41 Tahun Kerja Sama, RI Minta Ethiopia Buka Kedutaan di Jakarta

Pemerintah Ethiopia berjanji dalam waktu dekat akan menindaklanjuti rencana membuka kedutaan di Jakarta.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 05 Feb 2015, 16:21 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2015, 16:21 WIB
41 Tahun Kerja Sama, Etiopia Akhirnya Buka Kedutaan di Jakarta
Addis Ababa, Ibukota Etiopia. (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan diplomatik antara Ethiopia dan Indonesia sudah dimulai sejak 1974, namun sampai saat ini Ethiopia belum membuka kedutaan di Jakarta. Maka itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta agar Pemerintah Etiopia segera membuka kedutaan di Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, sangat penting untuk Ethiopia membuka kedutaan di sini. Sebab, Jakarta dan Addis Ababa merupakan kota penting bagi Asia Tenggara dan Afrika.

"Jakarta dan Ibukota Ethiopia, Addis Ababa, adalah diplomatic capital, Jakarta Ibukota ASEAN dan Ibukota Uni Afrika," sebut Arrmanatha di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (4/2/2015).

"Apabila Ethiopia buka kedutaan di Jakarta, ini bermanfaat untuk mengeratkan hubungan tidak hanya Asia Tenggara dan Afrika, tapi Asia dan Afrika," sambung dia.

Rencana tersebut, lanjut Arrmanatha, disambut baik oleh negara berpenduduk 94,1 juta itu. Bukan hanya omong kosong, mereka berjanji segera menindaklanjuti rencana ini.

Bahkan dalam waktu dekat ini salah satu Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Ethiopia akan bertandang ke Tanah Air untuk membicarakan rencana lebih lanjut membuka keduataan. (Rmn/Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya