Amanda Rawles Mengaku Jerawatan Sejak Usia 17 Tahun, Ungkap Rahasia Perawatan Skincare Rutin Pagi dan Malam

Amanda Rawles mengatakan kondisi jerawat yang dialaminya sering datang dan pergi. Keadaan tersebut terutama berpengaruh pada kondisi hormon saat sedang masa pre-menstruasi.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 31 Mei 2024, 05:01 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 05:01 WIB
Amanda Rawles mengungkap problematika jerawat dan skincare rutin yang dipakainya
Amanda Rawles mengungkap problematika jerawat dan skincare rutin yang dipakainya. (Dok: IG @amandarawles https://www.instagram.com/p/C4K-UJrvCbG/?igsh=MWxrMjJmeTRraGkxcg==)

Liputan6.com, Jakarta - Sering terlihat wara-wiri di layar kaca lewat film maupun iklan televisi, wajah Amanda Rawles tampak selalu terawat. Namun siapa sangka, ternyata pemilik nama asli Amanda Carol Rawles itu juga memiliki problematika jerawat.

"Sebenernya untuk acne journey aku udah dari umur 17 tahun, delapan tahun yang lalu," ungkap Amanda saat acara The Real #AcneFighterProtector Talk Show di Senayan City Jakarta Selatan, Rabu, 29 Mei 2024.

Amanda yang kini ditunjuk sebagai Brand Ambassador Wardah itu mengatakan, kondisi jerawat yang dialaminya biasanya hilang dan timbul. Keadaan tersebut terutama berpengaruh pada kondisi hormon saat sedang masa pre-menstruasi.

Wanita 23 tahun itu juga mengakui, kondisi jerawat yang dialaminya juga berpengaruh dari pola makan dan pola tidur yang tidak teratur. Untuk mencegah munculnya jerawat, Amanda membeberkan rutinitas skincare yang ia pakai untuk pagi dan malam.

"Kalau pagi salah satu yang paling penting, skin preparation karena supaya make up menempel. Pertama wajib agar cuci muka, foaming, tonner dan serum baru langsung ke UV Shiled (sunscreen)," terangnya.

Sementara untuk malam hari, tahapan skincare yang dipakainya agak lebih rumit sedikit. Ia akan memastikan untuk double cleansing, untuk membersihkan sisa make up. "Abis cuci pakai, micelar water, dan toner, serum baru pakai gel mousturizer supaya mengunci (serum)," katanya lagi sambil mengatakan kadang-kadang ia menambahkan spot treatment untuk acne treatment. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Merasa Penting Pakai Sunscreen

Amanda Rawles
Amanda Rawles, pemeran utama film Laura berbagi momen saat nangis hingga tangan mati rasa di lokasi syuting. Ia sampai minta tolong Kevin Ardilova. (Foto: Bagus Chaidir dari Instagram @amandarawles)

Secara khusus, Amanda mengungkap pentingnya sunscreen. KMenurutnya, salah satu pemicu kulit jadi berjerawat yang ia alami adalah akibat polusi dan sinar UV.  "Penggunaan sunscreen penting, aku pakai setiap hari karena kalau misal kelamaan di luar terpapar sinar matahari jerawat ku jadi timbul," jelas pemeran film Dear Nathan itu.

Amanda juga mengatakan, cukup selektif dengan pemilihan sunscreen. Ia akan memikirkan tentang kenyamanan saat memakainya, sehingga tekstur sunscreen yang dipakainya harus ringan.

"Aku nggak suka sunscreen yang berminyak, jatuhnya bukan glowing malah lengket," kata aktris blesteran Australia tersebut.

Wanita kelahiran 25 Agustus 2000 ini juga menyebut, tidak suka sunscreen dengan efek whitecast atau yang menimbulkan kesan "cemong" pada wajahnya. Terakhir, Amanda akan memilih sunscreen yang mengandung nutrisi untuk kulit agar penggunaannya pun bisa sekaligus memudarkan bekas jerawat maupun menenangkannya.

Sebelumnya, penggagas Privee Clinic dr. Almond Wibowo menegaskan perbedaan sunscreen dan sunblock. "Terutama di bahan pembentuk," sebutnya di bilangan Jakarta Selatan, Rabu, 15 Mei 2024. "Sunscreen sifatnya agak sedikit oily, jadi udara panas atau uap panas (dari dalam tubuh) susah keluar. Istilah katanya, di wajah itu jadi demek."

Merawat kulit saat cuaca panas, idealnya, sambung dr. Almond, ia lebih menyarankan memakai sunblock daripada sunscreen. Sebagai konteks, sunblock, sesuai namanya, secara harfiah menghalangi sinar UV dengan membentuk perisai fisik. Sementara itu, sunscreen menyerap sinar UV sebelum menembus ke dalam kulit, rangkum Health.com.


Profil Amanda Rawles

amanda rawles
(Sumber: Instagram @amandarawles)

Mengenai profil Amanda, ia merupakan putri kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Shane Rawles dan Nasriyah. Amanda memiliki Australia dari ayahnya dan Betawi, Indonesia dari ibunya.

Amanda punya kakak perempuan bernama Annisa Rawles–yang juga berprofesi sebagai pemeran, serta adik laki-laki bernama Aiden Rawles. Semasa kecil ia pernah menjadi korban perundungan dari anak-anak laki-laki karena fisiknya dianggap hitam dan kurus.

Kini Amanda merupakan salah satu bintang muda yang cukup bersinar. Ia terkenal lewat layar lebar di film 7 Hari Menembus Waktu yang rilis pada 2015.

Di film ini Amanda masih memperoleh peran pendukung. Usai membintangi beberapa film layar lebar lain, Amanda berkesempatan menjadi pemeran utama wanita lewat film Promise (2017) berpasangan dengan Dimas Anggara.

Lalu namanya mulai menjadi sorotan saat menjadi pemeran utama wanita di film Dear Nathan berpasangan dengan Jefri Nichol yang kemudian juga berpasangan dengannya di beberapa film berikutnya. 


Menyanyi hingga Menulis Buku

Amanda Rawles
Amanda Rawles mengaku bertemu Laua Anna, yang meninggal dunia pada Desember 2021 dalam mimpi. Di situ, Laura Anna berbaju putih dan cantik banget. (Foto: Dok. Instagram @amandarawles)

Diketahui, adik dari model dan pemeran Indonesia, Annisa Rawles ini meneruskan pendidikan dibangku SMA melalui pendidikan sekolah di rumah karena kesibukannya meniti karier di dunia akting. Pada akhir Maret 2020, Amanda menjalani foundation studies–program dari universitas yang ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk perkuliahan sarjana, untuk S1 selama empat bulan di Universitas Macquarie, Sydney.

Pada 2021, Amanda menetap di Australia untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Universitas Macquarie jenjang S1 program studi Ilmu Komunikasi. Amanda mengambil jurusan tersebut karena sejalan dengan kariernya di industri hiburan. 

Tak hanya sukses di dunia hiburan, serta tetap mengejar pendidikan, Amanda juga sempat mencoba dunia tarik suara. Ia memiliki single "Theme of Prontera" yang digarapnya pada 2020. Lagu ini merupakan lagu tema Ragnarok Forever Love: Cinta Abadi. Bahkan Amanda juga menulis buku yang berjudul Yang Terlupakan pada 2017 lalu, hal ini membuktikan eksistensinya di berbagai bidang.

 

 

Infografis Skincare Lokal
Infografis Skincare Lokal. (Liputan6.com/Triyasni)  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya