Vaksinasi Booster Perdana di Kota Bogor Disuntikkan ke Lansia

Vaksinasi Covid-19 suntikan ketiga untuk lansia dan warga yang memiliki komorbid mulai dilakukan serentak di Kota Bogor.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 13 Jan 2022, 12:53 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2022, 12:53 WIB
Vaksinasi Booster COVID-19 di Jakarta
Warga antre mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga saat vaksinasi booster COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta, Rabu (12/1/2022). Pemerintah memulai program vaksinasi lanjutan (booster) COVID-19 secara gratis kepada masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Ratusan warga lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi booster Covid-19 di Puskesmas Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis (13/1/2022).

Vaksinasi Covid-19 suntikan ketiga untuk lansia dan warga yang memiliki komorbid mulai dilakukan serentak di Kota Bogor. Pada vaksinasi booster perdana ini disediakan 13.600 dosis vaksin Covid-19.

Pantauan Liputan6.com, peserta vaksinasi booster yang merupakan warga lansia tampak menunggu antrean sebelum menjalani skrining kesehatan di sebuah tenda di depan gedung Puskesmas Semplak.

Ada puluhan lansia yang sedang menunggu di tenda tersebut sekitar pukul 10.00 WIB. Sementara pihak puskesmas menyediakan dua tenaga kesehatan khusus penyuntikan vaksinasi dosis ketiga.

"Hari ini serentak penyuntikan untuk lansia di 25 Puskesmas dan kantor kelurahan," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, usai meninjau vaksinasi di Puskesmas Semplak.

Retno menargetkan penyuntikan booster vaksin Astrazenica untuk lansia dan warga yang memiliki komorbid sebanyak 34 ribu sasaran. Namun dengan syarat setelah mendapat suntikan dosis kedua lebih dari 6 bulan.

"Penyuntikan booster bagi 34 ribu Lansia menghabiskan vaksin yang saat ini masih tersedia yaitu sebanyak 23 ribu," ujar Retno.

Selain Lansia, pelayan publik seperti ASN, TNI, Polri juga akan mendapat suntikan booster yang dimulai Jumat besok di sentra vaksin. Pemberian booster untuk pelayan publik akan menggunakan vaksin yang telah tersedia di fasilitas kesehatan (faskes) saat ini dengan penyesuaian dosis.

"Vaksinnya menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada. Bisa dengan astrazenica setengah dosis atau pfizer setengah dosis," terangnya.

 


Dua Bulan Selesai

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim melihat Lansia dan warga yang memiliki komorbid tampak antusias mengikuti vaksinasi di Puskesmas Semplak.

"Jadi mudah-mudahan target vaksinasi untuk lansia bisa dipercepat. Kita beri waktu dua bulan selesai, meskipun bisa lebih cepat," ujar Dedie usai meninjau vaksinasi di Puskesmas Semplak.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya