JK Minta Venue Jet Ski Asian Games di Ancol Kelar 3 Bulan

JK optimistis pengerjaan konstruksi pertandingan untuk Asian Games 2018 dapat selesai tepat waktu.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Apr 2018, 17:32 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2018, 17:32 WIB
Wapres Jusuf Kalla Buka IAF
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla berbicara di hadapan media saat pembukaan Forum Indonesia Afrika (IAF) 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/4). ertemuan dua hari tersebut diikuti 53 negara Afrika untuk berdialog dengan Indonesia. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pengerjaan pembangunan arena pertandingan olahraga Asian Games 2018, cabang layar dan jet ski di kawasan Ancol dipercepat. JK memberi waktu 3 bulan agar proyek tersebut segera diselesaikan. 

"Ini perencanaan dan pelaksanaannya memang agak mundur, tetapi tahap penyelesaiannya tidak boleh melewati awal Juli. Jadi tiga bulan dari sekarang," ujar Jusuf Kalla saat mengunjungi lokasi cabang olahraga layar di Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, Jumat (27/4/2018). 

Upaya yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses pembangunan tersebut adalah dengan menambah jumlah tenaga kerja dan jam kerja, apalagi menemui kondisi bulan puasa dan libur Lebaran pada Mei dan Juni mendatang.

"Kalau pekerjaan konstruksi menambah tenaga, menambah jam kerja, bisa dua atau tiga 'shift' kerja. Walaupun memang ada kendala sedikit, yakni bulan puasa dan ada libur 10 hari minimal untuk pekerja-pekerja pulang kampung. Itu kita pertimbangkan semua," ucap dia. 

JK pun optimistis pengerjaan konstruksi lokasi pertandingan untuk Asian Games 2018 pada Agustus nanti, dapat selesai tepat waktu, meskipun waktu yang tersedia semakin sedikit yakni sekitar 99 hari atau tiga bulan lagi.

"Ya biasanya kita ini, orang Indonesia, semakin ditekan semakin kuat kerja. Ini tinggal 99 hari lagi, tiga bulan, ya sedikit lagi. Paling telat itu akhir Mei atau awal Juli lah," ucap JK seperti dilansir dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Baru 50 Persen

Wapres RI Pantau Palembang
Wapres RI Jusuf Kalla meninjau venue Stadion Sepak Bola Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, yang akan digunakan untuk pertandingan sepak bola Asian Games 2018 (Liputan6.com / Nefri Inge)

Pembangunan arena jet ski hingga saat ini baru 50 persen, sementara konstruksi pengerjaan arena layar baru 48,5 persen. Konstruksi arena jet ski dikerjakan oleh PT Virama Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp 2,8 miliar dan jangka waktu pengerjaan sejak 7 Desember 2017 hingga 3 Agustus 2018.

Sementara itu, pembangunan arena layar dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) Wilayah VI dengan nilai kontrak Rp 172,5 miliar dan jangka waktu pengerjaan sama dengan venue jet ski.

Meskipun dalam kontrak tertulis pembangunan dimulai sejak akhir 2017, namun pengerjaannya baru dimulai awal Januari sehingga waktu yang dimiliki kontraktor menjadi semakin singkat dari seharusnya untuk menyelesaikan pembangunan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya