Pengungsi Gunung Agung Lebihi Kapasitas, Ini Penyebabnya

Jumlah pengungsi di posko mencapai 134 ribu orang. Sementara data jumlah penduduk di daerah terdampak hanya 67 ribu.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 29 Sep 2017, 15:47 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2017, 15:47 WIB
Temui Pengungsi Gunung Agung, Jokowi Beri Bantuan
Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersalaman dengan anak-anak di lokasi pengungsian Gor Sweca Pura, Klungkung, Bali, Salasa (26/9). Dalam kunjungannya Jokowi memberikan bantuan sebesar 7,1 Miliar. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Liputan6.com, Denpasar - Polres Karangasem, Bali, bersama instansi terkait melakukan evaluasi membengkaknya pengungsi Gunung Agung. Kabag Ops Polres Karangasem Kompol Heri Supriawan menyampaikan, posko evakuasi kini kelebihan kapasitas pengungsi.

Hasil evaluasi, kata dia, jumlah penduduk daerah kategori terdampak dua dan tiga hanya 67 ribu. Sementara data pengungsi di posko evakuasi melebihi angka itu.

"Sekarang pengungsi itu sudah melebihi 100 ribu orang," tutur Heri saat berbincang dengan Liputan6.com di Pos Pengamatan Gunung Agung, Rendang, Karangasem, Bali, Jumat (29/9/2017).

Menurut dia, warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) satu dan yang tidak terdampak Gunung Agung, merasa khawatir dan takut. Akibatnya, mereka ikut mengungsi di posko evakuasi.

Otoritas setempat pun meminta tim gabungan seluruh instansi untuk mengatasinya. Mereka memberi sosialisasi kepada masyarakat di penampungan.

"Jadi. mereka paham siapa yang harus mengungsi dan siapa yang harusnya tidak mengungsi," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tim Gabungan

Tim gabungan tersebut terdiri dari petugas Polres Karangasem, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim SAR, dan Basarnas.

Mereka akan disebar ke 400 lebih titik pengungsian untuk melakukan sosialisasi.

"Diberikan pemahaman bahwa mereka tidak akan langsung kena dampak awan panasnya," Heri menandaskan.

Jumlah pengungsi dari ancaman meletusnya Gunung Agung terus bertambah. Hingga Kamis sore tadi, jumlah pengungsi mencapai 134.229 jiwa di 484 titik pengungsian yang tersebar di sembilan kabupaten/kota di Bali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya