Fraksi PKS Sebut Sudah Memprediksi Jagoannya Kalah di Pilwagub DKI

Dani juga menyebut ada faktor lain yang kemudian menjadi pertimbangan keputusan fraksi di DPRD dalam memilih Wakil Gubernur DKI.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Apr 2020, 18:06 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2020, 18:06 WIB
Politikus Partai Gerindra Riza Patria
Wagub DKI Terpilih Ahmad Riza Patria (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi PKS di DPRD DKI Jakarta sudah memprediksi kemenangan telak akan diraih Ahmad Riza Patria sebagai Wagub DKI terpilih yang diusung Fraksi Gerindra. Ketua Fraksi PKS Dani Anwar menilai satu faktor besar Riza Patria mulus menjadi orang nomor 2 di DKI lantaran sikap DPP partai politik.

Dani menuturkan, kontestasi pemilihan kepala daerah selalu bersifat fluktuatif. Tidak ada tren tetap. Ia mencontohkan hasil survei Nurmansjah Lubis, Cawagub yang diusung Fraksi PKS lebih unggul ketimbang Riza. Pun jika dibandingkan kualitas komunikasi, menurut Dani, Nurmansjah lebih unggul.

Namun, kata Dani, keunggulan itu tidak cukup mampu menopang kandidat terpilih sebagai kepala pemerintahan jika restu DPP partai politik tidak ada.

"Ternyata bukan hanya hal tersebut yang menjadi ukuran orang dipilih, ternyata ada dinamika lain seperti garis politik atau instruksi politik dari DPP masing-masing. 'Maaf ya Bang sebetulnya aku mau pilih Bang Anca tapi intruksi partai harus milih yang lain nih' misalnya," ujar Dani kepada merdeka.com, Senin (6/4/2020).

Selain mandat dan keputusan pucuk organisasi partai politik, Dani juga menyebut ada faktor lain yang kemudian menjadi pertimbangan keputusan fraksi di DPRD dalam memilih Wakil Gubernur DKI.

Meski begitu, ia menilai pemilihan Wagub kali ini justru membuktikan soliditas PKS dalam langkah politik. Berdasarkan perolehan kursi, partai besutan Sohibul Iman itu memiliki 16 kursi. Sementara Nurmansjah dalam pemilihan Wagub meraih 17 suara.

Ia menambahkan, hasil pemilihan Wagub DKI menjadi modal berarti bagi PKS untuk langkah politik ke depan.

"Kami bangga akan satu hal, PKS kembali menunjukkan diri sebagai partai yang solid. Tidak mudah dipengaruhi dengan faktor apa pun dalam pemilihan Wagub saat ini dengan perolehan suara 16 bahkan plus satu jadi 17 orang. Soliditas ini menjadi modal bagi perjuangan ke depanya," jelasnya.

Diketahui, dalam pemilihan Wagub DKI Ahmad Riza Patria menang telak dari Nurmansjah dengan perolehan suara 81 banding 17. Jumlah tersebut diperoleh dari kehadiran 100 anggota DPRD.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


PKS Ucapkan Selamat

Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebagaimana diketahui, Riza Patria bersaing dengan cawagub asal PKS, Nurmansjah Lubis alias Ancah.

"Selamat kepada Riza Patria sebagai Wagub DKI Jakarta terpilih," kata Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Bari, kepada Merdeka.com, Senin (6/4/2020).

"Semoga Wakil Gubernur terpilih Riza Patria bisa membantu Gubernur Anies Baswedan dan memperjuangkan aspirasi publik yang sudah memberikan amanah dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 yang lalu," imbuhnya.

Dia mengatakan, PKS sudah memperjuangkan aspirasi masyarakat DKI Jakarta dengan memilih Nurmansjah Lubis sebagai Cawagub DKI Jakarta. Ancah dinilai PKS memiliki kompetensi dan integritas untuk menjadi Wagub DKI Jakarta membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Walaupun proses politik di DPRD DKI berkata lain," ungkapnya.

 

Reporter: Yunita Amalia dan Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya