Pansel Serahkan 3 Nama Calon Hakim MK ke Jokowi, Siapa Saja?

Ketua Tim Panel Hakim MK Harjono mengatakan, pihaknya sudah menjalankan proses seleksi setelah mendapatkan Keppres.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 03 Apr 2017, 11:31 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2017, 11:31 WIB
Ahmad Romadoni/Liputan6.com
Tim Panitia Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi menyerahkan 3 nama calon hakim kepada Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Panitia Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi menyerahkan tiga nama calon hakim kepada Presiden Jokowi. Nantinya, Presiden Jokowi akan menentukan satu dari tiga nama yang terpilih menjadi hakim MK.

Ketua Tim Panel Hakim Mahkamah Konstitusi Harjono mengatakan, pihaknya sudah menjalankan proses seleksi setelah mendapatkan Keppres.

Calon hakim yang mendaftar berjumlah 45 orang. Hasil seleksi awal terpilih 22 nama yang lolos. Lalu tim menyeleksi kembali dan terpilih 12 nama. Namun, satu orang mengundurkan diri sehingga hanya 11 nama yang mengikuti proses seleksi wawancara.

Seleksi wawancara dilakukan pada 27 dan 29 Maret 2017. Sebelas nama calon yang lolos ini satu per satu menjalani tes wawancara. Dari hasil itu, terpilih tiga nama yang hari ini diserahkan kepada Presiden.

"Kita sampaikan ke Presiden tiga nama, kita buka saja namanya. Saldi Isra, Bernard Tanya, dosen di Kupang, Universitas Nusa Cendana. Dan Wicipto Setiadi, purna tugas dari kemenkumham," kata Harjono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Dengan ini, tugas Pansel MK sudah selesai. Presiden tinggal memilih satu nama dari tiga calon yang telah diajukan. Presiden memiliki waktu tujuh hari setelah tiga nama calon diserahkan untuk menentukan pilihan, sekaligus melantik hakim Mahkamah Konstitusi.

"Nanti mungkin pengumumannya dari Mensesneg. Saudara menunggu, saya menunggu karena itu adalah kewenangan Presiden," kata Harjono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya