BPBD Peringatkan Warga Bantaran Sungai Waspada Banjir Jakarta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengumumkan peringatan dini banjir kepada warga bantaran sungai di Jakarta.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 19 Feb 2021, 07:38 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2021, 07:38 WIB
FOTO: 42 RW di Jakarta Terendam Banjir
Kali Ciliwung meluap dan merendam permukiman bantaran di kawasan Manggarai, Jakarta, Senin (8/2/2021). Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Ibu Kota dan daerah hulu Sungai Ciliwung sejak kemarin. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengumumkan peringatan dini banjir kepada warga bantaran sungai di Jakarta. Lewat Disaster Early Warning System (DEWA), BPBD memberikan peringatan waspada banjir bagi masyarakat yang berada di bantaran kali.

Salah satunya soal peringatan banjir Jakarta di sekitar pos pantau Cipinang Hulu.

"Kami BPBD DKI menginformasikan pukul 06.00 ketinggian pos pantau Cipinang Hulu 165 cm dengan hujan dan status siaga 3. Diimbau kepada warga bantaran sungai agar waspada dan hati-hati terhadap banjir," demikian pengumuman DEWS yang juga dibagikan Twitter @bpbddki, Jumat (19/2/2021).

Peringatan dini juga disampaikan ke warga di sekitar Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan.

"Kami BPBD DKI menginformasikan pukul 04.00 ketinggian Pintu Air Manggarai 810 cm, hujan dalam status siaga 3. Diimbau kepada warga sepanjang bantaran sungai agar waspada terhadap kenaikan debit air dan curah hujan yang tinggi," kata petugas.

BPBD juga memperingatkan, dalam 4,5 jam ke depan, air akan tiba di Pintu Air (PA) Pulo Gadung. Adapun wilayah yang akan dilalui adalah Cipinang, Cibubur, Dukuh, Halim Perdanakusumah, Kebin Pala, Kramatjati, Makasar, Pekayon, Pinang Ranti, Kampung Rambutan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Update Tinggi Muka Air Sungai di Jakarta

Berikut Update tinggi muka air dari BPBD DKI:

-Katulampa, Normal siaga 4 dengan cuaca mendung tipis

-Manggarai, Waspada siaga 3 dengan cuaca gerimis

-Karet, siaga 2 dengan cuaca gerimis

-Pasar Ikan, siaga 2 dengan cuaca gerimis

-Sunter Hulu, siaga dua dengan cuaca gerimis.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya