirup apabila kita bernapas. Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakan benda.

Udara adalah salah satu jenis sumber daya alam karena memiliki banyak fungsi bagi makhluk hidup. Apabila makhluk hidup bernapas, kandungan oksigen berkurang, sementara kandungan karbon dioksida bertambah. Ketika tumbuhan menjalani sistem fotosintesis, oksigen kembali dibebaskan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022) tentang manfaat udara.


Unsur-Unsur Udara

Unsur-Unsur Udara
Ilustrasi Humidifier Credit: pexels.com/Tommy

Sebelum mengenali manfaat udara, kamu perlu memahami unsur-unsurnya terlebih dahulu. Mengutip sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id, udara terdiri atas tiga unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Udara kering merupakan unsur utama pembentuk udara, terdiri atas nitrogen, oksigen, dan lain-lain.

Dalam udara terdapat pula uap air yang berasal dari hasil penguapan (evaporasi). Proses pemanasan oleh cahaya matahari mengakibatkan tubuh-tubuh air seperti sungai, danau, dan laut, sebagian akan berubah menjadi uap air yang mengisi udara di atasnya. Karena itu, uap air tersebar tidak merata di permukaan bumi. Persebaran uap air bergantung pada intensitas atau tingkat penyinaran matahari dan keberadaan tubuh-tubuh air di suatu wilayah.

Selain udara kering dan uap air, dalam udara juga terdapat aerosol. Aerosol merupakan benda-benda berukuran kecil yang karena beratnya sangat ringan, ia mampu melayang-layang di udara. Aerosol dengan mudah dapat kita lihat ketika ada cahaya matahari yang masuk lewat celah pada suatu bangunan. Benda-benda kecil yang melayang-layang akan terlihat dengan jelas. Aerosol, sangat bermanfaat untuk kondensasi dan pembentukan hujan.


Manfaat Udara bagi Manusia

Bernapas
Ilustrasi Bernapas Credit: unsplash.com/EliDeFaria

Manfaat udara bagi manusia sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Melansir sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id, manfaat udara secara umum adalah sebagai berikut:

1. Untuk bernapas. Manusia memerlukan udara untuk bernapas. Semua makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernapas. Tanpa udara, manusia dan makhluk hidup lainnya tentunya akan mati dan tidak bisa hidup.

2. Proses fotosintesis. Tumbuhan memerlukan udara untuk fotosintesis, yaitu pembentukan zat makanan karbohidrat oleh tumbuhan. Zat makanan yang dihasilkan juga sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia dan binatang.

3. Pembangkit listrik. Melalui energi kincir angin.

4. Pamanfaatan energi. Dimanfaatkan untuk perahu layar.

5. Penyebaran spora. Penyebaran spora melalui angin.

6. Sebagai penyejuk. Ruang terbuka membuat sirkulasi udara mudah sehingga ruangan menjadi sejuk.

7. Pengolah makanan. Udara membantu pengeringan ikan asin.

8. Menyerap radiasi sinar matahari. Udara juga berfungsi melindungi kehidupan di bumi dari sinar ultraviolet dan benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi. Lapisan udara atau atmosfer yang menyelubungi bumi menyaring radiasi ultraviolet yang dapat mengganggu kehidupan di bumi. Benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi juga akan hancur di udara sebelum sampai ke bumi.

9. Sebagai jaringan telekomunikasi. Pemancar telekomunikasi.


Manfaat Udara bagi Kesehatan Manusia

Melancarkan Pernapasan
Ilustrasi Pernapasan Credit: pexels.com/Gilbert

Selain memahami manfaat udara secara umum, kamu juga perlu mengenali manfaat udara untuk kesehatan. Melansir rspkusolo.com, manfaat udara bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menyehatkan saluran pernapasan

Manfaat udara untuk kesehatan yang pertama yaitu berkaitan dengan saluran pernapasan. Polusi udara dikenal sebagai penyebab atas berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan pernapasan. Dalam skala kecil, udara yang kotor dapat mengakibatkan sesak napas, batuk, penumpukan lendir di jalan napas, serta radang tenggorokan.

2. Menurunkan risiko penyakit kronis

Manfaat udara, terutama udara bersih berikutnya adalah menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular (sakit jantung dan stroke) hingga beberapa jenis kanker. Dengan menghirup udara segar, kamu juga akan jarang sakit-sakitan.

3. Memperpanjang usia

Manfaat udara bersih juga memperpanjang usia seseorang. Gas beracun dari udara yang sudah tercemar polusi dapat menyebabkan kematian. Namun, penyebab kematian ini bisa dicegah bila memastikan udara yang dihirup bersih dan sehat, serta minim dari paparan gas beracun.

4. Meningkatkan stamina dan fokus

Ketika sudah terbiasa menghirup udara bersih, kamu akan merasakan tubuh lebih segar dan berenergi sehingga dapat beraktivitas dengan lebih prima. Tak hanya itu, udara yang bebas polusi juga akan membantu otak bekerja lebih optimal. Jadi, manfaat udara bersih ini bisa membuat kamu jadi lebih fokus beraktivitas.

5. Memperbaiki mood

Manfaat udara bersih juga akan terasa pada kesehatan mental, yakni membuat kamu merasa lebih bahagia dan tidak mudah stres. Jadi, jika kamu merasa sedang jenuh, cobalah berjalan di taman yang rindang dan jauh dari keramaian, kemudian tarik napas panjang agar tubuh kembali rileks.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya