Doa Haji Mabrur agar Dapat Balasan Surga, Ketahui Tanda-tandanya

Mendapat gelar haji mabrur adalah sebuah keistimewaan dan merupakan amal yang paling utama. Rasulullah SAW menyebut orang yang hajinya mabrur akan mendapat balasan surga.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 06 Jun 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi haji (Istimewa)
Ilustrasi haji (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Haji adalah ibadah yang spesial. Waktu pelaksanaan ibadah ini hanya dilakukan setahun sekali, yakni pada bulan Dzulhijjah dan tempatnya hanya di Tanah Suci. Tentu saja banyak muslim yang mendambakan ibadah haji

Orang yang menunaikan ibadah haji berharap mendapat predikat mabrur. Haji mabrur adalah diterimanya ibadah haji seseorang yang dilaksanakan dengan memperhatikan syarat, rukun, wajib, dan perkara yang harus dihindari selama ibadah berlangsung.

Mendapat gelar haji mabrur adalah sebuah keistimewaan dan merupakan amal yang paling utama. Rasulullah SAW menyebut orang yang hajinya mabrur akan mendapat balasan surga.

“Dari sahabat Abu Hurairah ra, ketika ditanya, Apakah amal paling utama?, Nabi Muhammad saw menjawab: Iman kepada Allah dan rasul-Nya. Lalu apa lagi? sahabat bertanya. Jihad di jalan Allah, jawab Rasul. Kemudian apalagi?, sahabat bertanya. Haji mabrur, jawab Rasul.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada balasan yang pantas diberikan bagi haji mabrur kecuali surga.” (HR Bukhari).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Doa Haji Mabrur

Haji.
Ilustrasi pasangan suami dan istri naik haji. (Foto: Shutterstock)

Selain memperhatikan syarat, rukun, wajib, dan hal-hal yang mesti dihindari selama ibadah haji, muslim yang sedang menunaikan Rukun Islam kelima dapat mengamalkan doa agar haji mabrur. Berikut doanya.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَ سَعْيًا مَشْكُوْرًا وَ ذَنْبًا مَغْفُوْرًا

Allahummaj'al hajjan mabruran wa sa'yan masykuran wa dzanban maghfuran.

Artinya: "Semoga Allah menganugerahkan haji yang mabrur, usaha yang disyukuri dan dosa yang diampuni."


Tanda-Tanda Haji Mabrur

Ilustrasi ka'bah, ibadah haji
Ilustrasi ka'bah, ibadah haji. (Photo by Izuddin Helmi Adnan on Unsplash)

Mengutip NU Online, predikat mabrur adalah hak prerogatif Allah SWT yang disematkan kepada hamba sesuai kehendak-Nya. Meski demikian, ada pendapat yang mengatakan bahwa haji mabrur dapat dilihat dari perilaku setelah menjalankan ibadah haji dengan menjadi lebih baik dari sebelumnya dan tidak mengulangi perbuatan maksiat.

.وَقِيلَ : هُوَ الْمَقْبُولُ الْمُقَابَلُ بِالْبِرِّ وَهُوَ الثَّوَابُ، وَمِنْ عَلَامَةِ الْقَبُولِ أَنْ يَرْجِعَ خَيْرًا مِمَّا كَانَ وَلَا يُعَاوِد الْمَعَاصِي

Artinya: “Ada pendapat yang mengatakan: Haji mabrur adalah haji yang diterima (maqbul) yang dibalas dengan kebaikan berupa pahala. Sedangkan pertanda diterimanya haji seseorang adalah kembali menjadi lebih baik dari sebelumnya dan tidak mengulangi melakukan kemaksiatan.” (Jalaluddin as-Suyuthi, Syarhus Suyuthi Sunan an-Nasa’i).

Mengutip Muhammadiyah.or.id, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ruslan Fariadi menyebut dua tanda haji mabrur. Pertama adalah dermawan dan selalu menebar kedamaian. 

Tanda haji mabrur tersebut berdasarkan hadis riwayat Ahmad. “Dari Jabir ra. berkata; Rasulullah saw bersabda: Haji mabrur, tidak ada balasan baginya melainkan hanya syurga, Mereka bertanya, Wahai Nabiyullah apa itu haji yang mabrur? Beliau bersabda: Memberikan makanan dan menyebarkan salam.” (HR. Ahmad).

Tanda haji mabrur yang kedua adalah santun dalam bertutur kata. Dalam hadis disebutkan, “Dari Jabir ra. Berkata, Rasulullah SAW ditanya tentang haji mabrur. Rasulullah bersabda; Memberikan makanan dan santun dalam berkata.” (HR. al-Hakim dan al-Baihaqi: Hadis ini sahih sanadnya namun tidak diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim).

Wallahu a'lam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya