Jungkook BTS Terlihat Menangis Saat Livestreaming, Kenali Rhinitis yang Jadi Penyebabnya

Para penggemar Jungkook BTS yang melihatnya menangis lalu melaporkan hal itu kepada anggota BTS lain, J-Hope.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 17 Mar 2023, 07:30 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2023, 07:30 WIB
Jungkook BTS Terlihat Menangis Saat Livestreaming, Kenali Rhinitis yang Jadi Penyebabnya
Jungkook BTS menggelar livestreaming selama 2,5 jam untuk menghibur ARMY saat penggemar melihatnya seperti menangis. (dok. Twitter @stargguck)

Liputan6.com, Jakarta - Jungkook BTS kembali menyapa penggemarnya lewat livestreaming di Weverse. Livestreaming yang terbagi dalam empat babak itu merupakan kejutan bagi penggemarnya pada Selasa, 14 Maret 2023. Selama 2,5 jam, Jungkook BTS menghabiskan waktu dengan ARMY membahas banyak hal, termasuk soal kecintaannya pada whiskey, musik yang diputarkan, menyanyikan sejumlah lagu, dan topik acak lainnya.

Selama livestreaming ke-3, maknae BTS memainkan musik santai di ruangannya seraya bercanda hendak mengajak para ARMY untuk meditasi dan akhirnya tertidur. Namun di akhir, dia terdiam dan memandang ke arah layar. Sejumlah penggemar melihat matanya berkaca-kaca sehingga mereka menduga Jungkook menangis.

Dikutip dari Koreaboo, Jumat (17/3/2023), penggemar yang khawatir lalu menanyainya. Dia pun segera mengklarifikasi bahwa ia tidak menangis, tetapi sedang membaca komentar. Ia juga menyebutkan soal rhinitis sebagai penyebab ia pilek ketika meminum alkohol. Karena itu pula, ia terlihat seperti menangis.

Kejadian itu lalu dilaporkan penggemar kepada J-Hope saat ia menggelar livestreaming spesial di Weverse, dua hari setelah itu. Selama acara, anggota BTS itu membaca komentar penggemar yang mengatakan bahwa Jungkook terlihat menangis selama live streaming. J-Hope spontan menanyai alasan si 'adik' menangis.

Tak berapa lama, J-Hope meyakinkan penggemar agar tidak perlu khawatir mengenai Jungkook. "Karena dia seorang anak yang kuat," ujar main dancer BTS tersebut.

Namun, sebagian ARMY tak terima dengan laporan penggemar di kolom komentar J-Hope. Meski mengapresiasi sikap J-Hope yang menunjukkan perhatian pada Jungkook, mayoritas kesal karena J-Hope harus khawatir atas sesuatu yang tak benar.


Apa Itu Rhinitis yang Dialami Jungkook BTS?

Jungkook BTS.
Jungkook BTS. (Twitter/BTS_Bighit)

Rhinitis adalah peradangan pada lapisan rongga hidung dan itu bisa terjadi karena alergi atau non-alergi. Penyakit itu juga bisa menular, seperti dilansir dari Healthline, 3 Februari 2022.

Rhinitis alergi dapat terjadi ketika Anda menghirup alergen. Itu juga bisa musiman, memengaruhi Anda pada waktu-waktu tertentu dalam setahun atau  memengaruhi Anda sepanjang tahun.

Rhinitis alergi mempengaruhi 40 hingga 60 juta orang Amerika, menurut American College of Allergy, Asthma, and Immunology. Rhinitis non-alergi tidak dipicu oleh alergen tertentu, melainkan disebabkan oleh satu atau lebih pemicu non-alergi. Ini dapat mempengaruhi seseorang untuk jangka waktu pendek atau lama.

Rhinitis alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang mendeteksi alergen, yang kemudian memicu reaksi alergi. Zat ini tidak berbahaya bagi kebanyakan orang.

Namun, jika seseorang alergi terhadap rhinitis, tubuhnya merespons seolah-olah itu berbahaya. Sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap alergen dengan memproduksi antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE). Hal ini menyebabkan sel-sel tertentu dalam tubuh melepaskan bahan kimia yang terlibat dalam respons inflamasi, termasuk yang dikenal sebagai histamin. Rangkaian kejadian ini menyebabkan gejala rhinitis. Rhinitis alergi musiman biasanya disebut "hay fever". Biasanya terjadi pada musim semi, musim panas, atau awal musim gugur.


Penjelasan J-Hope soal Rencana Wamil

J-Hope BTS
J-Hope menghadiri red carpet dalam 2022 Mama Awards di Osaka, Jepang, 30 November 2022. (Yuichi YAMAZAKI / AFP)

Sementara, J-Hope menggelar siaran langsung di Weverse pada 16 Maret 2023 untuk merayakan kemenangannya di M Countdown Mnet. Dia menyapa para penggemar untuk menyampaikan rasa terima kasihnya setelah dia meraih dua trofi.

"Aku datang ke sini untuk mengucapkan terima kasih," kata Hobi, sapaan akrabnya, dikutip dari Kbizoom.

Ia juga kembali menyinggung soal rencana wajib militer. Sebelumnya, J-Hope sudah mengajukan pembatalan penundaan wamil dan memulai proses pendaftaran wamil sekaligus meminta dukungan dari penggemar, menurut laporan dari Soompi, Minggu, 26 Februari 2023.

"Kami ingin memberi tahu penggemar bahwa J-Hope telah memulai proses pendaftaran militer dengan mengajukan penghentian penundaan pendaftarannya. Kami akan memberi tahu Anda tentang pembaruan lebih lanjut pada waktunya," terang BigHit Music selaku agensi yang menaunginya.

J-Hope mengatakan, "Aku tak bisa mengatakan kepadamu secara detail, tetapi waktunya sudah ditetapkan dan aku pikir ini saatnya aku mulai mempersiapkan wajib militerku."

Seorang penggemar menanggapinya dengan mengungkapkan harapannya agar J-Hope memeluk mereka sebelum mendaftar ke angkatan darat. J-Hope tersenyum dan mengatakan, "Aku akan memeluk kalian semua sebelum aku masuk wamil."

 


Akan Menjadi Anggota BTS Kedua yang Ikut Wamil

Photo J-Hope dalam Album Jack in The Box untuk Arson 1 via ibighit
ibighit.com/Jack in The Box

J-Hope akan menjadi anggota BTS kedua yang mendaftar wamil setelah Jin. J-Hope berbagi, "Setelah Jin hyung mendaftar, aku memikirkan kapan aku harus melakukannya, dan memutuskan bahwa akan lebih baik bagiku untuk pergi dan kembali secepat mungkin untuk menunjukkan sisi diriku yang lebih baik."

Jin menjadi anggota BTS pertama yang menjalani wajib militer pada 13 Desember 2023. Mengungkap bahwa dia berbicara dengan Jin di telepon, J-Hope berkata, "Segera setelah diumumkan, saya menerima pesannya yang mengatakan, 'Saya mendengar beritanya, J-Hope'. Saya bertanya kepadanya tentang berbagai hal dan apa yang perlu saya lakukan kemudian dia memberi saya nasihat."

Secara khusus, J-Hope berkata, "Kalian semua sangat mengenalku, kan? Berbagai konten telah saya siapkan secara matang yang dapat meredakan dan menghibur rasa rindu kalian terhadap saya selama masa wajib militer saya. Ada banyak hal yang telah saya syuting sebelumnya." Ia menambahkan, "Saya juga telah menyiapkan hadiah untuk kalian semua, jadi tolong nantikan itu."

Hadiah pertama yang disiapkan J-Hope adalah single solo. Dia merilis single solo "on the street (with J.Cole)" pada 3 Maret 2023. Lagu tersebut menduduki peringkat ke-60 di Tangga Lagu Utama Billboard 'HOT 100'.

'on the street (with J.Cole)' juga menempati posisi No.2 di ‘Digital Song Sales’ dan No.16 di ‘Global 200’ serta ‘Global Excl. KITA'. Selain itu, J-Hope mencetak rekor baru dengan menempati posisi ke-37 di 'TOP 100' dari UK Official Chart terbaru (dihitung dari 10--16 Maret) dengan single tersebut.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya