Megahnya Menara Eifel yang Ikonik Jadi Latar Pertandingan Voli Pantai di Olimpiade Paris 2024

Olimpiade Paris 2024 menghadirkan pertandingan voli pantai dengan latar belakang Menara Eiffel yang megah, menciptakan suasana yang tak tertandingi dan memukau para atlet serta penonton dari seluruh dunia.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 02 Agu 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 07:30 WIB
Foto ini memperlihatkan Cincin Olimpiade di Menara Eiffel yang diambil dari perangkat Televisi Prancis di Trocadero, selama Olimpiade Paris 2024, di Paris, pada tanggal 31 Juli 2024.  STEPHANE DE SAKUTIN / AFP
Foto ini memperlihatkan Cincin Olimpiade di Menara Eiffel yang diambil dari perangkat Televisi Prancis di Trocadero, selama Olimpiade Paris 2024, di Paris, pada 31 Juli 2024. (Dok: STEPHANE DE SAKUTIN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam riuh rendah Olimpiade Paris 2024, Menara Eiffel yang megah kembali mencuri perhatian dunia. Landmark ikonik ini menjadi latar belakang yang menakjubkan untuk pertandingan voli pantai, menciptakan suasana yang tak tertandingi dan memukau para atlet serta penonton dari seluruh dunia.

Mengutip dari laman Euro News, Kamis, 1 Agustus 2024, Champ de Mars yang dekat dari Menara Eiffel telah berubah menjadi tempat olimpiade yang ikonik dengan menjadikannya lapangan voli pantai. "Saya tidak tahu siapa yang memilih tempat ini untuk menempatkan voli pantai. Rasanya ia juga pantas mendapatkan medali," kata Cherif Younousse dari Qatar, seorang peraih medali Olimpiade.

"Saat pemanasan di lapangan samping, kami seperti, 'Wow, kita berada di bawah Menara Eiffel.' Kami bahkan tidak dapat membayangkan bermain voli pantai di sini," sambungnya lagi.

Menara Eiffel telah menjadi klub terpanas di Paris. Landmark yang oleh penduduk setempat disebut La Dame de Fer - Wanita Besi - hanyalah salah satu alasan tempat ini begitu populer.

Para penggemar melambaikan baguette, menari can-can, dan bernyanyi mengikuti alunan musik yang diiringi DJ, yang mengubah stadion berkapasitas 12.860 tempat duduk itu menjadi klub paling populer di Paris. Sejumlah selebritas, kepala negara, dan bangsawan telah mampir untuk melihatnya.  

Brandie Wilkerson dari Kanada mengatakan bahwa bahkan sebelum kompetisi dimulai, begitu banyak atlet lain di desa itu memuji tempat pertandingan voli pantai itu sehingga dia tidak mau repot-repot membantah. "Ya, tempat kami lebih bagus," katanya sambil mengangkat bahu. "Saya tidak punya hal lain untuk dikatakan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertandingan Voli Makin Menarik di Olimpiade

Pemandangan Paris dengan Cincin Olimpiade di Menara Eiffel yang diambil dari perangkat France Television di Trocadero, selama Olimpiade Paris 2024, di Paris
Foto ini menunjukkan sebagian pemandangan Paris dengan Cincin Olimpiade di Menara Eiffel yang diambil dari perangkat France Television di Trocadero, selama Olimpiade Paris 2024, di Paris, pada 31 Juli 2024. (Dok: STEPHANE DE SAKUTIN / AFP)

Meskipun voli pantai baru bergabung dengan program Olimpiade pada 1996, olahraga ini dengan cepat menjadi salah satu yang paling populer di Olimpiade Musim Panas. Sebagian berkat para wanita yang mengenakan pakaian renang, tetapi juga karena suasana yang melingkupi kompetisi yang bergerak cepat dengan suasana pesta pantai.

Tempat pertandingan di London pada Parade Penjaga Kuda di Olimpiade pada 2012 berkilauan dengan pemandangan menara jam Big Ben dan kehebohan ala Benny Hill. Lalu empat tahun kemudian, stadion di pantai Copacabana berdenyut dengan irama samba, dikelilingi oleh orang-orang Carioca yang berjemur dan bermain voli pantai dan sepak bola pasir di sekitarnya.

Sementara Tokyo menempatkan tempatnya di taman tepi laut dengan pemandangan Jembatan Pelangi. Namun, Paris mengalahkan semuanya.

Setiap malam saat matahari terbenam di balik bangunan bersejarah berjeruji itu. Stadion menjadi gelap dan para penggemar menyalakan lampu ponsel mereka dalam semacam versi digital dari 'Starry Night' karya Vincent Van Gogh. 


Eiffel di Malam Hari Makin Gemerlap

Detail Menara Eiffel dan tribun tempat penyelenggaraan diambil dari perangkat Televisi Prancis di Trocadero, selama Olimpiade Paris 2024, di Paris, pada 31 Juli 2024.
Detail Menara Eiffel dan tribun tempat penyelenggaraan diambil dari perangkat Televisi Prancis di Trocadero, selama Olimpiade Paris 2024, di Paris, pada 31 Juli 2024. (Dok: STEPHANE DE SAKUTIN / AFP)

Pada pukul 10 malam, Menara Eiffel diterangi dengan lampu sorot yang berkelap-kelip. Para penonton berebut untuk mendapatkan posisi yang sempurna untuk foto, dengan lapangan dan cincin Olimpiade serta menara yang semuanya berjajar di latar belakang.

"Itulah impian," kata atlet Amerika Kristen Nuss, yang debut Olimpiade-nya dimulai tepat setelah pertunjukan cahaya. "Teman-teman, itu adalah kenangan yang pasti akan terpatri di otak saya selamanya," katanya lagi.

Bukan hanya para atlet, bangsawan Spanyol, Yordania, dan Luksemburg telah menghiasi arena tersebut, begitu pula presiden Finlandia, Estonia, dan Lithuania. Legenda sepak bola Prancis Zinedine Zidane datang pada pagi hari setelah membawa obor dalam upacara pembukaan, dan anggota Hall of Fame bola basket Pau Gasol datang untuk mendukung rekan senegaranya dari Spanyol.

Para pembuat film Baz Luhrmann dan Judd Apatow serta bintang film Elizabeth Banks dan Leslie Mann telah mengunjungi tempat tersebut. Di waktu lain, tempat tersebut menyerupai lokasi syuting film. Selama pertandingan wanita antara Prancis dan Jerman pada hari Minggu, penonton menyanyikan lagu 'La Marseillaise,' lagu kebangsaan Prancis, yang akan membuat perlawanan di 'Casablanca' bangga.

DJ juga memasukkan lagu-lagu Edith Piaf ke dalam daftar putar hip-hop dan tekno-nya, dan penonton pun ikut bernyanyi. Pria-pria bertopi baret, dengan kumis Dali yang dilukis, melambaikan baguette untuk menyemangati tim Prancis. 


Para Atlet Terkesima

Ilustrasi logo Olimpiade
Ilustrasi logo Olimpiade. (Photo by Kyle Dias on Unsplash)

Dan di atasnya menjulang bangunan bersejarah berjeruji berusia seabad yang menjadi asal muasal nama tempat itu. Saat mencari lapangan latihan sebelum pertandingan dimulai, seorang relawan dengan senang hati menawarkan petunjuk arah.

"Saya sangat senang memberi tahu semua cabang olahraga lainnya, 'Ya, kami benar-benar mendapatkan tempat terbaik," kata Taliqua Clancy dari Australia, yang memenangkan medali perak di Tokyo. "Benar-benar luar biasa. Jujur saja, tidak ada yang bisa mengalahkannya." tuturnya.

Dan beberapa atlet Olimpiade yang berulang kali mengatakan bahwa tempat itu bukan hanya tempat terbaik di Paris, tetapi mungkin tempat terbaik yang pernah ada. Paling tidak, ini menetapkan standar yang akan sulit dilampaui oleh penyelenggara Olimpiade Musim Panas mendatang.

"Saya kira ini akan menjadi standar yang sulit dilampaui," kata Nuss, yang berharap Olimpiade pertamanya tidak akan menjadi yang terakhir. "Saya tidak yakin bagaimana orang lain akan melakukannya. Tapi, maksud saya, saya bersedia melihat bagaimana mereka mencoba."

 

Infografis 29 Atlet Indonesia dari 12 Cabang Olahraga di Olimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 29 Atlet Indonesia dari 12 Cabang Olahraga di Olimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya