Zumi Zola Siap Penuhi Panggilan KPK

Zumi Zola mengatakan, sejak kasus itu bergulir banyak berita simpang siur yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jan 2018, 13:56 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2018, 13:56 WIB
OTT KPK di Jambi
Satu pekan sebelum OTT KPK di Jambi, Zumi Zola baru saja menandatangani komitmen pemberantasan korupsi yang dihadiri komisioner KPK, La Ode Muhammad Syarif. (Liputan6.com/B Santoso)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jambi Zumi Zola mengaku siap memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan keterangan terkait kasus suap APBD Jambi. 

"Saya sudah menerima surat panggilan KPK, insyaallah Jumat saya hadir di Gedung KPK," kata Zumi Zola dalam jumpa pers di kediaman dinasnya Jambi, Kamis (4/1/2018). 

Menurut dia, ketika dipanggil KPK, semua harus memenuhi karena itu merupakan bagian dari proses hukum yang sedang berjalan dan harus dihormati.

"Ketika dipanggil harus kita hormati dan komitmen saya seperti itu dan besok saya hadir. Surat panggilan itu baru beberapa hari ini saya terima," ucap Zumi seperti dilansir dari Antara. 

Menurut dia, sejak kasus itu bergulir, banyak berita yang simpang siur. Karena itu, dia mengatakan bahwa pernyataan resmi adalah dari KPK.

"Daripada kita terjebak dari berita yang berasumsi, spekulasi dan segala macam sehingga menjadi fitnah, kita mengacu satu saja, yakni pernyataan KPK," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ganggu Kinerja

[Bintang] Zumi Zola
Zumi Zola, Gubernur Jambi periode 2016-2021. (sumber Foto: Instagram/zumizolazulkifliforjambi)

Zumi Zola juga mengaku tidak mengetahui perkembangan di KPK. Karena itu lagi-lagi dia menyarankan ikuti saja proses hukum yang berlangsung, yang dipegang adalah pernyataan KPK.

"Sampai sekarang KPK belum ada pernyataan resmi karena KPK profesional dan tidak akan mengeluarkan pernyataan yang spekulatif, ada dasar-dasar hukumnya dan bukan dengan katanya-katanya," kata Zumi Zola menegaskan.

Terkait Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar yang lebih dulu dimintai keterangan dalam kasus suap APBD, Zumi mengatakan, wagub hadir karena patuh hukum, begitu juga dirinya yang akan hadir pada Jumat nanti.

Sementara itu, Provinsi Jambi saat ini tengah bersiap memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 yang akan digelar pada Sabtu, 6 Januari 2017.  Zumi menegaskan, pemanggilan dirinya dan wakil tidak mengganggu peringatan HUT itu.

"Ini tidak mengganggu, semuanya sudah dipersiapkan, jadi tidak ada masalah," kata Zumi Zola.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya