Jokowi Minta Target 70 Persen Vaksinasi Covid-19 Harus Tercapai di Akhir Tahun

Jokowi memerintahkan seluruh jajarannya untuk proaktif melakukan vaksinasi Covid-19 agar target 70 persen tercapai pada akhir tahun 2021 ini.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 22 Nov 2021, 20:38 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2021, 20:24 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinjau vaksinasi COVID-19 di Waduk Pluit, Jakarta, Senin (14/6/2021). (Dok Kementerian Kesehatan RI/ Maulana & Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan capaian target 70 persen vaksinasi Covid-19 harus tercapai di akhir tahun. Untuk itu, Jokowi memerintahkan jajarannya proaktif dan jemput bola agar target vaksinasi tercapai di akhir 2021.

"Mengenai vaksinasi, betul-betul agar target yang telah kita berikan, (yaitu) 70 persen di akhir tahun, betul-betul bisa tercapai. Saya minta proaktif, jemput bola, dan juga datangi masyarakat," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas Evaluasi PPKM di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/11/2021).

Dia pun meminta agar TNI dan Polri ikut membantu program percepatan vaksinasi nasional, khususnya untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Jokowi ingin program vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilakukan Badan Intelijen Negara semakin digencarkan.

"Kita harapkan, terutama untuk pemerintah daerah yang masih rendah (tingkat) vaksinasinya, agar diberikan bantuan secara khusus," katanya.


Momentum Jadi Tuan Rumah KTT G20 pada Desember 2021

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima penyerahkan simbolis untuk meneruskan estafet keketuaan atau presidensi G20 dari Italia.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima penyerahkan simbolis untuk meneruskan estafet keketuaan atau presidensi G20 dari Italia. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

Di sisi lain, Jokowi menyinggung soal rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dimulai awal Desember 2021 di Jakarta dan Bali. Presidensi G20 Indonesia akan berlangsung sejak 1 Desember 2021.

"Dunia akan melihat kita. Oleh sebab itu, kemampuan kita dalam mengendalikan pandemi betul-betul diuji dan utamanya dalam menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Jokowi meminta Satgas Penanganan Covid-19 untuk mendampingi kedatangan delegasi KTT G20 sejak di bandara. Tak hanya itu, dia mengatakan pendampingan harus dilakukan di hotel, lingkungan hotel atau resort sampai ke venue-venue.

"Ini penting sekali," ucap Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya