Lebih dari 4 Ribu Tiket Terjual Habis, Orkestra The Legends 9 Digadang-Gadang Lebih Populer dari Konser Musik Pop

Alih-alih tema klasik, konser musik orkestra The Legends 9 mengambil konsep lebih relevan yang diadopsi dari semesta Disney.

oleh Farel Gerald diperbarui 04 Nov 2023, 12:53 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2023, 12:15 WIB
The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar
(Ki-Ka) Adi Wijananda sebagai Product Manager Ciputra Artpreneur, Yonathan Nugroho sebagai CEO Trinity Optima Production (TOP), Dr. Nathania Karina selaku Music Director & Conductor dari TRUST, dan I Ketut Alam Wangsawijaya, EVP of Transaction Banking Business Development BCA saat konferensi pers The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar di Ciputra World Jakarta, Jakarta Selatan pada Jumat, 3 November 2023. (dok. Liputan6.com/Farel Gerald)

Liputan6.com, Jakarta - Antusiasme masyarakat terhadap konser musik orkestra di Indonesia dinilai semakin meningkat, setidaknya itu merujuk pada penjualan tiket pertunjukan "The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar," oleh Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) dan Ciputra Artpreneur, baru-baru ini.

Dilaporkan bahwa lebih dari empat ribu tiket konser tersebut habis terjual dalam hitungan jam. Sebelumnya, TRUST Orchestra dan Ciputra Artpreneur telah mengumumkan pertunjukan seri Konser "The Legends" ke-9 bertema "Adventures from Disney-Pixar" pada 4--5 November 2023.

Ini merupakan kelanjutan dari konser sebelumnya yang bertajuk "Symphonic Tales from Ghibli & Dreamworks" dan "Symphonic Tales from Ghibli" yang telah digelar pada 13--14 Mei 2023 dan 9--10 September 2023.

Tiket konser ini tersedia dalam empat kategori: Olaf (VIP) dengan harga Rp1,1 juta yang juga mencakup merchandise eksklusif, Dug (DIAMOND) seharga Rp600 ribu, Forky (GOLD) yang dibanderol Rp400 ribu, dan HeiHei (SILVER) senilai Rp250 ribu.

Habisnya tiket pertunjukan orkestra dini dinilai melebihi popularitas konser musik pop. "Ini merupakan fenomena unik, kata CEO Trinity Optima Production (TOP), Yonathan Nugroho, saat jumpa media di Ciputra World Jakarta, Jakarta Selatan pada Jumat, 3 November 2023.

Ia menyambung, "Terus terang, demand tiketnya lebih tinggi orkestra dibanding artis-artis pop saat ini, karena mungkin artis-artis pop saat ini sudah banyak banget event-nya." Yonathan menekankan bahwa orkestra memiliki segmen penggemar yang unik dan terbatas, sehingga ketika mengadakan konser, permintaannya selalu tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Orkestra Mulai Digandrungi Anak Muda

The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar
Lebih dari 4 ribu tiket untuk konser The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar habis terjual dalam hitungan jam. (dok. Liputan6.com/Farel Gerald)

Rekor penjualan tiket yang terjadi untuk ketiga kalinya secara berturut-turut di Ciputra Artpreneur menunjukkan bahwa konser orkestra tidak hanya dianggap sebagai hiburan biasa, melainkan jadi fenomena budaya yang terus berkembang di Indonesia.

"Masyarakat semakin menghargai musik orkestra dan mengikuti pertunjukan-pertunjukan yang ditawarkan," kata Yonathan lagi.

Ia mengungkap bahwa pihaknya ingin membuat pertunjukan yang dapat dinikmati masyarakat luas. Demi mencapai tujuan tersebut, mereka memilih tema yang sedang populer di kalangan publik.

"Kalau dulu orkestra kan identiknya dengan orang yang sudah mature. Ternyata ini anak mudanya banyak banget (yang minat nonton konser musik orkestra)," sebutnya.

Music Director & Conductor dari TRUST, Dr. Nathania Karina, menjelaskan bahwa judul dari perhelatan konser orkestra ini diambil dari tema animasi Disney dan Pixar. Ini juga merujuk pada petualangan yang telah dijalani komunitas orkestra TRUST selama 10 tahun terakhir.

"Jadi betul-betul satu perjalanannya itu panjang gitu," sebut dia.


Gebrakan Orkestra di Indonesia

The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar
Tiket untuk konser ini tersedia dalam empat kategori, yaitu Olaf (VIP) dengan harga Rp1,1 juta yang juga mencakup merchandise eksklusif, Dug (DIAMOND) dengan harga Rp600 ribu, Forky (GOLD) dengan harga Rp400 ribu, dan HeiHei (SILVER) dengan harga Rp250 ribu. (dok. Liputan6.com/Farel Gerald)

Nia, sapaan akrabnya, berkata, "Kami memilih lagu-lagu dari satu universe yang sama, yaitu Disney. Tapi, ada satu garis merah banget yang ingin kami tekankan, yaitu nilai-nilai tentang keluarga, nilai-nilai tentang tidak boleh menyerah."

Menurutnya, banyak sekali yang harus digali dari cerita animasi-animasi Disney yang ternyata punya banyak makna. "Karena banyak orang-orang banyak mempersepsikan Disney itu dengan Disney Princess. Tapi di balik princess itu, ada banyak yang bisa kita gali," ujar dia.

Nia juga berbicara tentang evolusi orkestra di Indonesia, di mana orkestra sebelumnya sering kali diidentikkan dengan musik klasik. Sekarang, mereka berusaha menjadikannya lebih inklusif, bahkan mengadopsi berbagai genre musik.

Ia juga membandingkan siklus orkestra dengan tren musik K-pop, di mana K-pop saat ini banyak mengambil inspirasi dari musik klasik. "Orkestra berupaya keluar dari stigma hanya terbatas pada musik klasik dan ingin mengembangkan kemampuan mengadaptasi berbagai genre musik," tuturnya.


Janjikan Pengalaman Imersif

The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar
Sebelumnya, TRUST Orchestra & Ciputra Artpreneur telah mengumumkan pertunjukan seri Konser "The Legends" yang ke-9 dengan tema "Adventures from Disney-Pixar" yang dijadwalkan pada tanggal 4--5 November 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. (dok. Liputan6.com/Farel Gerald)

Product Manager dari Ciputra Artpreneur, Adi Wijananda, juga ikut memberi pandangan tentang kolaborasi dengan TRUST dan fenomena musik orkestra yang semakin berkembang. Ia mengungkap bahwa ini adalah kali ketiga mereka berkolaborasi dengan TRUST, dan pihaknya melihat perkembangan positif dari kerja sama ini.

Ia mencatat, jarang sekali orkestra masuk ke dalam ranah topik yang sedang populer. Ia berharap bahwa kolaborasi berikutnya dapat menghadirkan konten lebih inovatif, serta menghadirkan pengalaman lebih mendalam dan imersif bagi penonton.

"Kita bisa bikin experience baru yang lebih imersif, yang tidak hanya nonton saja, tapi bisa memberi penontonnya pengalaman yang unforgettable," katanya.

I Ketut Alam Wangsawijaya, EVP of Transaction Banking Business Development di BCA, selanjutnya mengungkap bahwa industri hiburan adalah salah satu sektor yang sedang tumbuh pesat, dan konser seperti ini adalah contoh baik mengenai bagaimana industri hiburan memiliki efek yang sangat luas dalam ekosistem showbiz. 

Konser "The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar" akan diselenggarakan pada tanggal dan jam sebagai berikut:

  • 4 November 2023, pukul 16.00--18.00
  • 4 November 2023, pukul 19.00--21.00
  • 5 November 2023, pukul 13.00--15.00
  • 5 November 2023, pukul 16.00--18.00
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya