Bandeng Presto, Lezat Tiada Dua

Kelezatan bandeng presto menjadikan Semarang salah satu kota pilihan para wisatawan. Pernah mencobanya?

oleh Liputan6 diperbarui 23 Agu 2010, 13:00 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2010, 13:00 WIB
100823bbandeng.jpg
Liputan6.com, Semarang: Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah, tanpa membeli bandeng presto. Hidangan bercita rasa tinggi itu menjadi salah satu oleh-oleh terkenal selain lumpia.

Bandeng presto dibuat melalui sejumlah tahapan. Pertama-tama, bandeng harus diproses dalam kondisi segar karena berpengaruh terhadap rasa. Setelah isi perutnya dibersihkan, bandeng diberi bumbu, berupa garam, putih telur, dan kunyit. Bandeng yang sudah berwarna kuning ditata di tempat khusus, agar tidak lengket.

Tahap selanjutnya, memasak bandeng dalam tungku bersuhu 120 derajat selcius. Hal itu dimaksudkan, agar seluruh bumbu meresap ke tiap bagian bandeng. Satu jam berlalu, bandeng didinginkan dengan kipas angin. setelah dikemas, bandeng presto pun siap dijual.

Salah satu toko bandeng presto yang terkenal di Semarang adalah Toko Bandeng-Juwan. Sang pemilik Purnomo Husodo mengatakan, harga bandeng bervariasi antara Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu, tergantung besar kecilnya ikan.

"Produk kami hanya bisa bertahan dua hari, karena tidak memakai bahan pengawet," ucap Purnomo.(WIL/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya