Aplikasi Islami Kesan Rilis Program Ramadan Euphoria, Hadirkan Kegiatan Tabligh Akbar untuk Maksimalkan Ibadah Ramadhan

Aplikasi Islami Kesan menghadirkan Program Ramadan Euphoria, hadirkan kegiatan tabligh akbar offline untuk maksimalkan ibadah di bulan suci Ramadhan.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 24 Mar 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2023, 15:00 WIB
Seorang pengguna tengah mengakses aplikasi Islami Kesan untuk menunjang ibadah Ramadhan-nya.
Seorang pengguna tengah mengakses aplikasi Islami Kesan untuk menunjang ibadah Ramadhan-nya. (Foto: Aplikasi Kesan).

 

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim kini tengah memasuki ibadah di bulan Ramadhan 2023. Keinginan mereka untuk belajar agama Islam pun kian tinggi saat Ramadhan. Hal ini menginspirasi aplikasi Islami Kesan untuk meluncurkan program barunya: Ramadan Euphoria.

Program Ramadan Euphoria ini diluncurkan Rabu, 22 Maret 2023, dan bertujuan untuk memudahkan pengguna belajar agama Islam secara online melalui aplikasi Kesan, juga ditambah kegiatan offline berupa tabligh akbar.

Mengutip keterangan resmi aplikasi Kesan, Kamis (24/3/2023), para peserta yang mendaftar melalui aplikasi akan memperoleh akses ke kajian harian online, buku Islami digital, tabligh akbar dalam format online dan offline, serta ujian pemahaman akhir untuk mendapatkan sertifikat.

CEO Aplikasi Kesan Hamdan Hamedan mengatakan, program ini bertujuan membantu umat muslim meningkatkan ilmu agama mereka masing-masing.

"Program Ramadan Euphoria ini diharapkan membantu upgrade iman dan ilmu segenap umat Islam dan juga agar umat Islam menyambut Ramadhan dengan penuh suka-cita atau euphoria. Oleh karenanya, kami membuka program ini gratis dan terbuka untuk umum," kata Hamdan.


Dirancang untuk Dukung Ibadah di Bulan Ramadhan

Lentera Hati dan Aplikasi KESAN Rilis Buku Digital Quraish Shihab
Doc: Istimewa

Aplikasi Kesan sendiri memiliki berbagai fitur yang dirancang untuk mendukung ibadah umat muslim selama bulan Ramadhan.

"Kami menyediakan fitur Al-Quran yang lengkap, dilengkapi dengan tafsir dan tajwid berwarna. Selain itu, Kesan juga menawarkan jadwal sholat, arah kiblat, ribuan buku Islami, sesi tanya jawab Islami online, serta kumpulan doa dan zikir Ramadhan," katanya.

Lebih lanjut Hamdan juga mengatakan, pengguna aplikasi Kesan juga bisa menikmati artikel Islami harian yang membahas topik fikih terkait Ramadhan.

Sejauh ini, aplikasi Kesan sudah diunduh lebih dari 700 ribu kali oleh para pengguna, baik di dalam maupun luar negeri. Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi Google Play, Apple Store, dan website www.kesan.id.


Rekomendasi Aplikasi di iOS untuk Dukung Ramadhan

Update iOS 16.3
Apple menggulirkan update iOS 16.3 dengan pembaruan minim tetapi bisa memperbaiki bug yang ada di iPhone pengguna, terutama iPhone 14 Pro series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Bagi pengguna iOS, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi App Store yang cocok untuk dicoba selama Ramadhan.

Aplikasi iOS untuk Ramadhan:

  1. Wajeez: Aplikasi ini berisi buku-buku bahasa inggris populer yang diringkas ke dalam bahasa Arab sehingga cocok untuk memperluas wawasan sastra pengguna.
  2. Abjjad: Pada aplikasi ini, pengguna dapat menyelami perpustakaan e-book yang luas. Perpustakaan ini berisi banyak judul internasional dan Arab, novel populer dan laris, buku anak-anak, serta beragam karya non-fiksi. 
  3. Yalla Ludo – Ludo & Domino: Aplikasi permainan Ludo dan Domino ini dapat dimainkan bersama teman online melalui obrolan. Tentunya, permainan macam ini cocok untuk menjaga keakraban dengan kerabat atau keluarga yang mungkin tidak dapat bertemu langsung. 
  4. Kammelna and Jawaker: Aplikasi ini menawarkan permainan kartu khas Arab yang menarik, seperti Baloot dan Tarneeb, serta dapat dimainkan bersama teman dan keluarga.

Rekomendasi Aplikasi di Android untuk Dukung Ramadhan

Ilustrasi aplikasi Muslim Pro.
Ilustrasi aplikasi Muslim Pro. (Foto: Dok. MuslimPro)

Tak hanya Apple Store, Play Store juga memiliki beberapa rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat pengguna coba selama bulan Ramadan.

Aplikasi Ramadhan di Android:

  1. Muslim Pro: Aplikasi ini akan meningkatkan pengalaman pemahaman pengguna terkait Ramadan dengan informasi yang lengkap, mulai dari waktu shalat, Al-Quran digital, arah kiblat, serta jadwal-jadwal di bulan suci.
  2. Ramadan Legacy: Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna memanfaatkan Ramadan dengan sebaik-baiknya dan menjaga kegiatan pengguna selama bulan Ramadan tetap terorganisir dengan perencanaan yang interaktif. 
  3. MyFitnessPal: Pertahankan asupan nutrisi pengguna selama Ramadhan dengan aplikasi yang membantu melacak makanan, kalori, dan olahraga harian, memastikan pengguna tetap sehat sepanjang bulan suci.
  4. Qara’a - Learn Quran: Qara’a - Learn Quran merupakan aplikasi belajar dan mengajar Al-Quran yang menawarkan pengalaman interaktif dan menyenangkan dengan teknologi kecerdasan buatan. Terdapat pula modul pembelajaran yang dilengkapi animasi dan gambar yang memperagakan cara melafalkan huruf Arab dengan benar.
  5. ShareTheMeal: Charity Donate: Pengguna dapat berpartisipasi memberikan amal untuk donasi dalam United Nations World Food Programme bersama aplikasi ini. ShareTheMeal memungkinkan pengguna memberikan makanan kepada orang-orang di seluruh dunia dengan hanya beberapa klik di ponsel pengguna, serta melihat persis ke mana donasi pengguna diberikan.
Infografis Hilal Ramadhan (Liputan6.com/Deisy Rika)
Infografis Hilal Ramadhan (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya