Berbagi Inspirasi di Kahforward, Khabib Nurmagomedov Mengaku Tak Ingin Jadi Panutan Generasi Muda

Khabib Nurmagomedov menjadi bintang tamu kejutan yang dihadirkan di Kahforward. Ia berbicara banyak hal untuk menginspirasi banyak orang, tetapi tak ingin dijadikan panutan.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 28 Sep 2024, 22:01 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 22:01 WIB
Berbagi Inspirasi di Kahforward, Khabib Nurmagomedov Mengaku Tak Ingin Jadi Panutan Generasi Muda
Khabib Nurmagomedov tampil di Kahforward di Jakarta, Sabtu, 28 September 2024. (dok. Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Khabib Nurmagomedov menjadi bintang tamu utama dalam Kahforward, acara yang diinisiasi brand kosmetik pria Kahf di bawah naungan Paragon Corp. Dalam kesempatan itu, ia berbagi inspirasi dan kisah hidupnya kepada ribuan penonton.Meski begitu, mantan petarung UFC itu mengaku tak ingin menjadi panutan. Kok bisa?

"Aku pernah juara UFC dan aku bisa menginspirasi orang-orang, berbagi pengetahuanku, memberi mereka saran yang baik untuk menjadi juara dunia. Tapi, aku tak bisa jadi panutan orang-orang yang membutuhkan saran yang baik untuk hidup mereka," ucapnya dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (28/9/2024).

Menurut Khabib, ada sosok yang lebih mulia untuk dijadikan panutan oleh umat muslim, khususnya anak muda. Orang itu, menurut pria asal Dagestan, Rusia tersebut, adalah Nabi Muhammad SAW. Utusan Allah SWT itu lebih tepat dijadikan panutan karena tindak tanduknya mengikuti perintah Tuhannya dan dijaga dari kesalahan.

"Untuk hidup mereka, aku bukanlah panutan. Dan mereka tidak bisa mendapatkan saran dariku atau aku tak bisa jadi contoh bagi mereka karena aku juga manusia, seperti yang lain, dan aku bisa membuat kesalahan," katanya. "Aku tak ingin menjadi model untuk generasi muda, untuk semuanya." 

Meski begitu, ia terbuka untuk mengajari orang-orang yang ingin menjadi petarung martial art dan menjadi juara dunia. Terlebih, dia telah membuka tempat pelatihan bagi anak muda yang ingin menjadi atlet martial art di kampung halamannya. 

"Aku bisa datang dan memberi tahu mereka bagaimana disiplin, bagaimana mengurangi berat badan, bagaimana pulih, bagaimana bertarung, bagaimana dia harus berpikir ketika masuk kandang," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbagi Tips Mencari Pertemanan Sehat

Berbagi Inspirasi di Kahforward, Khabib Nurmagomedov Mengaku Tak Ingin Jadi Panutan Generasi Muda
Khabib Nurmagomedov tampil di Kahforward di Jakarta, Sabtu, 28 September 2024. (dok. Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Saat berbicara di atas panggung Kahforward, Khabib memastikan bahwa ia tak akan kembali ke gelanggang UFC. Keputusannya pensiun saat kariernya masih di atas pada 2021 adalah untuk memenuhi janjinya pada ibundanya.

"Minus," jawabnya saat ditanya MC soal persentase kemungkinan ia kembali bertarung. 

Dalam kesempatan itu, Khabib juga membahas soal pentingnya memilih teman-teman yang baik. Menurutnya, waktu akan menunjukkan orang seperti apa yang akan tetap menjadi temannya. Mengenali kepribadian seseorang bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti bepergian dan berniaga.

"Waktu akan menunjukkan siapa yang baik dan jangan terlalu cepat (menyimpulkan)," ujarnya.

Sementara, CEO NSEI (Nurhayati Subakat Entrepreneurship Institute) Salman Subakat mengatakan keputusan mereka menghadirkan Khabib didasarkan bahwa banyak inspirasi yang bisa diberikan oleh juara MMA itu. "Hari ini kita kehadiran Khabib yang kita tahu persis bahwa menuju sebuah juara itu perlu proses. Perlu proses dan ada tujuannya. Tapi yang paling penting ternyata alasan di balik kita melakukan itu semua tadi," ujarnya.


Bersiap Masuk Pasar Global

Atlet Dunia Terpopuler di Google Tahun 2018
4. Khabib Nurmagomedov - Nama Khabib menjadi perbincangan usai laga melawan Conor McGregor oktober lalu. Kemenangannya di Las Vegas pada laga tersebut berakhir ricuh. (AFP/Ethan Miller)

Salman juga menyatakan menghadirkan Khabib adalah bagian dari langkah Kahf memasuki pasar global. Dimulai dengan event berkelas dunia tersebut, ia berharap semua rencana bisa berjalan lancar.

"Dengan hadirnya Khabib, dan kita lihat dari awal semuanya serba lancar, everybody is happy and everybody get inspired, jadi kita seneng banget sih. Kita sudah siap banget rasanya untuk global," katanya.

Kahforward adalah acara yang menghadirkan sejumlah sosok inspiratif seperti Santo Suruh dan Pandawara. Tahun ini, gerakan inklusif ini bertemakan Langkah Berdampak, yang bertujuan untuk mengangkat solusi inovatif dan positif, tidak hanya di Indonesia namun juga dunia.

Kahforward 2024 digelar di Indonesia Arena pada 28--29 September 2024 di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat. Program ini ingin menunjukan bahwa anak muda Indonesia dapat menginspirasi masyarakat untuk berani mengambil langkah nyata dengan tagar #LangkahBerdampak.

"Kami mendorong generasi muda untuk mengambil langkah berani dan efek positif yang berdampak tidak hanya untuk dirinya, tapi untuk komunitasnya dan Indonesia," kata Billy Dharmawan selaku Brand Manager Kahf dalam jumpa pers di sebuah mal di kawasan Senayan Jakarta Pusat, Rabu, 18 September 2024.


Diskusi dan Beragam Kelas

Sejumlah Sosok Siap Bagikan Pengalaman Ciptakan Efek Positif Berkelanjutan, dari Santo Suruh sampai Pandawara.
Sejumlah Sosok Siap Bagikan Pengalaman Ciptakan Efek Positif Berkelanjutan, dari Santo Suruh sampai Pandawara. (Liputan6.com/Henry)

Kahforward menghadirkan pembicara internasional dan nasional, community class and workshop, community networking, art & immersive installation, sampai teknologi perawatan diri pria terbaru seperti robot perfume maker dan skin-check analyzer. Ada lebih dari 50 pembicara dan 40 kelas akan digelar, memberikan kesempatan untuk berkumpul dan berdiskusi hangat dengan para Kahf bro.

Ada juga bazar terkurasi yang menyediakan berbagai produk makanan dan minuman serta fesyen dari banyak pengusaha lokal. Sebagai salah satu pembicara, Pandawara Group akan menyampaikan misi mereka memberikan dampak positif melalui aksi nyata.

"Kita percaya bahwa setiap langkah kecil yang kita ambil dapat berpengaruh pada perubahan yang berarti dalam komunitas kita dan tentunya lingkungan. Melalui Kahforward, kita punya platform untuk mengajak lebih banyak orang untuk mengambil langkah ini dan secara kolektif mempersiapkan masa depan untuk kehidupan dan lingkungan yang lebih baik," ucap Muchamad Ikhsan Destian, Pandawara Group sekaligus pembicara Kahforward.

"Yang jelas nanti kita akan menceritakan kiprah kita selama empat tahun lewat panduan Mas Andy F Noya, dan tentunya harapannya bisa menginspirasi banyak orang dan mereka yang datang punnya sesuatu yang bermanfaat untuk dibawa pulang," sambungnya.

Infografis Besaran Bonus Atlet dan Pelatih Indonesia Peraih Medali Paralimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Besaran Bonus Atlet dan Pelatih Indonesia Peraih Medali Paralimpiade Paris 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya