Apa yang Dimaksud dengan Ragam Hias? Simak Definisi, Pola, dan Jenis-Jenisnya

Ragam hias adalah visualisasi dalam suatu karya kerajinan atau seni yang bertujuan untuk menghias.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 15 Des 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 16:00 WIB
Apa yang Dimaksud dengan Ragam Hias? Simak Definisi, Pola, dan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi Lukisan. (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan ragam hias merupakan bentuk dasar hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi pola dalam suatu karya kerajinan atau kesenian. Ragam hias ini termasuk ke dalam seni rupa yang memiliki keunikan tersendiri.

Meski sudah banyak tersebar di Nusantara, namun masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami apa yang dimaksud dengan ragam hias. Ragam hias dikenal juga sebagai ornamen yang memiliki arti setiap hiasan bergaya geometrik atau yang lainnya.

Apa yang dimaksud dengan ragam hias bisa kita temui dalam arsitektur, atau kebutuhan dekoratif lainnya. Ragam hias bisa menjadi ungkapan jiwa manusia terhadap keindahan. Pengertian ragam hias sangat terkait dengan cita rasa keindahan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa yang dimaksud dengan ragam hias beserta pola dan janisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/12/2022).


Apa yang Dimaksud dengan Ragam Hias

Apa yang Dimaksud dengan Ragam Hias? Simak Definisi, Pola, dan Jenis-Jenisnya
ilustrasi ragam hias (sumber: Unsplash)

Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemdikbud, apa yang dimaksud dengan ragam hias adalah visualisasi dalam suatu karya kerajinan atau seni yang bertujuan untuk menghias. Karya ragam hias ini dapat muncul berupa motif tenunan, gambar pada kain (misalnya batik), songket, ukiran, atau pahatan pada kayu/batu. Ragam hias dapat dibuat dari stilasi (stilir) sebuah objek asli sehingga bentuknya lebih bervariasi.

Apa yang dimaksud dengan ragam hias juga biasa disebut Ornamen berasal dari bahasa Yunani "ornare" yang artinya hiasan atau menghias. Menghias berarti mengisi kekosongan suatu permukaan bahan dengan hiasan, sehingga permukaan yang semula kosong menjadi tidak kosong lagi karena terisi oleh hiasan.

Definisi lain mengenai apa yang dimaksud dengan ragam hias adalah komponen produk seni yang ditambahkan atau disengaja dibuat dengan tujuan sebagai sarana memperindah atau sebagai hiasan. Pembuatan ragam hias ini untuk menambah nilai artistik dari suatu benda atau produk yang akhirnya pula akan menambah nilai ekonomi dari benda atau produk tersebut.

Sedangkan menurut Gustami dalam bukunya yang berjudul Nukilan Seni Ornamen Indonesia (1978) menjelaskan ornamen adalah komponen produk seni yang ditambahkan atau sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan. Dengan kata lain, ornamen adalah penerapan hiasan pada suatu produk.


Pola-Pola Ragam Hias

Apa yang Dimaksud dengan Ragam Hias? Simak Definisi, Pola, dan Jenis-Jenisnya
Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

1. Pola simetris

Pola simetris terbentuk dari susunan motif-motif ragam hias dengan keseimbangan dan bentuk yang sama dalam susunannya.

2. Pola asimetris

Pola asimetris terbentuk dari komposisi yang tidak berimbang, namun memiliki proporsi, komposisi dan kesatuan yang harmoni.

3. Pola ragam hias menyudut

Pola ragam hias menyudut membentuk pola segi tiga dan umumnya memiliki bentuk ragam hias yang berbeda dan disesuaikan dengan bentuk ragam hias yang sudah ada.

4. Pola ragam hias tepi

Pola ragam hias tepi terbentuk dari pengulangan bentuk sebelumnya dan digunakan untuk menghias bagian tepi.

5. Pola ragam hias beraturan

Pola ragam hias beraturan terbentuk dari bidang dan corak yang sama yang susunan polanya merupakan pengulangan dari bentuk sebelumnya dengan ukuran yang sama.

6. Pola ragam hias tidak beraturan

Pola ragam hias tidak beraturan, pola ini lebih bervariasi karena terdiri dari beberpa motif yang berbeda dan tidak mengikuti pola proporsi dan komposisi yang seimbang.

7. Pola ragam hias gabungan

Pola ragam hias gabungan merupakan pola ragam hias memusat bentuk coraknya berdiri sendiri dan biasanya gabungan dari beberapa ragam hias dan membentuk ragam hias baru.


Jenis-Jenis Ragam Hias

Apa yang Dimaksud dengan Ragam Hias? Simak Definisi, Pola, dan Jenis-Jenisnya
Pengunjung melihat lukisan dalam pameran seni rupa "Sang Maha Guru" karya pelukis Nabila Dewi Gayatri di Jakarta, Kamis (22/11). Lukisan Gus Dur dipadu dengan berbagai tokoh dan ragam dimensi. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Dikutip dari buku Simbol Kearifan Lokal, Ragam Hias pada Media Kertas, berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis ragam hias adalah:

1. Ragam Hias Flora

Seperti yang kalian ketahui flora merupakan kumpulan tumbuhan. Ragam hias flora berarti ragam hias dengan inspirasi objek  gambar  alam  flora  atau  tumbuhan. Gambar yang ditampilkan pada ragam hias flora bisa secara utuh atau hanya bagian-bagian tertentu saja. Contoh ragam hias jenis ini yakni bunga, sulur-sulur, hingga dedaunan.

2. Ragam Hias Fauna

Ragam  hias  fauna  merupakan  ragam  hias  dengan inspirasi objek gambar fauna atau  binatang. Semua jenis binatang dapat dijadikan motif dalam ragam hias, dengan mengalami  perubahan  bentuk,  namun  tidak meninggalkan bentuk aslinya. Ragam hias dengan motif binatang  dapat  juga  dikombinasikan  tumbuhan  dengan berbagai gaya. Contoh ragam hias jenis ini adalah burung cendrawasih di Papua, komodo di Nusa Tenggara Timur, dan gajah di Lampung.

3. Ragam Hias Figuratif

Jenis ragam hias ini adalah ragam hias dari bentuk dasar manusia dengan penggayaan sehingga  menghasilkan  motif  ragam  hias  yang  indah. Ragam hias figuratif mengacu pada inspirasi bentuk figur manusia, baik secara keselurahan atau sebagian.

4. Ragam Hias Geometris

Ragam  hias  geometris  merupakan  pengembangan  dari bentuk-bentuk geometris  yang mengandung unsur-unsur garis, sudut,  bidang,  dan  ruang.  Garis-garis  yang  dibuat  bisa dalam bentuk garis lurus, melengkung, spiral, atau zig-zag. Ada pula dalam bentuk bidang, seperti lingkaran, persegi, persegi  panjang,  segitiga,  dan  juga  layang-layang.  Garis  dan  bidang  tersebut  dikombinasikan  sehingga  menghasilkan suatu ragam hias geometris yang indah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya