5 Trik Simpel Mendekorasi Ulang Ruang agar Tak Membosankan Saat Rapat Virtual

Menata ulang tak harus menghabiskan uang banyak. Rapat virtual pun menjadi menyenangkan.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 12 Jun 2020, 06:03 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2020, 06:03 WIB
5 Trik Simpel Menata Ulang Ruang Agar Tak Membosankan Saat Rapat Virtual
Ilustrasi rapat virtual. (dok. Pexels.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang kini terbiasa menggelar rapat virtual? Meski memasuki masa transisi yang memungkinkan orang lebih leluasa beraktivitas di luar rumah, kebiasaan ini diyakini akan terus berlanjut. 

SurveySensum menyebut, akibat pandemi COVID-19, frekuensi pertemuan dengan kerabat berkurang sampai 60 persen. Sementara, studi Alvara Research memperlihatkan sekitar 57,1 persen respondennya mengaku pernah mengikuti video conference secara online dengan keluarga, teman-teman atau rekan kerja.

Meski tak keluar rumah, bukan berarti bisa serampangan saat bertatap muka dengan mereka yang berada di tempat berbeda. Latar belakang saat menggelar rapat virtual haruslah diperhatikan agar tetap layak diekspos. 

"Agar komunikasi tersebut tetap menyenangkan dan jauh dari membosankan, penataan ulang ruang di rumah bisa menjadi alternatif yang menyegarkan. Tidak perlu membeli furnitur baru yang menguras kantong. Cukup memberi sentuhan dekor yang berbeda, plus upaya do-it-yourself yang sederhana," ujar Maharlika Kumastyo, E-Commerce Key Account Manager Divisi Power Tools, Bosch Indonesia, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 10 Juni 2020.

Sebelum kembali disibukkan dengan rapat virtual, tidak salah untuk menyambut new normal dengan dekorasi baru. Seperti apa? Simak lima trik simpel mendekorasi ulang  ide mendekor dari produsen power tools asal Eropa, Bosch.

1. Modal Geser

Maksudnya, Anda cukup memindahkan letak perabot yang sudah ada demi menciptakan suasana baru saat rapat virtual. Bila ingin terlihat lebih formal, pindahkan posisi rak buku agar tertangkap kamera ponsel.

Atau, mau terlihat lebih santai? Geser sofa menjadi latar belakang Anda. Menukar letak meja dan kursi yang tadinya di sebelah kiri ke bagian kanan ruangan ternyata berdampak, lho.

2. Hemat Duit dengan Do It Yourself

Bosan dengan perabot yang itu-itu saja? Anda bisa membeli furnitur baru, tentunya sesuai kebutuhan ya. Tapi, jangan pilih yang sudah jadi. Selain ongkos kirim lebih mahal, biasanya harga jualnya sudah termasuk biaya merakit.

Momen ini bisa dimanfaatkan dengan merakit sendiri perabot Anda. Siapkan peralatan pendukung yang tepat, Anda bisa mewujudkan perabot impian di rumah. 

3. Jangan Jadikan 'Mantan'

Maksudnya, meski sudah lama, tak perlu mempensiunkan coffee table di ruang tamu, meja makan, rak simpan atau kursi kayu Anda. Cukup sedikit sentuhan, seperti pengecatan ulang, bisa membuat furnitur tersebut tampak kinclong dan baru.

Sebelum memolesnya, ampelas dulu permukaan benda. Setelah itu, pulas dengan warna favorit Anda. Jadi seperti baru lagi, kan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


4. Rak Melayang Sedap Dipandang

5 Trik Simpel Menata Ulang Ruang Agar Tak Membosankan Saat Rapat Virtual
Ilustrasi memasang ambalan. (dok. Bosch/Dinny Mutiah)

Manfaatkan dinding polos Anda untuk memasang ambalan. Rak melayang di dinding itu tidak hanya menghemat ruang penataan, tetapi juga bisa jadi aksen menarik saat menggelar rapat virtual.

Setelah terpasang, letakkan beberapa buku, pajangan foto atau tanaman hias segar di atas ambalan. Niscaya, tembok Anda lebih menyegarkan di mata.

5. Galeri Mini di Dinding

Bisa dibilang ini ide pamungkas. Masih terkait tembok ruangan Anda yang kosong, manfaatkan bidang lapang itu sebagai lokasi untuk memasang lukisan favorit atau karya fotografi Anda. Ornamen seni yang simpel membuat suasana ruangan menjadi lebih artistik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya