241 Tenaga Medis Siap Rawat Pasien RS Khusus Corona di Pulau Galang

Yudo mengatakan bahwa kesiapan sarana dan prasarana termasuk 241 tenaga medis dari TNI-Polri, Kemenkes, Pemda dan relawan.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 07 Apr 2020, 10:03 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2020, 10:03 WIB
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono, S.E., M.M. meresmikan operasional Rumah Sakit Khusus bagi pasien Covid-19 di  Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri, Senin sore (6/4/2020).
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono, S.E., M.M. meresmikan operasional Rumah Sakit Khusus bagi pasien Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri, Senin sore (6/4/2020).

Liputan6.com, Jakarta Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margonomeresmikan operasional Rumah Sakit Khusus bagi pasien Corona Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri, Senin (6/4/2020).

Dalam sambutannya Pangkogabwilhan I menyampaikan, peresmian operasional Rumah Sakit Khusus ini, sesuai dengan Instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari rencana alokasi waktu pembangunan yang diberikan.

Rumah Sakit tersebut memiliki fasilitas 340 ruangan observasi dan 20 ruangan untuk isolasi. Pengoperasian rumah sakit ini di bawah kendali Pangkogasgabpad wilayah Pulau Galang yaitu Pangdam I/ Bukit Barisan.

Rumah Sakit Khusus pasien Corona di pulau Galang ini dibangun oleh pemerintah untuk warga Indonesia terutama bagi pekerja migran yang banyak jumlahnya. Tetapi apabila ada pasien rujukan dari Rumah Sakit daerah di Indonesia akan tetap diterima, termasuk masyarakat yang datang langsung.

Yudo mengatakan bahwa kesiapan sarana dan prasarana termasuk 241 tenaga medis dari TNI-Polri, Kemenkes, Pemda dan relawan. Ke 241 orang tersebut termasuk messing dan tim pendukung. Untuk dapur lapangan akan menggunakan tim dari Bekangdam I.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Akses Menuju Rumah Sakit

Akses menuju rumah sakit ini telah disiapkan 3 buah Helipad, dan juga pelabuhan Laut, yang dapat digunakan apabila dalam situasi emergensi.

Sedangkan untuk screning dilaksanalan di pelabuhan, apabila terindikasi Covid-19 baru di observasi atau diisolasi di Rumah Sakit darurat khusus.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya